16 Khasiat Lobak untuk Kesehatan

Lobak adalah sayuran yang dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun pegunungan. Lobak memiliki banyak varietas, ukuran bervariasi, rasa, warna (merah, pink, putih, abu-abu-hitam, atau kuning) dan lamanya waktu pertumbuhan. Berikut artikel mengenai manfaat lobak untuk kesehatan.

Lobak putih dan varietas lainnya dapat tumbuh dengan cepat dan pesat, varietas yang paling kecil siap untuk dikonsumsi dalam waktu satu bulan, sementara varietas yang lebih besar memakan waktu beberapa bulan untuk dapat dikonsumsi. Lobak dapat berbentuk bulat, lonjong, atau silinder. Lobak sering ditanam untuk mencegah atau mengobati beberapa penyakit karena adanya kandungan nutrisi dalam lobak oleh karena itu tanaman ini juga sudah banyak ditanam di Indonesia. Berikut ini manfaat lobak bagi kesehatan.

Asal Usul Lobak

Lobak (Raphanus sativus) merupakan tanaman dari keluarga Brassicaceae. Budidaya lobak mulai dilakukan oleh Cina pada 500 SM kemudian menyebar ke Mesir dan Yunani. Sebelum kehadiran minyak zaitun, minyak lobak telah digunakan oleh orang-orang Mesir kuno dan dibudidayakan sejak 400 SM.

Hampir seluruh negara di dunia mengkonsumsi lobak, bahkan Amerika mengkonsumsi sekitar 400 juta pound lobak setiap tahun. Di Jepang lobak biasa ditambahkan pada makanan, sementara Cina menumbuk lobak dan menggunakannya sebagai adonan untuk membuat kue. Kemudian di Meksiko, terutama di kota Oaxaca lobak dipotong menyerupai bentuk hewan selama perayaan malam Natal.

16 Manfaat Lobak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Manfaat Lobak

Berikut 16 manfaat lobak untuk kesehatan :

1. Detoksifikasi Tubuh

Serat yang terkandung dalam lobak dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan cara mengikat racun dan limbah, sehingga lobak sangat berguna untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran-kotoran sel lainnya.

2. Membantu Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning juga dikenal sebagai ikterus yaitu kondisi kulit menunjukkan pigmentasi kekuningan. Lobak dapat membantu untuk mendetoksifikasi darah dengan mengurangi kerusakan sel darah merah yang terjadi pada orang yang menderita penyakit kuning. Sehingga diyakini bahwa lobak adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengobati penyakit kuning.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Lobak mengandung karbohidrat dan serat yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Serat berfungsi untuk menjaga gerakan usus yang normal dan meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap nutrisi.

4. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Jus lobak dapat membantu menyembuhkan sembelit dengan menenangkan sistem pencernaan dan memperlancar sistem ekskresi.

5. Mencegah dan Menyembuhkan Gangguan Kemih

Lobak dikategorikan sebagai diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin. Jus lobak juga dapat menyembuhkan peradangan dan mengurangi rasa panas pada saluran kemih selama proses buang air kecil.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lobak rendah kalori tetapi dapat membuat perut Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Makan lobak dapat menjadi alternatif untuk menggantikan karbohidrat yang tinggi kalori. Lobak tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa lobak tidak meningkatkan gula darah Anda dan tidak menyebabkan kelaparan.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Lobak mengandung pigmen yang disebut antosianin yaitu antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Beberapa studi melaporkan bahwa pigmen antosianin dalam lobak memiliki dampak yang signifikan mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah Kanker

Lobak mengandung Vitamin C, antosianin, dan asam folat yang dikenal sebagai yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Mengkonsumsi lobak secara rutin dapat mencegah Anda dari perkembangbiakan kanker tertentu seperti kanker ginjal, lambung, mulut, usus dan kolorektal. Studi melaporkan bahwa lobak juga mengandung zat yang disebut isthiocyanates yang dapat memicu apoptosis (kematian sendiri) dari sel-sel kanker.

9. Menyembuhkan Masalah Pernapasan

Lobak memiliki efek anti-kongestif yang dapat meringankan masalah saluran pernapasan. Hal ini akan mengurangi gangguan infeksi saluran pernafasan yang terjadi di hidung, tenggorokan dan bahkan paru-paru.

10. Mencegah Alergi

Lobak juga dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah gejala alergi. Kulit lobak dapat menenangkan otot saluran pernapasan dan meredakan asma, sementara zat lain dalam lobak dapat membersihkan darah dari histamin yang merupakan protein yang menyebabkan peningkatan gejala alergi.

11. Mencegah Diabetes

Meningkatnya tingkat gula darah dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ kerusakan, sehingga sangat penting untuk selalu menjaga tingkat gula darah. Lobak telah dikenal lama sebagai makanan yang baik untuk diabetes. Lobak memiliki indeks glisemik yang sangat rendah yang berarti tidak akan menaikkan tingkat gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini juga dapat menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C adalah salah satu antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Vitamin C yang hadir dalam lobak membuat lobak menjadi makanan yang baik untuk kulit. Kemudian air yang terkandung dalam lobak juga akan membantu melembabkan kulit.

13. Membantu Menurunkan Demam

Lobak dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam, selain itu juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Lobak juga mengandung vitamin C yang dapat melindungi Anda dari infeksi dingin dan virus influenza.

14. Menghidrasi Tubuh

Air merupakan salah satu komponen utama yang terkandung dalam lobak. Makan lobak dapat membantu menghidrasi tubuh dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

15. Kesehatan Hati

Lobak dapat membantu hati untuk mengatur empedu, bilirubin dan enzim lain di dalam tubuh. Lobak juga dapat mengurangi tingkat bilirubin dalam aliran darah. Mengkonsumsi lobak secara rutin dapat memberikan banyak efek menguntungkan pada hati dan mencegah ulkus.

16. Mencegah Sinusitis

Lobak memiliki rasa pedas yang sangat baik untuk mencegah sinusitis. Hal ini juga dapat membantu mengurangi lendir yang berlebihan di sinus dan membuatnya bersih.


Efek Samping Lobak

Lobak diklasifikasikan sebagai makanan goitrogenik. Terlalu banyak mengkonsumsi lobak, terutama jika Anda memiliki gangguan fungsi tiroid, dapat mengakibatkan gangguan lebih lanjut dari kondisi tersebut. Seseorang dengan masalah tiroid berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi lobak.

Lobak dapat menyerap logam berat seperti nikel dan kadmium yang sangat beracun dari tanah melalui akar-akarnya. Logam berat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, paru-paru, jantung, serta hati.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa lobak memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat lobak untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Bunga Matahari serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat lobak untuk untuk kesehatan :

  • drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/health-benefits-of-radish
  • superhumancoach.com/pros-and-cons-of-radishes/
  • en.wikipedia.org/wiki/Radish
3 Comments