11 Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang populer dan dapat menjadi pengganti daging yang baik untuk para vegetarian. Kacang merah dikenal dengan nama kidney beans di luar negeri, karena bentuk dan warnanya yang menyerupai ginjal (kidney). Disamping hal tersebut, kacang merah dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut artikel mengenai manfaat manfaat kacang merah untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Merah

Kacang merah banyak dikonsumsi dan diproduksi di seluruh dunia, dan dapat menjadi diolah menjadi makanan yang lezat, seperti sup kacang merah, sayur kacang merah, bahkan es kacang merah. Kandungannya yang rendah lemak namun kaya akan karbohidrat kompleks, serat, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya membuatnya dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit.

Manfaat Kacang Merah

Berikut manfaat kacang merah bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Kacang merah mengandung mangan yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi radikal bebas pada tubuh. Kacang merah juga mengandung vitamin K yang diketahui dapat melindungi sel Anda terhadap sel oksidatif yang selanjutnya dapat mengurangi risiko kanker (1).

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kacang merah merupakan sumber serat yang sangat baik. Dimana satu cangkir kacang merah mengandung sekitar 16 g serat makanan yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan harian akan serat dan dapat membantu dalam mencegah sembelit (2).

3. Mengontrol Gula Darah

Kacang merah mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan tingkat metabolisme karbohidrat yang dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah makan. Kacang merah juga merupakan sumber protein yang baik sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar gula darah (1).

4. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam kacang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu folat pada kacang merah juga dapat menurunkan kadar homosistein sehingga dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit terkait lainnya. Kacang merah juga mengandung magnesium yang dapat membantu Anda dalam memperoleh fungsi sistem kardiovaskular yang lebih sehat (1).

5. Meningkatkan Energi

Kacang merah kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan energi Anda. Zat besi juga penting untuk metabolisme dan produksi energi pada tubuh Anda. Kandungan mangan dalam kacang merah juga berkontribusi terhadap produksi energi di tubuh Anda (1).

6. Memperkuat Tulang

Kandungan mangan dan kalsium dalam kacang merah dapat membantu dalam mengembangkan tulang yang lebih kuat, dan dengan demikian dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis. Kandungan folatnya juga dapat mempertahankan tingkat homosistein dan mengurangi risiko patah tulang dan pinggul (1).

7. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Kacang merah merupakan sumber antioksidan yang baik. Dimana antioksidan tersebut memiliki sifat anti aging (anti penuaan dini) yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan membantu Anda dalam mencegah terjadinya penuaan dini (1).

8. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Kacang merah merupakan sumber yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Asam folat yang terkandung dalam kacang merah juga dapat berperan dalam pembentukan sel kulit baru, yang dapat bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi jerawat (1).

9. Merupakan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat berdampak buruk pada saat kelahiran bayi. Namun hal tersebut dapat Anda cegah dengan mengkonsumsi kacang merah. Kacang merah merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B, seperti folat. Dimana folat telah terbukti dapat membantu pembentukan saraf dan sel darah merah pada perkembangan janin sehingga mencegah terjadinya cacat lahir (2).

10. Membantu Menurunkan atau Menjaga Berat Badan

Manfaat kacang merah untuk diet. Kacang merah mengandung serat yang cukp tinggi yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan atau menjalani program diet. Hal ini dikarenakan serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, dan kandungannya yang rendah lemak telah menjadikannya sebagai makanan rendah kalori yang menyehatkan (3).

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam kacang merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan radikal bebas dan melindungi sel tubuh Anda. Dengan begitu kacang merah dapat membantu Anda dalam memperoleh daya tahan tubuh yang lebih baik (3).

Artikel terkait :


Peringatan dan Efek Samping Kacang Merah

Kacang merah harus dimasak sebelum dikonsumsi. Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung suatu racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Untuk mencegah hal ini Anda perlu merendam kacang merah dan membuang air rendamannya sebelum memasaknya. Gejala yang dapat Anda rasakan ketika mengkonsumsi kacang merah mentah seperti diare, pusing, mual, muntah, dan sebagainya (4).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang merah memiliki banyak manfaat, terkhususnya 11 manfaat kacang merah untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Panjang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang merah untuk kesehatan :

(1) www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-kidney-beans-for-skin-hair-and-health/#gref

(2) www.dovemed.com/healthy-living/natural-health/7-health-benefits-of-kidney-beans/

(3) www.practo.com/healthfeed/20-health-benefits-of-kidney-beans-3524/post

(4) draxe.com/kidney-beans-nutrition/

(5) image by : thefoodfairy.wordpress.com