12 Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan

Rambusa, disebut juga dengan nama ermot, merupakan suatu jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di antara semak belukar. Buahnya berbentuk bulat, berukuran kecil, dan ketika sudah masak akan berwarna kuning dengan rasanya yang cenderung asam dan manis. Disamping hal tersebut, buah ini memiliki kandungan gizi yang beragam sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah rambusa untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Rambusa
Gambar buah rambusa via fotokita.net

KANDUNGAN GIZI BUAH RAMBUSA

Buah rambusa mengandung suatu senyawa yang disebut dengan beta karoten, yaitu pigmen dalam makanan yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan bersifat antioksidan. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, zat besi, flavonoid, kalsium, mineral, fitonutrien, kalsium, mineral, dan beberapa nutrisi lainnya.

Berbagai kombinasi dari nutrisi yang ada di dalam buah ini, maka tak mengherankan jika buah ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Selain dapat menyehatkan tubuh, buah ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Rambusa

Berikut 12 manfaat buah rambusa bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah rambusa yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena rambusa mengandung kalsium yang berguna dalam menjaga kesehatan tulang serta menjaga kepadatan tulang, sehingga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, kalsium yang terkandung di dalam buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Khasiat rambusa untuk kesehatan gigi dan gusi yaitu membantu memperkuat gigi dan mencegah terjadinya infeksi mulut yang dapat menempel pada gusi.

3. Mencegah Anemia

Buah rambusa memiliki kandungan zat besi yang sangat berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari penyakit anemia, yaitu suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah.

4. Mengurangi Stres

Buah rambusa mengandung suatu senyawa yang dapat berperan dalam meningkatkan hormon rasa senang (hormon endorfin) serta dapat menjaga saraf pusat tetap stabil sehingga tubuh dan otak menjadi lebih rileks.

5. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Senyawa antioksidan berupa vitamin C, flavonoid, serta potassium yang terdapat dalam buah rambusa memiliki kemampuan dalam menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, sel yang dapat merusak jaringan kulit, dan lain sebagainya.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah rambusa terkenal dengan khasiatnya yang ampuh dalam mengatasi beberapa gangguan yang dapat terjadi pada organ ginjal. Kandungan mineral di dalamnya diketahui memiliki kemampuan untuk membantu kelancaran fungsi ginjal dalam proses eksresi urine.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, rasa asam dan manis dari buah ini tidak akan membahayakan sistem pencernaan Anda. Melainkan buah ini dapat membantu Anda dalam melancarkan pencernaan. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari penyakit terkait pencernaan seperti sembelit.

8. Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah rambusa sangat bermanfaat dalam menutrisi rongga mulut Anda, sehingga dapat terhindar dari gangguan mulut seperti sariawan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami sariawan, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi buah ini.

Artikel terkait: Manfaat Buah Ciplukan

Selain 8 manfaat dan khasiat buah rambusa untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah rambusa:

9. Menjaga Tekanan Darah

10. Menjaga Kesehatan Kulit

11. Menjaga Daya Tahan Tubuh

12. Mempercepat Proses Metabolisme Tubuh

Baca juga: Manfaat Buah Markisa

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah rambusa untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Kari atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: