11 Khasiat Kismis untuk Kesehatan

Kismis adalah buah kering dari varietas buah anggur tertentu. Kismis memiliki rasa yang sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan untuk waktu yang lama lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya. Proses ini dapat menyebabkan kismis menjadi kasar. Berikut artikel mengenai manfaat kismis untuk kesehatan.

Manfaat Kismis

Asal Usul Kismis

Kismis anggur pada awalnya ditanam tahun 2000 SM di Persia dan Mesir. Bangsa Yunani awal dan Roma menghiasi tempat ibadah mereka dengan kismis. Sampai abad ke-20 produsen terbesar kismis dikuasai oleh Turki, Iran, dan Yunani sedangkan pada pertengahan abad, Amerika Serikat yang menjadi pemimpin utama sebagai produsen kismis dan Australia kedua. Industri kismis Amerika Serikat seluruhnya terletak di California, di mana kismis anggur  pertama kali ditanam pada tahun 1851.

Manfaat Kismis

Berikut 11 manfaat kismis bagi kesehatan :

1. Membantu Mengatasi Sembelit

Jenis serat dalam kismis merupakan serat tidak larut yang dapat membantu mengurangi sembelit. Selain itu, kismis juga dapat membantu menghentikan diare dengan menyerap cairan dari diare dan mengurangi frekuensi diare.

2. Memberikan Tambahan Energi

Kismis kaya akan fruktosa dan glukosa serta mengandung banyak energi potensial. Manfaat kismis untuk diet, kismis merupakan bagian yang ideal dari diet untuk atlet atau binaragawan yang membutuhkan makanan yang dapat meningkatkan energi atau bagi mereka yang ingin menambah berat badan tanpa mengakumulasi jumlah kolesterol yang tidak sehat.

Selenium dan fosfor dalam kismis juga bermanfaat untuk memfasilitasi penyerapan nutrisi lainnya dan protein dalam tubuh yang dapat meningkatkan energi secara keseluruhan.

3. Pencegahan Terhadap Kanker

Kismis memiliki katekin yang merupakan antioksidan polifenol dalam darah. Antioksidan ini berperan mengatasi radikal bebas yang mengapung di sekitar tubuh dan mendatangkan malapetaka pada sistem organ dan sel. Oleh karena itu, kismis dapat mencegah pembentukan kanker atau memperlambat perkembangan penyakit mematikan.

4. Membantu Mengobati Hipertensi

Selama bertahun-tahun, beberapa orang percaya bahwa kismis memiliki kekuatan untuk mengurangi tekanan darah dan melindungi integritas kesehatan jantung. Adanya kandungan kalium dalam kismis bermanfaat utnuk mengurangi ketegangan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, serta serat makanan dalam kismis juga dapat mengurangi hipertensi.

Baca juga : Manfaat Kacang Kenari

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Dalam sejumlah penelitian, kismis telah terbukti dapat menurunkan respon insulin postprandial, yang berarti bahwa setelah makan kismis dapat membantu menurunkan tingkat insulin yang berbahaya untuk pasien diabetes. Kismis juga membantu mengatur pelepasan leptin dan ghrelin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk memberitahu tubuh ketika lapar atau penuh.

Dengan menjaga hormon ini, orang yang mengkonsumsi kismis dapat meningkatkan peluang mereka mempertahankan diet yang sehat dan mencegah makan berlebihan, yang selanjutnya akan meningkatkan kemungkinan hidup nyaman tanpa penyakit diabetes.

6. Membantu Mengobati Anemia

Kismis mengandung zat besi yang secara langsung dapat membantu dalam pengobatan anemia. Selain itu, kismis juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk pembentukan sel darah baru, serta kandungan tembaga yang tinggi dalam kismis juga turut membantu pembentukan sel darah merah.

7. Membantu Mengobati Demam

Phenolic merupakan fitonutrien pada kismis memiliki sifat antibiotik dan antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan demam dengan memerangi infeksi virus dan bakteri.

8. Kesehatan Mata

Kismis mengandung fitonutrien polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Fitonutrien ini sangat baik untuk kesehatan mata, karena melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (oksidan), dalam bentuk degenerasi makula, melemahnya visi terkait usia, dan katarak. Selain kualitas antioksidan, kismis juga mengandung vitamin A, A-Beta Karoten dan A-Karotenoid, yang semuanya penting bagi kesehatan mata yang baik.

Baca juga : Manfaat Kacang Almond

9. Mencegah Asidosis

Asidosis adalah suatu keadaan peningkatan keasaman darah (juga dikenal sebagai keracunan darah) atau gas dalam sistem pernapasan kita. Peningkatan keasaman ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti bisul, penyakit kulit, kerusakan pada organ-organ internal, arthritis, batu ginjal, rambut rontok, penyakit jantung, tumor dan bahkan kanker.

Kismis kaya akan potassium dan magnesium, yang merupakan dua komponen yang paling umum dari antasida karena keduanya sangat efektif untuk menetralkan asam.

10. Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan unsur utama dari tulang kita yang juga terkandung dalam kismis dan buah-buahan kering. Selain itu kismis juga mengandung boron, sebuah mikronutrien. Boron sangat penting untuk pembentukan tulang yang tepat dan penyerapan kalsium yang efektif.

Boron sangat membantu mencegah osteoporosis yang disebabkan oleh menopause pada wanita dan telah terbukti sangat bermanfaat untuk tulang dan sendi. Kemudian, kalium yaitu nutrisi penting lain yang ditemukan dalam kismis dapat membantu memperkuat tulang dan meningkatkan pertumbuhan tulang, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis.

11. Kesehatan Gigi

Asam oleanolic adalah salah satu fitokimia yang hadir dalam kismis, memainkan peran penting dalam melindungi gigi Anda melawan kerusakan gigi, gigi berlubang, dan gigi rapuh. Fitokimia ini juga secara efektif dapat mencegah pertumbuhan Streptococcus Mutans dan Porphyromonas gingivalis, yaitu dua spesies bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.


Efek Samping Mengkonsumsi Kismis

1. Kismis mengandung kalori yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan berat badan dengan cepat jika Anda mengkonsumsi kismis secara berlebihan, sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan obesitas.

2. Kismis juga memiliki kadar trigliserida yang tinggi karena kandungan fruktosa (trigliserida adalah produk sampingan dari tubuh metabolisme fruktosa) yang tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan diabetes, penyakit jantung koroner, dan kanker hati. Sehingga perlu diperhatikan besarnya asupan kismis agar tidak membahayakan kesehatan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kismis memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kismis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Asparagus serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kismis bagi kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-raisins.html

www.britannica.com/topic/raisin

id.wikipedia.org/wiki/Kismis