10 Khasiat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Buah kelengkeng atau lengkeng merupakan salah satu buah-buahan tropis yang banyak disukai karena memiliki rasa yang begitu manis ketika matang. Kelengkeng banyak diolah menjadi makanan kemasan dalam bentuk kalengan karena termasuk buah musiman. Tetap saja kelengkeng merupakan buah yang sangat baik jika dikonsumsi, karena manfaat buah kelengkeng mampu mendukung sejumlah kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng mengandung sejumlah vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sebesar 80% dari kebutuhan harian. Kelengkeng juga mengandung mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Selain itu kelengkeng juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Serta beberapa mineral dan vitamin lainnya.

10 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari buah kelengkeng yang diperoleh dari nutrisinya bisa sangat beragam untuk banyak bagian tubuh. Berikut 10 manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Insomnia

Ada beberapa zat yang terkandung dalam kelengkeng yang bermanfaat untuk membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia dan gangguan tidur.

Pertama, kelengkeng memiliki efek menenangkan yang akan memberikan kualitas tidur yang lebih baik, karena kelengkeng bisa membantu dalam menenangkan saraf anda.

Kedua, kelengkeng kaya akan mineral yang akan menjaga tubuh anda untuk berfungsi secara normal dan mengurangi kecemasan yang juga bisa menjadi penyebab utama insomnia.

2. Mencegah Kanker

Semua buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa menjadi solusi ampuh dalam mencegah perkembangan sel kanker, tak terkecuali buah kelengkeng, karena kaya akan polifenol.

Sel-sel kanker dapat disebabkan oleh sel-sel yang mengalami kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. Polifenol memiliki kemampuan dalam menangani sel-sel yang rusak dan pada saat yang bersamaan dapat membantu dalam regenerasi sel-sel baru.

3. Mengatasi Anemia

Zat besi sangat penting dalam memproduksi sel darah merah, dengan jumlah yang tepat dari sel-sel darah merah dalam tubuh, berarti meminimalkan risiko mengalami anemia.

Buah kelengkeng juga kaya akan vitamin C, dimana vitamin C merupakan zat alami yang akan membantu dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelengkeng cukup akan kandungan karbohidrat yang penting untuk membentuk energi, sehingga selama menjalani diet akan mendapatkan cukup stamina.

Kelengkeng juga mengandung jumlah air yang cukup untuk membuat tubuh anda tetap terhidrasi. Namun perlu diperhatikan, bahwa kelengkeng juga mengandung cukup tinggi akan gula.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi kelengkeng akan memberikan jumlah yang cukup akan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh sebagai salah satu lapisan perlindungan terhadap infeksi umum, seperti sakit tenggorokan, flu, dan batuk.

6. Kesehatan Jantung

Kalium dan magnesium yang terkandung dalam kelengkeng dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena kandungan tersebut dapat membantu dalam relaksasi otot-otot dan saraf yang terhubung ke organ hati yang akan mempengaruhi tekanan darah.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kelengkeng memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi, dimana polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang berkontribusi dalam melawan radikal bebas.

Polifenol memiliki respon yang cukup cepat dalam melawan radial bebas, dan akan menghapusnya dari sistem rubuh untuk mencegah sel-sel sehat berubah menjadi sel kanker.

Dengan adanya polifenol ini, regenerasi sel-sel dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya gangguan, sehingga kelengkeng dapat berperan sebagai anti aging atau mencegah penuaan dini.

8. Kesehatan Tulang

Kelengkeng kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, dan magnesium. Dengan mengkonsumsi kelengkeng dapat membantu anda dalam mencegah kondisi tulang tertentu, seperti osteoporosis.

9. Kesehatan Mulut

Vitamin C terbukti mampu dalam menjaga kesehatan mulut. Selain itu, kelengkeng juga kaya akan mineral, sehingga dapat membantu dalam mempertahankan struktur gigi yang kuat.

Disarankan untuk sikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsi kelengkeng, karena kandungan gulanya yang relatif tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan organ mulut lainnya.

10. Kesehatan Mata

Riboflavin sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Riboflavin sebagai bagian dari vitamin B kompleks dapat membantu dalam mengurangi risiko gangguan mata, khususnya katarak.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kelengkeng memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Kurma serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
3 Comments