12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang banyak ditemukan di Indonesia, terutama sebagai tanaman pagar atau pembatas kebun. Meskipun di beberapa tempat daun keji beling dianggap sebagai tanaman gulma invasif, namun tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat dimanfaatkan, terutama dalam pengobatan tradisional. Berikut ini adalah artikel mengenai berbagai manfaat daun keji beling untuk kesehatan.

Ciri-ciri tanaman daun keji beling

Tanaman ini memiliki beberapa ciri khas, diantaranya:

  • Batang basah dan tegak
  • Daun bergerigi dengan ujung runcing
  • Ukuran daun bervariasi antara 5-8 cm panjang dan 2-5 cm lebar
  • Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk oval dengan tepi bergerigi dan warnanya hijau kebiruan.

Manfaat daun keji beling untuk kesehatan

Meskipun tampilannya sederhana, daun keji beling ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang menarik. Berikut beberapa manfaat yang diyakini dapat diperoleh dari khasiat daun keji beling:

  1. Mencegah jerawat

Daun keji beling memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi jerawat.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan antibakteri pada daun keji beling dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

  1. Mengatasi kulit kering

Manfaat daun keji beling selanjutnya yaitu dapat membantu melembapkan dan menjaga kelembapan kulit.

Baca juga: manfaat daun sirih

  1. Mencegah kencing batu

Khasiat daun keji beling bersifat diuretik, yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh, sehingga berpotensi mencegah pembentukan batu ginjal.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam daun keji beling dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal, sehingga bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun keji beling mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Baca juga manfaat daun salam

  1. Memperlancar peredaran darah

Kandungan senyawa aktif dalam daun keji beling dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

  1. Mengatasi diare

Daun keji beling memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengencangkan jaringan pada saluran pencernaan, sehingga berpotensi mengurangi diare.

  1. Anti inflamasi

Daun keji beling memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. Ekstrak daun keji beling sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada kondisi seperti arthritis

  1. Antibakteri

Kandungan senyawa aktif dalam daun keji beling memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri patogen dalam tubuh. Hal ini membuatnya berguna dalam pengobatan infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran pernapasan dan infeksi kulit.

  1. Antivirus

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun keji beling memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus tertentu, termasuk virus flu.

  1. Antioksidan

Daun keji beling mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat keji beling ini dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Baca juga manfaat daun sirih merah

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum konsumsi daun keji beling

Meskipun daun keji beling memiliki sejumlah manfaat yang potensial untuk kesehatan, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakannya sebagai pengobatan, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan daun keji beling yang berasal dari sumber yang terpercaya dan membersihkannya dengan baik sebelum digunakan. Serta konsumsi daun keji beling sebaiknya dilakukan dalam batas wajar dan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu agar tidak menimbulkan efek samping kesehatan.

Daftar pustaka

https://lamongankab.go.id/beranda/puskesmas-turi/post/12826
https://onesearch.id/Record/IOS4109.9856
Ringkasan
Judul Artikel
12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat
Deskripsi
Meskipun di beberapa tempat daun keji beling dianggap sebagai tanaman gulma invasif, namun tanaman ini memiliki sejumlah manfaat, terutama dalam pengobatan tradisional. Berikut ini adalah artikel mengenai berbagai manfaat daun keji beling untuk kesehatan.
Penulis