10 Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Anggur memiliki berbagai jenis varian, seperti anggur merah, anggur hijau, anggur ungu, dan lain-lain. Untuk konsumsi, anggur bisa diolah menjadi selai anggur, jus anggur, minuman anggur (wine), dan juga kismis. Manfaat anggur untuk kesehatan bisa sangat beragam, karena buah anggur memiliki nutrisi dan vitamin yang penting untuk tubuh.

10 Khasiat dan Manfaat Anggur Untuk Kesehatan (Buah dan Jus Anggur)

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Beberapa khasiat dan manfaat anggur untuk kesehatan yang akan dijelaskan berikut ini yaitu untuk kesehatan tulang, kesehatan jantung, mencegah sembelit, mengatasi kelelahan, mencegah sembelit, mencegah diabetes, mencegah gangguan ginjal, sebagai antibakteri dan antivirus, daya tahan tubuh, mencegah kanker, serta mengurangi risiko asma.

1. Kesehatan Tulang

Buah anggur merupakan sumber yang cukup baik dari mikro nutrisi seperti tembaga, besi, dan mangan, yang semuanya penting dalam pembentukan dan kekuatan tulang. Dengan menambahkan buah anggur kedalam program diet anda secara teratur dapat mencegah tumbulnya penyakit terkait usia seperti osteoporosis.

2. Kesehatan Jantung

Manfaat anggur dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Oleh karena itu, anggur merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Antioksidan yang hadir dalam buah anggur dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang dapat menghambat pembuluh darah. Anggur juga memiliki tingkat flavonoid yang cukup tinggi, yang bertindak sebagai antioksidan.

Dua jenis flavonoid utama yang terdapat dalam anggur adalah resveratrol dan quercetin, dimana dua senyawa ini meniadakan efek radikal bebas. Dua antioksidan flavonoid ini juga bertindak sebagai pembersih untuk mengurangi penggumpalan trombosit dan filter racun dari darah.

3. Mencegah Sembelit

Konsumsi makanan yang tinggi kandungan air seperti anggur, semangka, maupun melon dapat membantu untuk menjaga anda tetap terhidrasi dan buang air besar secara teratur. Buah anggur juga mengandung serat, yang penting untuk meminimalkan terkena sembelit.

4. Mengatasi Kelelahan

Jus anggur putih dapat melengkapi kandungan zat besi dalam tubuh dan mencegah kelelahan. Anemia merupakan masalah yang dialami banyak orang, dan konsumsi buah anggur dapat membantu menjaga kadar zat besi dan mineral tetap seimbang dalam tubuh.

Dimana kurangnya zat besi bisa membuat anda lesu dan kurang fokus, karena zat besi merupakan mineral penting yang mempengaruhi sejumlah fungsi tubuh. Bagaimanapun, Jus anggur merah mungkin tidak memberikan dorongan zat besi, namun dengan minum jus anggur dipercaya dapat memberikan dorongan stamina secara instan.

5. Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi tiga porsi per minggu dari buah blueberry, anggur, kismis, apel atau pir dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa ekstrak kulit anggur memberikan suatu aktivitas penghambat pada hiperglikemia dan dapat membantu dalam manajemen diabetes.

6. Mencegah Gangguan Ginjal

Buah anggur secara substansial dapat mengurangi keasaman dari sistem tubuh, sehingga dapat mengurangi stres dan tekanan pada ginjal. Buah anggur juga memiliki kandungan air yang tinggi, hal ini dapat merangsang buang air kecil yang dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh.

7. Sebagai Antibakteri dan Antivirus

Buah anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat dalam melindungi tubuh anda dari infeksi. Kemampuan sifat antivirus nya dapat terlihat ketika melawan virus polio dan virus herpes simpleks. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa jus anggur dapat mengatasi infeksi bakteri dala usus dan sistem lainnya.

8. Sistem Kekebalan Tubuh

Buah anggur tidak hanya dikemas dengan flavonoid dan mineral, tetapi berbagai vitamin juga. Tingkat vitamin C, vitamin K, dan vitamin A dalam anggur memberikan dorongan yang sehat untuk sistem organ anda, termasuk sistem kekebalan tubuh atau meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Mencegah Kanker

Buah anggur memiliki sifat anti kanker yang kuar karena efek dari anti inflamasi resveratol. Hal ini memungkinkan dalam mengurangi risiko kanker kolorektal dan kanker payudara. Jus anggur tidak hanya mencegah risiko kanker, tetapi juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

10. Mengurangi Risiko Asma

Karena nilai terapi dari anggur yang cukup terkenal, anggur dapat digunakan sebagai obat untuk asma. Selain itu kekuatan hidrasi yang bisa diperoleh dari anggur juga cukup tinggi, yang dapat meningkatkan kelembaban di paru paru dan mengurangi terjadinya asma.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah anggur memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat anggur untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Semangka Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

7 Comments