22 Khasiat Jambu Mete untuk Kesehatan

Jambu mete, bisa juga disebut jambu monyet atau jambu mede, memiliki warna merah pada bagian buahnya dengan biji mete yang berwarna hijau di bagian bawahnya ketika matang. Rasa dari buah jambu mete ini memang cenderung asam atau sepat. Meskipun begitu, jambu mete tetap banyak dikonsumsi dan digunakan oleh banyak orang karena menawarkan manfaat yang beragam untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat jambu mete untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Jambu Mete
Jambu mete via wykop.pl

Manfaat Jambu Mete

Berikut ini 22 manfaat jambu mete bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jambu mete yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan pada jambu mete ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan, terutama dalam mencegah kolesterol tinggi.

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Khasiat jambu mete seperti serat, vitamin, dan mineralnya dipercaya dapat mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada tubuh. Seperti yang telah diketahui bahwa kanker terjadi akibat pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh, yang kemudian berubah menjadi sel kanker.

3. Mengobati Kutil

Pada dasarnya terdapat berbagai alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil ini. Seperti yang telah diketahui bahwa kutil merupakan suatu masalah kesehatan pada kulit yang disebabkan oleh virus. Dan salah satu alternatif untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak atau ekstrak kulit buah jambu mete.

4. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika Anda sedang makan dan berbicara. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat jus buah jambu mete lalu dikonsumsi secara teratur. Dengan begitu radang tenggorokan yang Anda alami dapat segera terobati.

5. Mengobati Sembelit

Seperti yang telah diketahui bahwa sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang selanjutnya dapat menyebabkan sulit buang air besar. Dalam hal ini, manfaat jambu monyet dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat mengobati sembelit.

6. Mengatasi Sariawan

Manfaat jambu mete yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam mengatasi sariawan karena kandungan vitamin C-nya. Seperti yang telah diketahui bahwa sariawan terjadi akibat kesehatan mulut yang kurang terjaga dan kurangnya asupan vitamin C.

7. Mengobati Rematik

Rematik merupakan suatu kondisi penyakit yang terjadi akibat peradangan pada bagian tubuh. Pada kasus ini, khasiat jambu mete dapat digunakan untuk meredakan penyakit rematik. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsi jambu mete secara teratur untuk mencegah dan mengobati rematik.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Ada baiknya jika kesehatan perlu dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu hingga hari tua untuk menjaga kesehatan, terutama menjaga kesehatan jantung sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung yang mematikan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi buah jambu monyet secara teratur.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat jambu monyet yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Memiliki kondisi tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Oleh karena itu, buah ini sangat ideal untuk mencegah penyakit terkait tekanan darah, seperti hipertensi.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat jambu monyet juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga dapat membuat mata Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit pada mata.

11. Mengobati Asma

Jambu mete ini juga dapat digunakan untuk mengobati asma secara alami. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam jambu mete dapat membantu melancarkan sistem pernafasan, sehingga dapat mencegah dan mengobati asma.

12. Mencegah Anemia

Manfaat jambu mete yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan dalam jambu mete mengandung suatu senyawa yang disebut dengan zat besi, yang dapat menambah produksi sel darah merah. Sehingga dapat mencegah dan mengobati anemia.

Artikel terkait: Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

Selain 12 khasiat dan manfaat jambu mete untuk kesehatan yang telah disebutkan, masih terdapat beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat lainnya dari jambu mete:

13. Untuk Kesehatan Seksual

14. Membantu Membakar Lemak

15. Kaya akan Kalsium

16. Sebagai Pakan Ternak

17. Meredakan Diare

18. Mengobati Kencing Manis

19. Sumber Makanan yang Menyehatkan

20. Untuk Bahan Pengawet

21. Sebagai Alat Perekat

22. Digunakan untuk Anti Rayap


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Jambu Mete

Pada dasarnya jambu mete memiliki manfaat yang sangat beragam untuk sisi kesehatan. Tetapi tanaman ini juga mengandung beberapa senyawa yang perlu diwaspadai untuk mencegah terjadinya efek samping. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan pengobatan dengan menggunakan jambu mete, terutama bagian getah dan minyaknya, perlu dibawah pengawasan sang ahli atau dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jambu monyet atau jambu mete memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jambu mete untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kunyit Asam atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.