12 Khasiat Buah Menteng untuk Kesehatan

Buah menteng, disebut juga dengan nama kepundung atau mundung, merupakan salah satu jenis buah-buahan yang keberadaannya kini kian langka. Jika Anda perhatikan, buah mundung ini terlihat seperti buah duku dengan bentuk yang bulat serta kecil. Terlepas dari hal itu, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah menteng untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Menteng
Gambar buah menteng via besenakbesenik.wordpress.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah menteng mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan. Beberapa diantaranya yaitu kalori, lemak, fosfor, kalsium, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C3, dan juga zat besi. Kombinasi dari berbagai kandungan gizi tersebutlah yang membuatnya dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Manfaat Buah Menteng

Berikut 12 manfaat buah menteng bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah menteng yang pertama yaitu dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan organ jantung Anda. Tentu saja kondisi jantung yang sehat sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah menteng yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin A yang sangat penting untuk mata. Selain itu, senyawa yang terdapat dalam buah ini juga dapat membantu peradangan atau bengkak pada bagian mata Anda.

3. Memperlancar Haid pada Wanita

Seperti yang Anda ketahui bahwa haid yang tidak lancar dapat menjadi masalah kesehatan yang cukup serius, terutama menyangkut organ intim wanita. Untuk kasus ini, khasiat buah menteng dapat membantu melancarkan haid pada wanita sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

4. Mengatasi Diare

Manfaat menteng untuk pengobatan juga dapat menyembuhkan salah satu penyakit terkait pencernaan, yaitu diare. Buah ini mengandung suatu senyawa yang dapat membantu tubuh dalam membunuh bakteri penyebab diare, sehingga dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Khasiat menteng yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung kalsium yang dapat membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan membantu mencegah terserangnya penyakit tulang seperti osteoporosis.

6. Menyehatkan Gigi

Selain menjaga kesehatan tulang, manfaat menteng juga sangat baik untuk kesehatan gigi. Buah ini dapat menjadi sumber makanan yang sehat untuk gigi karena memiliki kandungan kalsium. Oleh karena itu buah ini juga cocok diberikan pada anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan untuk memperoleh gigi yang sehat.

7. Mencegah Penyakit Anemia

Buah menteng ternyata juga dapat membantu tubuh Anda untuk memproses produksi sel darah merah. Tercukupi sel darah merah dapat membantu Anda dalam mencegah terserang penyakit kekurangan sel darah merah, yaitu anemia.

8. Menjadi Sumber Energi

Buah menteng yang dikonsumsi secara rutin dapat menjadi buah-buahan yang dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh Anda, serta membuat Anda menjadi lebih segar dan bertenaga. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsinya secara rutin untuk memperoleh manfaat ini.

Artikel terkait: Manfaat Buah Duku

Selain 8 khasiat dan manfaat buah menteng yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah menteng:

9. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

10. Menjaga Kesehatan Kulit

11. Mencegah Sariawan

12. Membantu Metabolisme Air


PERTIMBANGAN MENGONSUMSI BUAH MENTENG BAGI IBU HAMIL

Pada dasarnya tidak ada larangan secara spesifik mengenai mengonsumsi buah menteng. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi buah ini secara rutin, perlu diimbangi dengan makanan lain agar kebutuhan nutrisi Anda tetap tercukupi. Misalnya saja seperti:

  • Imbangi dengan minum air mineral yang cukup.
  • Mengonsumsi sayuran dan buah buahan.
  • Konsumsi daging tanpa lemak, ikan, dan telur.
  • Cukupi asupan karbohidrat.
  • Minum susu ibu hamil.
  • Dan sebagainya.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah menteng untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Anggur atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment