9 Khasiat Berenang bagi Tubuh

Renang adalah salah satu olahraga yang paling populer di Dunia. Dimana dengan berenang merupakan cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap fit, tetap sehat, dan juga baik untuk sosial. Disamping itu, olahraga renang merupakan aktivitas yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut artikel mengenai manfaat renang bagi tubuh.

Manfaat Renang

Untuk memulai olahraga renang itu mudah. Hal ini dikarenakan berenang merupakan olahraga yang cocok untuk segala kelompok usia, serta tingkat keterampilan dan kebugarannya. Yang perlu Anda siapkan adalah baju renang, kacamata renang, pelampung renang (jika dibutuhkan), dan jangan lupa untuk lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Manfaat Renang

Berikut manfaat renang bagi tubuh :

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Dengan melakukan berenang selama 30 menit dengan gaya dada dapat membantu membakar sebesar 367 kalori, yang diyakini melebihi olahraga lari dan bersepeda. Anda dapat melihat berapa kalori yang dapat Anda bakar dengan pemilihan rentan waktu dan variasi gaya renang yang berbeda di website swimming.org (1).

2. Membuat Tubuh Rileks dan Melepas Stres

Menurut sebuah survey terhadap 4000 perenang yang dilakukan oleh Speedo, 74 persen mengatakan setuju bahwa berenang dapat melepas stres dan ketegangan, 68 persen mengatakan bahwa dengan berada di dalam air dapat membantu memunculkan perasaan nyaman, dan 70 persen merasa badan lebih segar setelah melakukan olahraga renang (1).

3. Berenang dapat Meningkatkan Mood

Studi lain menunjukkan bahwa perenang, baik yang amatir maupun profesional, memiliki tingkat emosi yang lebih rendah akan rasa ketegangan, depresi, marah, dan kebingungan saat mereka melakukan olahraga renang. Hal ini berarti bahwa dengan berenang dapat meningkatkan suasana hati, yang dikarenakan terjadinya pelepasan hormon serotonin (pemberi perasaan nyaman dan senang) (1).

4. Risiko Cedera yang Lebih Rendah

Ketika Anda berenang, Anda akan merasakan beban tubuh yang lebih ringan yang dikarenakan daya apung air. Dengan melakukan gerangan yang lebih mudah dan sedikit ketegangan pada tulang, sendi, dan otot, berenang memiliki risiko cedera yang lebih rendah daripada olahraga lainnya.

5. Turunkan Risiko Berbagai Penyakit

Berenang tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung dan bentuk latihan kardiovaskular yang baik, tetapi juga terbukti dapat mengendalikan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga renang secara teratur dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko berbagai penyakit yang pada akhirnya dapat menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan (1).

6. Meningkatkan Tingkat Energi Anda

Kurangnya melakukan aktivitas seringkali menjadi penyebab mengalami kekurangan energi pada tubuh Anda. Dengan melakukan olahraga berenang sekitar 30 menit tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda melalui kenaikan tingkat metabolisme (2).

7. Berolahraga Tanpa Berkeringat

Jika berkeringat sering membuat Anda merasa kurang percaya diri, hal ini berarti renang merupakan olahraga yang cocok untuk Anda. Anda tidak akan merasa kepanasan atau bahkan merasa berkeringat, hal ini dikarenakan air di kolam renang dapat mendinginkan tubuh Anda secara terus menerus (2).

8. Membuat Anda Lebih Pintar

Penelitian dari Australia membandingkan anak-anak yang rutin mengikuti pelajaran olahraga renang dengan yang tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin berenang lebih menguasai perkembangan bahasa, keterampilan motorik halus, lebih percaya diri, dan perkembangan fisik yang lebih cepat daripada yang tidak mengikuti pelajaran olahraga renang (3).

9. Mencegah Asma dan Memperbaiki Kondisi Kesehatan

Tidak seperti olahraga lain, berenang dapat memberi kesempatan untuk berolahraga di udara lembab, yang dapat membantu mengurangi gejala asma yang biasa terjadi saat olahraga. Latihan renang tidak hanya dapat membantu Anda menghindari serangan asma jika Anda rentan terhadapnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berenang benar-benar dapat memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan (4).

Artikel terkait :


Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan :

Jika Anda seorang ibu hamil, daya apung air dapat membantu menghilangkan tekanan pada persendian Anda, namun terdapat beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan, seperti pastikan airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika Anda melakukan renang daya dada malah memperburuk ketidaknyamanan pada panggul, pilihlah gaya renang yang lain dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda (5).

Jika Anda menderita diabetes, aktivitas aerobik seperti berenang dapat membantu dalam proses pengobatan atau perawatan diabetes Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam membakar kalori, menurunkan berat badan, dan menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali (5).

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari olahraga renang. Dimana dengan melakukan renang dapat membant Anda dalam menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) (5).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa olahraga renang memiliki banyak manfaat, terkhususnya 9 manfaat renang bagi tubuh yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Kolostrum serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat berenang untuk kesehatan :

(1) www.tescoliving.com/articles/8-reasons-why-swimming-is-the-best-way-to-lose-weight-and-get-fit-quickly

(2) www.swimming.org/justswim/8-benefits-of-swimming/

(3) www.lifehack.org/articles/lifestyle/ten-benefits-swimming-you-may-not-know-about.html

(4) health.howstuffworks.com/wellness/aging/retirement/10-health-benefits-of-swimming6.htm

(5) www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/swimming-for-fitness

(6) image by : www.tescoliving.com