16 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Penggunaan minyak kelapa sangat populer sebagai pengobatan di semua bidang yang berkaitan dengan pikiran, tubuh dan jiwa. Penjelajah Eropa awal, termasuk Captain Cook, menulis tentang keindahan masyarakat di seluruh Pasifik yang menggunakan minyak kelapa sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka. Berikut ini artikel mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh.

Asal Usul Minyak Kelapa

Selama Perang Dunia II air kelapa hijau muda telah berhasil digunakan sebagai pengganti untuk menyelamatkan nyawa banyak tentara sekutu. Sedangkan setelah perang, minyak kelapa dijual sebagai mentega. Namun, ini semua berubah pada tahun 1954 meskipun telah dikenal selama hampir satu abad bahwa minyak kelapa lebih bergizi daripada minyak lainnya.

Selama beberapa dekade minyak kelapa menerima publisitas buruk karena kandungan lemak jenuh dan mengabaikan fakta bahwa beberapa lemak jenuh sebenarnya diperlukan untuk kesehatan manusia. Kini, penelitian modern telah menunjukkan bahwa tidak semua lemak jenuh pada minyak kelapa mempunyai efek buruk.

16 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Minyak Kelapa

Berikut 16 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

1. Mengobati Alzheimer Secara Alami

Pencernaan MCFA ( Medium-Chain Fatty Acid ) oleh hati menghasilkan keton yang merupakan energi yang mudah diakses oleh otak. Keton memasok energi ke otak tanpa perlu insulin untuk memproses glukosa menjadi energi.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa otak menciptakan insulin itu sendiri untuk memproses sel glukosa dan sel energI otak. Pasien Alzheimer telah kehilangan kemampuan untuk membuat itu insulin sendiri, keton dari minyak kelapa inilah yang bisa menjadi sumber alternatif energi untuk membantu perbaikan fungsi otak.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak kelapa tinggi lemak jenuh alami. Lemak jenuh tidak hanya meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda, tetapi juga membantu untuk mengubah LDL (kolesterol jahat) menjadi kolesterol baik. Dengan Meningkatkan HDL dalam tubuh, akan membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada tumbuhan, pada bagian tubuh yang terbuka dan di dalam pencernaan, Sebagai contohnya bakteri Escherichia Coli. Seringnya bakteri ini memasuki saluran kemih jalan masuk ke ureter.

Minyak kelapa telah dikenal untuk menyembuhkan UTI ( Urinary Tract Infection ) atau infeksi saluran kemih. MCFA dalam minyak kelapa berfungsi sebagai antibiotik alami dengan mengganggu lapisan lipid pada bakteri dan membunuhnya.

4. Mengurangi Peradangan dan Arthritis

Dalam sebuah penelitian di India, tingginya tingkat antioksidan hadir dalam minyak kelapa murni yang berfungsi mengurangi inflamasi dan dapat menyembuhkan arthritis lebih efektif daripada obat-obatan terkemuka. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat menekan sel-sel inflamasi yang berperan penting sebagai analgesik dan anti-inflamasi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dikenal untuk melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Asam laurat atau asam dodekanoat adalah asam lemak jenuh berantai sedang yang tersusun dari 12 atom C (wikipedia).

6. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Dalam studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging, mereka menemukan bahwa MCFA yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat mengatasi masalah memori pada mereka yang usianya lebih tua. MCFA ini dapat diserap dengan mudah oleh tubuh dan dapat diakses di otak tanpa menggunakan insulin.

7. Meningkatkan Energi dan Daya Tahan

Minyak kelapa mudah dicerna, tetapi juga menghasilkan energi lebih lama berkelanjutan dan meningkatkan metabolisme. Ketika Anda mengkonsumsi minyak kelapa murni, Anda bisa memperoleh energi yang berasal dari MCFA yang berasal dari hati.

Saat ini, banyak kalangan yang menggunakan minyak kelapa sebagai sumber bahan bakar selama pelatihan dan untuk acara jarak jauh. Anda dapat membuat bahan bakar energi sendiri dengan mencampurkan minyak kelapa, madu mentah dan biji chia bersama-sama. Sederhananya, masing-masing 1 sdm dan mengkonsumsi 30 menit sebelum latihan.

8. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat minyak kelapa untuk kulit. Minyak kelapa bermanfaat sebagai pembersih wajah, pelembab dan tabir surya, tetapi juga dapat mengobati berbagai gangguan kulit. Asam lemak (kaprilat dan laurat) dalam minyak kelapa dapat mengurangi peradangan internal dan eksternal sehingga bisa menjadi solusi yang bagus untuk semua jenis kulit.

9. Mencegah Penyakit Gusi dan Kerusakan Gigi

Minyak kelapa telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk membersihkan mulut dari bakteri dan membantu menyembuhkan penyakit periodontal. Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang paling efektif karena tinggi akan kandungan MCFA.

10. Mencegah Osteoporosis

Stres oksidatif dan radikal bebas adalah dua penyebab terbesar dari osteoporosis. Minyak kelapa kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, hal itu akan menjadi pengobatan alami untuk osteoporosis.

11. Mencegah Resistensi Insulin dan Diabetes Tipe II

MCFA dalam minyak kelapa dapat membantu menyeimbangkan reaksi insulin dalam sel dan membantu proses pencernaan yang sehat. MCFA melepas ketegangan pada pankreas dan memberikan sumber energi yang konsisten pada tubuh yang tidak tergantung pada reaksi glukosa sehingga dapat mencegah resistensi insulin dan diabetes tipe II.

12. Membantu Mengurangi Lemak

Minyak kelapa dapat membantu membakar lemak, menurunkan nafsu makan dan mengurangi lemak perut. Mengkonsumsi minyak kelapa akan memberikan kontribusi untuk menghilangkan lemak. Hal ini dikarenakan kemampuan multidimensi dari MCFA untuk mengontrol berbagai proses fisiologis.

Misalnya, di tahun 1985 sebuah studi menyebutkan, bahwa asam kaprat pada minyak kelapa menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam fungsi tiroid, membantu denyut jantung, dan membantu tubuh dalam membakar lemak untuk menghasilkan energi.

13. Perawatan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut. Minyak kelapa memiliki asam lemak yang sempurna untuk membantu memperbaiki kondisi kulit kepala (rambut kering, ketombe). Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai sampo atau sebagai kondisioner untuk semua jenis rambut.

14. Perawatan Wajah

Manfaat minyak kelapa untuk wajah. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis, minyak kelapa dapat meningkatkan tingkat antioksidan dan dapat memperlambat penuaan. Disamping itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengurangi stres pada hati dan menurunkan stres oksidatif.

15. Menyeimbangkan Hormon

Minyak kelapa secara alami juga dapat membantu menyeimbangkan hormon karena minyak kelapa mengandung asam laurat. Studi telah menemukan bahwa minyak kelapa dapat menjadi lemak yang sangat baik untuk dikonsumsi selama masa menopause dan memiliki efek positif untuk menghasilkan estrogen.

16. Membantu dalam Melawan Kanker

Ada dua kualitas yang memberikan manfaat kesehatan minyak kelapa untuk melawan kanker. Pertama, keton yang dihasilkan ketika minyak kelapa dicerna. Sel-sel tumor tidak dapat mengakses energi dalam keton dan bergantung pada glukosa. Hal ini diyakini bahwa pasien kanker dapat pulih dari penyakitnya dengan Ketogenic.

Kedua, sebagai MCFA yang mencerna dinding lipid bakteri, dapat membunuh Helicobacter pylori bakteri yang dikenal dapat mengurangi risiko kanker perut. Bahkan dalam sebuah studi, minyak kelapa diperkenalkan untuk mencegah berkembangknya kanker.


Efek Samping Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat jarang menyebabkan efek samping. Bahkan, minyak kelapa dikenal untuk mengurangi efek samping dari banyak obat. Tetapi minyak kelapa juga dapat menyebabkan alergi pada mereka yang sensitif terhadap minyak kelapa. Dalam beberapa kasus, ada produk pembersih yang berbahan baku minyak kelapa dapat menyebabkan alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat minyak kelapa untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Telur Puyuh serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat minyak kelapa :

  • draxe.com/coconut-oil-benefits/
  • www.meritfood.co.th/coconutInsightsDetail.asp?knowledgeID=21
Silahkan bagikan artikel ini melalui:
3 Comments