9 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Kesemek merupakan buah-buahan yang memiliki rasa yang lezat dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung didalamnya. Buah kesemek dapat dikonsumsi saat masih segar, kering, maupun diolah menjadi berbagai hidangan, termasuk puding. Kesemek kaya akan mineral seperti fosfor, kalsium, dan vitamin termasuk vitamin A dan vitamin C yang memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat buah kesemek untuk kesehatan.

Manfaat Buah Kesemek

Kandungan Gizi Buah Kesemek

Buah kesemek memiliki beragam kandungan vitamin, mineral, serta senyawa organik yang tidak biasa. Hal ini termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B6, serta kandungan serat makanan, mangan, tembaga, magnesium, kalium, fosfor, dan berbagai senyawa organik lainnya.

Manfaat Buah Kesemek

Berikut 9 manfaat buah kesemek bagi kesehatan :

1. Mencegah Risiko Kanker

Buah kesemek memiliki sifat anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan radikal bebas. Selain itu, kesemek juga mengandung vitamin C dan vitamin A, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins yang dapat mencegah berbagai jenis kanker.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kesemek memiliki salah satu asam askorbat tertinggi (vitamin C) dibandingkan buah apapun dan memiliki sekitar 80% dari kebutuhan harian nutrisi yang bermanfaat. Vitamin C dalam kesemek dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan pertahanan utama tubuh terhadap mikroba, virus, dan infeksi jamur, maupun racun.

3. Kesehatan Pencernaan

Kesemek kaya akan serat yang dapat membantu merangsang gerak peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan sekresi asam lambung dan pencernaan, meredakan gejala sembelit dan diare. Secara keseluruhan, kandungan serat dalam kesemek berfungsi mendorong sistem pencernaan dan dapat melindungi Anda dari kanker kolorektal dan penyakit sejenis lainnya.

4. Anti-Tumor

Kesemek mengandung asam betulinic, yang merupakan senyawa anti-tumor yang terkandung dalam kesemek. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan tertular tumor dengan menginduksi apoptosis, yang juga dikenal sebagai kematian sel terprogram.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kesemek kaya akan vitamin A, beta-karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthins yang semuanya berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik usia, penyakit Alzheimer, kelelahan, kehilangan penglihatan, kelemahan otot, dan sejumlah kondisi lainnya.

6. Kesehatan Mata

Beberapa senyawa dalam kesemek juga memiliki manfaat yang terbukti untuk kesehatan mata, yaitu zeaxanthin, anggota dari kompleks B vitamin yang secara langsung dapat meningkatkan kesehatan mata. Studi menunjukkan bahwa hal tersebut dapat mengurangi risiko degenerasi makula, katarak, dan kebutaan malam.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kalium dalam kesemek dapat bertindak sebagai vasodilator dan menurunkan tekanan darah, sehingga meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Kesemek juga mengandung berbagai senyawa organik vasodilatasi yang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga membuatnya menjadi buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kesemek juga mengandung tembaga, yaitu elemen penting untuk menciptakan sel darah merah baru. Peningkatan sirkulasi sel darah merah akan meningkatkan fungsi kognitif, otot, metabolisme, tingkat energi,  perbaikan luka dan pertumbuhan sel.

9. Kegiatan Metabolik

Kesemek mengandung unsur vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, dan thiamin, yang berperan dalam proses enzimatik dan fungsi metabolisme seluruh tubuh, sehingga sistem tubuh Anda akan berfungsi secara efisien dan efektif. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan otot, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Efek Samping Mengkonsumsi Buah Kesemek

Buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, akan tetapi apabila Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan maka akan meningkatkan risiko hipotensi yang akan membahayakan kesehatan Anda.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman kesemek memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah kesemek untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Tanaman Rosemary serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah kesemek untuk kesehatan :

id.wikipedia.org/wiki/Kesemek

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/persimmons.html

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-persimmon/#gref