14 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Daun sirih merah pada dasarnya merupakan tanaman herbal dan hampir mirip dengan sirih hijau yang lebih mudah dijumpai, yang membedakanya hanyalah pada warna daunnya. Tidak hanya itu, daun sirih merah juga tidak kalah bermanfaat jika dibandingkan dengan daun sirih hijau. Lalu apa saja manfaat daun sirih merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Sirih Merah
Gambar daun sirih merah via pertanian99.com

KANDUNGAN DAUN SIRIH MERAH

Daun sirih merah memiliki beberapa kandungan berupa senyawa alami yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa kandungan tersebut yaitu flavonoid, saponin, alkaloid, minyak atsiri, tanin, dan lain sebagainya. Kombinasi dari berbagai senyawa tersebut maka tak mengherankan jika daun sirih merah dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan. Manfaat Daun Sirih Merah

Berikut 14 manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Mengatasi Bau Badan

Manfaat daun sirih merah yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Seperti yang Anda ketahui bahwa bau badan disebabkan akibat aktivitas berlebih kuman dan bakteri pada permukaan kulit yang berkeringat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah secara rutin.

2. Mengobati Mimisan

Daun sirih merah memiliki suatu kandungan yang berperan dalam membantu darah yang keluar saat mimisan dapat berhenti. Adapun untuk cara pemanfaatannya adalah dengan menggulung 1 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

3. Mengobati Gusi Berdarah

Kandungan saponin, tanin, mineral, kalsium dan fosfor yang terdapat di dalam daun sirih merah mampu meradakan peradangan yang terjadi saat gusi mengalami pendarahan. Adapun langkah pemanfaatannya yaitu dengan merebus daun sirih merah tersebut, lalu minumlah selagi hangat.

4. Menjaga Kesehatan Mulut dan Memperkuat Gigi

Khasiat daun sirih merah juga dapat digunakan untuk menguatkan enamel gigi untuk mencegah pengeroposan gigi dan menghambat perkembangan bakteri di dalam mulut. Pada masyarakat Jawa sering digunakan dalam tradisi budaya nyireh atau nyirih, terutama bagi mereka yang sudah menginjak usia lanjut.

5. Menjaga Kadar Gula dalam Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang berjudul Reviews of Natural Product and Plants As Potensial Antidiabetic Dr*gs oleh Ivorra M.D, Paya M dan Villar A, senyawa aktif alkaloid yang terkandung dalam daun sirih merah memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh manusia yaitu dapat memberikan efek hiperglikemik atau mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Mengobati Luka Ringan

Daun sirih merah ternyata dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan secara alami. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan di dalamnya seperti antioksidan, alkaloid, dan juga vitamin C. Untuk penggunaannya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah, dan campur dengan 2 sendok madu. Oleskan pada area luka bakar 2 kali sehari secara teratur.

7. Mengatasi Sakit Maag

Sakit maag ternyata juga dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah. Hal ini karena adanya kandungan seperti terpenoid yang berperan penting dalam penyembuhan sakit maag. Minumlah air rebusan daun sirih merah untuk mendapatkan manfaat ini.

8. Mengobati Penyakit Prostat

Bagi Anda, terutama kalangan pria yang kini tengah mengalami masalah dengan kelenjar prostat, Anda bisa menggunakan daun sirih merah sebagai pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti tanin, saponin, dan hidroksikavicol yang dapat meregenerasi sel-sel dalam kelenjar prostat agar dapat berfungsi secara normal.

9. Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Daun sirih merah ternyata biasa digunakan dalam pengobatan tradional untuk mengembalikan organ intim wanita menjadi lebih kencang dan mengatasi kekeringan pada area genital. Selain itu, daun ini juga dapat mengatasi keputihan sebagai penyebab bau dan gatal-gatal pada area kemaluan wanita.

Artikel terkait: Manfaat Daun Sirih Hijau

Selain manfaat dan khasiat dan sirih merah untuk kesehatan yang telah disebutkan tersebut, daun ini juga memiliki beragam manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari daun sirih merah:

10. Melancarkan Buang Air Kecil

11. Mengobati Sakit Batuk

12. Mengobati Asam Urat

13. Mengobati Sariawan

14. Mencegah Stroke


PENGGUNAAN DAUN SIRIH MERAH

Pengolahan daun sirih merah biasanya disesuaikan dengan tujuan pemakainnya, misalnya saja dengan cara direbus. Air rebusan yang dikonsumsi ini dapat digunakan sebagai pengobatan herbal. Terdapat juga daun sirih merah yang dibakar sedikit saja bagiannya untuk ditempelkan pada daerah yang sakit. Selain itu, Anda juga dapat berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengobati sariawan dan bau mulut tak sedap.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kopi Hijau atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.