7 Khasiat Buah Kersen untuk Kesehatan

Kersen merupakan buah buahan yang memiliki ukuran kecil dan berwarna merah jika matang. Buah kersen ini sering disebut sebagai buah cherry dengan ukuran yang lebih kecil. Terdapat banyak nutrisi yang terkandung dalam buah ini, yang membuatnya sebagai buah buahan yang menyehatkan. Berikut artikel mengenai manfaat buah kersen untuk kesehatan.

Manfaat buah kersen

Buah kersen mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B, dan sebagainya. Dengan kandungan nutrisi ini, tidak mengherankan bahwa buah kersen menjadi makanan pokok di beberapa belahan dunia. Oleh sebagian orang, biasanya buah kersen lebih suka dikonsumsi secara segar (belum diolah), atau dibuat selai, maupun menambahkannnya ke dalam olahan makanan.

Manfaat Buah Kersen

Berikut 7 manfaat buah kersen bagi kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Asam Urat

Manfaat buah kersen untuk asam urat. Buah kersen dapat digunakan untuk menghentikan rasa sakit yang terkait dengan asam urat. Mengkonsumsi kersen sebanyak 9 sampai 12 buah tiga kali sehari dapat membantu Anda dalam mengobati rasa sakit.

2. Sumber Vitamin C

Buah kersen mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, dimana vitamin C merupakan antioksidan yang berperan kuat dalam membantu melawan sakit pilek dan berbagai penyakit lainnya.

3. Meredakan Sakit Kepala

Mengunyah buah kersen dan minum teh yang terbuat dari daun kersen dapat memberikan bantuan dalam menyembuhkan sakit kepala.

4. Anti Inflamasi

Manfaat kesehatan dari buah kersen juga terkait dengan anti inflamasi. Jadi, dengan mengkonsumsi buah kersen dapat mengurangi inflamasi seperti pada luka dan mengurangi rasa sakitnya.

5. Meradakan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit, perut bergas, maupun nyeri perut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah kersen secara teratur.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu zat penting yang terdapat dalam buah kersen adalah oksida nitrat. Zat ini adalah bahan kimia alami yang dapat menenangkan pembuluh darah. Sehingga darah dapat mengalir dengan lancar tanpa tekanan apapun.

7. Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat buah kersen untuk diabetes. Buah kersen dipercaya dapat membantu dalam menurunkan gula darah. Di berbagai belahan dunia, dengan mengkonsumsi buah kersen secara teratur dapat digunakan untuk mencegah risiko diabetes.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kersen memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah kersen untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Merah serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah kersen untuk kesehatan :

www.lifehack.org/294083/13-wonderful-health-benefits-kerson-fruits-you-may-not-know

www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-kerson-fruit/

www.curejoy.com/content/health-benefits-kerson-fruit/

2 Comments