10 Khasiat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Buah kurma sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia pada saat bulan puasa. Meskipun buah kurma dapat dimakan saat masih segar, tapi seringkali buah kurma disajikan secara kering seperti kismis. Disajikan segar atau kering, buah kurma tetap memberikan banyak manfaat kesehatan, karena buah kurma sangat kaya akan vitamin dan mineral.

Kandungan Gizi Kurma

Buah kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K. Kandungan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, dan zinc. Selain itu buah kurma juga sumber dari energi, gula, dan serat.

10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Tak terkecuali konsumsi buah kurma. Berikut 10 manfaat buah kurma untuk kesehatan.

1. Kesehatan Pencernaan

Serat sangat penting untuk menunjang kesehatan dalam usus besar dan agar dapat buang air besar secara teratur. Serat tidak larut dan serat larut yang ditemukan pada kurma dapat membantu untuk membersihkan sistem pencernaan, yang dapat membuat usus besar bekerja pada tingkat yang lebih efisiensi. Hal ini dapat mengurangi risiko radang usus, kanker usus besar, dan sembelit.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Magnesium telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan kurma memiliki kandungan ini. Selain itu, kalium merupakan mineral lain yang dapat ditemukan dalam kurma yang memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk membantu dalam mengurangi tekanan darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma kaya akan mineral selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Mineral tersebut diperlukan dalam menjaga tulang tetap sehat, dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

4. Kesehatan Kulit

Vitamin C dan vitamin D berpengaruh pada tingkat elastisitas kulit, dan membuat kulit halus. Selain itu, jika anda menderita masalah kulit, dengan menambahkan kurma ke dalam program diet dapat membantu anda dalam jangka panjang. Kurma juga memiliki manfaat akan anti penuaan dini, dan mencegah akumulasi melanin dalam tubuh anda.

5. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Memakan kurma akan memberikan asupan zat besi yang bisa bermanfaat bagi orang yang menerita anemia. Dorongan zat besi akan memberikan kekuatan dan energi yang lebih besar, selain itu juga dapat mengurangi rasa lelah yang berhubungan dengan anemia.

6. Kesehatan Jantung

Kurma merupakan sumber yang kaya akan serat makanan yang penting untuk mengurangi kolesterol LDL dan kadar kolesterol secara keseluruhan. Kurma juga merupakan sumber yang kaya akan kalium yang terkait dengan penurunan stroke. Oleh karena itu, dengan menambahkan kurma kedalam program diet mingguan anda, dapat menunjang kesehatan jantung.

7. Kesehatan Sistem Saraf

Kalium merupakan salah satu bahan utama dalam menunjang sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kesigapan aktivitas otak. Oleh karena itu, kurma dapat menjadi makanan yang ideal bagi orang-orang yang mulai mengalami penuaan, serta bagi orang-orang yang ingin menjaga pikirannya tetap tajam.

8. Mengatasi Diare

Kurma mengandung potasium, yang dikenal sebagai pengendali diare yang efektif. Serat larut dalam kurma juga dapat meringankan diare, dengan menyediakan massa kedalam buang air besar, serta menunjang kesehatan fungsi dari sistem ekskresi.

9. Mengurangi Reaksi Alergi

Salah satu hal yang menarik dari kurma adalah adanya sulfur organik yang terkandung didalamnya. Hal ini bukan unsur yang umum yang dapat ditemukan dalam makanan, tetapi tetap memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman.

10. Mencegah Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan usus. Asupan secara terus menerus dari kurma dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan pathological orgasisms, dengan demikian kurma dapat membantu dalam merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kurma memiliki banyak manfaat, terkhususnya khasiat buah kurma untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment