10 Khasiat Buah Merah untuk Kesehatan

Buah merah merupakan jenis buah buahan yang berasal dari tanah Papua, Indonesia Timur. Masyarakat Papua sendiri menyebut buah ini dengan sebutan kuansu. Buah merah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat buah merah untuk kesehatan ini meliputi mencegah stroke, mencegah diabetes, mencegah osteoporosis, dan sebagainya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Manfaat Buah Merah

Sebagai informasi awal, buah merah mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3, dan lain lain. Semua senyawa tersebut berperan aktif dalam menangkal pembentukan radikan bebas dalam tubuh.

Manfaat Buah Merah

Berikut 10 manfaat buah merah bagi kesehatan :

1. Mencegah Stroke dan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyebab stroke adalah tekanan darah tinggi, yang menyebabkan pembekuan darah sehingga mempersempit pembuluh darah dan suplai darah menjadi berkurang. Kandungan tokoferol dalam buah merah memiliki peran penting untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kadar oksigen dalam darah menjadi normal. Dengan begitu buah merah dapat mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

2. Mencegah Diabetes

Kandungan tokoferol pada buah merah Papua ini juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kerja pankreas. Pankreas yang normal dapat memproduksi insulin yang dapat mengatur kadar gula darah Anda, sehingga dapat mencegah risiko Diabetes.

3. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah merah untuk mencegah tulang rapuh. Osteoporosis merupakan penyakit yang umum terjadi pada orang tua dan disebabkan karena kekurangan kalsium. Buah merah Papua kaya akan kalsium, sehingga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, buah merah Papua juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Buah merah kaya akan beta-karoten yang berfungsi untuk mencegah berbagai jenis penyakit mata yang disebabkan karena kekurangan vitamin A. Beta-karoten di dalam tubuh akan diproses menjadi vitamin A.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat buah merah untuk meningkatkan kecerdasan. Anda dapat mengkonsumsi buah merah untuk meningkatkan kecerdasan. Hal ini karena terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah merah. Kedua nutrisi ini dapat merangsang otak dan meningkatkan kecerdasan. Sehingga buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan pelajar.

6. Membantu Menyembuhkan Hepatitis

Buah merah kaya akan antioksidan yang dapat membantu dalam pertumbuhan sel-sel di hati. Oleh karena itu, buah merah ini dapat membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan menghilangkan virus yang dapat menyebabkan hepatitis.

7. Membantu Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Salah satu manfaat utama dari buah merah yaitu dapat meningkatkan kesuburan di kalangan pria. Vitamin E yang terkandung dalam buah merah dapat meningkatkan perumbuhan dan reproduksi sperma.

8. Membantu Mengurangi Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan kalsifikasi serta penipisan pembuluh darah di jantung, otak, dan juga ginjal. Pada hal tersebut biasanya dipicu karena konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh yang berlebihan. Hal ini dapat diatasi dengan jus buah merah yang dapat menangkal kolesterol dalam pembuluh darah.

9. Mencegah Kanker

Buah merah mengandung beta karoten dan tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel sel kanker. Termasuk kanker hati, kanker prostat, kanker ovarium, kanker payudara, kanker paru-paru, dan sebagainya.

10. Lain-Lain

Manfaat buah merah untuk kesehatan tidak hanya yang telah dijelaskan sebelumnya. Buah merah juga dapat membantu dalam mengatasi penyakit lainnya seperti asma, alzheimer, lupus, asam urat, infeksi saluran kemih, anemia, sembelit, dan penyakit degeneratif lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sirsak memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Sirsak serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah merah untuk kesehatan :

www.thealthbenefitsof.com/health-benefits-of-red-fruit/

www.pinoyrecipe.net/top-10-health-benefits-of-buah-merah-red-fruit/

www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-red-fruit-buah-merah/

www.odessahealth.org/important-things-you-need-to-know-about-buah-mera-or-red-fruit/