11 Khasiat Kacang Mete untuk Kesehatan

Kacang mete atau kacang mede secara luas dibudidayakan di tempat-tempat yang memiliki iklim tropis. Kacang pohon ini banyak tumbuh di negara-negara seperti India, Sri Lanka, Kenya, dan Tanzania. Biji mete menempel pada bagian bawah buahnya ( jambu mete ) dan memiliki berbagai khasiat yang beragam, terutama di Brasil serta beberapa bagian Asia dan Afrika yang sudah banyak membudidayakan kacang mede. Berikut manfaat kacang mete bagi kesehatan.

Asal Usul Kacang Mete

Kacang mete ( Anacardium occidentale L. ) merupakan anggota dari keluarga Anacardiaceae yang awalnya berasal dari daerah pesisir timur laut Brazil, di daerah antara hutan hujan Atlantik dan hutan hujan Amazon. Portugis memperkenalkan kacang mete ke pantai barat India dan timur Afrika pada abad ke-16, tak lama setelah penemuannya pada tahun 1578.

11 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kacang Mete

Berikut 11 khasiat kacang mete untuk kesehatan:

1. Kesehatan Otot dan Saraf

Kacang mete merupakan sumber magnesium yang sangat penting untuk perkembangan tulang, otot, jaringan, dan organ tubuh. Magnesium membantu menjaga tekanan darah, mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi saraf, dan menjaga kekuatan tulang. Selain itu magnesium juga mempengaruhi metabolisme, aktivitas insulin dan mengatur kadar gula darah.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Rendahnya kandungan gula dan kolesterol berbahaya dalam kacang mete membuat kacang mete aman bagi penderita diabetes, bahkan kacang mete dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

3. Kemoterapi

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekayaan antioksidan seperti asam anakardat, cardanols dan cardols pada kacang mete efektif untuk orang yang menjalani pengobatan tumor dan kanker. Protein dalam kacang mete dapat diserap oleh tubuh dan juga aman untuk pasien penderita tumor/kanker tersebut.

4. Meningkatkan Sel Darah Merah

Kacang mete kaya akan tembaga yang membantu dalam metabolisme zat besi, pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekurangan tembaga dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan menyebabkan anemia.

5. Kesehatan Tulang dan Gigi

Kacang mete juga menyediakan fosfor, yang penting untuk perkembangan gigi dan tulang. Fosfor juga membantu dalam sintesis protein, penyerapan karbohidrat dan lemak dan pemeliharaan kesehatan.

6. Mencegah Pembentukan Batu empedu

Batu empedu adalah endapan batu yang disebabkan oleh kolesterol yang terakumulasi dalam kantung empedu. Mengkonsumsi kacang mete secara teratur dapat membantu menurunkan risiko pembentukan batu empedu.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang mete mengandung seng yang berperan penting dalam penguatan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi mikroba, sintesis protein dan penyembuhan luka. Hal ini juga sangat penting bagi ibu hamil karena akan mempengaruhi pertumbuhan bayi.

8. Kesehatan Jantung

Kacang mete merupakan sumber lemak yang baik. Lemak ini penting bagi tubuh kita untuk menyerap vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K dan menghasilkan asam lemak yang penting untuk pengembangan otak dan pembekuan darah.

Lemak sehat ini meliputi Monounsaturated fats (MUFA) dan polyunsaturated fats (PUFA). Lemak-lemak tersebut baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL) jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

9. Kesehatan Rambut

Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi kacang mete serta penerapan minyak mete pada kulit kepala Anda dapat menjaga kesehatan rambut. Tembaga yang hadir dalam minyak kacang mete membantu dalam memproduksi pigmen kulit rambut. Hal ini juga akan meningkatkan warna rambut dan dapat memberikan tekstur halus-halus pada rambut karena adanya linoleat dan asam oleat.

10. Melindungi Mata

Kacang mete mengandung pigmen antioksidan yang disebut zeaxanthin. Menurut ahli gizi, pigmen ini mudah diserap oleh retina. Hal ini akan membentuk lapisan pelindung di atas retina yang berfungsi mencegah sinar UV yang berbahaya.

11. Melancarkan Pencernaan

Menurut penelitian, kacang mete mengandung serat dengan jumlah persentase yang besar. Serat pada kacang mete ini juga penting untuk membantu melancarkan pencernaan.


Efek Samping Mengkonsumsi Kacang Mete

  • Mengkonsumsi kacang mete berlebihan dapat menyebabkan kembung dan produksi gas usus yang signifikan.
  • Kacang mete juga mengandung garam oksalat, yang mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapat mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang mete hendaknya dalam porsi secukupnya.
  • Meskipun kacang mete memiliki banyak manfaat, tetapi kacang mete juga dapat menyebabkan bahaya kesehatan bagi mereka yang alergi terhadap kacang-kacangan pohon.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang mete memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang mete untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Buah Leci serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat kacang mete:

  • www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-cashews.html
  • www.stylecraze.com/articles/benefits-of-cashew-nuts/
  • food.ndtv.com/food-drinks/7-incredible-cashew-nut-benefits-from-heart-health-to-gorgeous-hair-1415221
  • www.fruit-crops.com/cashew-anacardium-occidentale/
2 Comments