10 Khasiat Buah Naga Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Buah naga mengandung sekitar 60 kalori per buah dan kaya akan vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan mineral seperti zal besi, kalsium, dan fostor. Dengan kandungan buah naga seperti itu, memiliki banyak khasiat buah naga untuk kulit, rambut, dan juga kesehatan.

10 Manfaat & Khasiat Buah Naga Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Khasiat Buah Naga Untuk Kulit

Buah naga memiliki manfaat untuk kulit seperti mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, dan mengobati kulit yang terbakar matahari yang dijelaskan berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan disebabkan oleh radikal bebas yang hadir dalam tubuh kita. Dimana radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang menghasilkan kerutan. Buah naga juga merupakan sumber yang kaya antioksidan. Hal ini dapat membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan seperti pada manfaat lidah buaya, serta membuat kulit terlihat lebih muda dan halus.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat buah naga untuk mencegah penuaan dini, siapkan setengah potong buah naga dan satu sendok makan yogurt. Buatlah pasta halus menggunakan buah naga yang ditambahkan dengan yogurt, terapkan pada wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Mengatasi Jerawat

Buah naga dan manfaat bawang putih dapat memberikan manfaat untuk mengatasi jerawat, karena kaya akan vitamin C.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat buah naga untuk mengatasi jerawat, siapkan 1/4 potongan buah naga dan 3 sampai 4 bola kapas. Haluskan dulu buah naga menggunakan garpu, lalu oleskan pada jerawat menggunakan bola kapas. Untuk menerapkannya pada daerah lain, gunakan bola kapas yang baru sehingga tidak menyebarkan bakteri. Lalu bilas dengan air hangat setelah 20 menit.

3. Mengobati Kulit Yang Terbakar Matahari

Penerapan buah naga dapat membantu mengatasi kulit kemerahan dan peradangan yang disebabkan karena matahari. Hal ini karena buah naga merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Kombinasi vitamin E dan C terbukti dapat melindungi kulit terhadap sinar UV seperti pada manfaat minyak zaitun.

Khasiat Buah Naga Untuk Rambut

Buah naga memiliki manfaat untuk rambut, seperti untuk perawatan pada rambut yang diwarnai, yang dijelaskan pada berikut ini.

4. Perawatan Pada Rambut Yang Diwarnai

Rambut yang diwarnai cenderung akan rusak. Bahan kimia pada pewarna rambut juga membuat rambut kering dan kusam. Dengan menggunakan buah naga untuk perawatan rambut, dapat mengurangi beberapa kerusakan yang dilakukan karena buah naga kaya akan nutrisi.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat buah naga untuk rambut, siapkan satu buah naga, haluskan menggunaan blender untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta ini pada rambut dan kulit kepala, lalu biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan sampo ringan.

Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dapat menurunkan kolesterol, mengatasi sembelit, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan menekan arthritis yang dijelaskan pada berikut ini.

5. Menurunkan Kolesterol

Menambahkan buah naga untuk program diet merupakan ide yang tepat karena buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tidak semua lemak buruk bagi anda. Bahkan, lemak tak jenuh merupakan bagian penting dari diet seimbang. Biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda, asam omega – 3, dan omega – 6 asam lemak yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

6. Mengatasi Masalah Perut

Selain manfaat buah pepaya , buah naga dapat membantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit perut seperti gangguan pencernaan dan sembelit. Buah naga kaya akan serat dan memiliki kandungan air yang tinggi, yang membuatnya ideal untuk orang yang menderita sembelit. Hal ini juga dapat melancarkan pencernaan.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah naga dan manfaat tomat dapat mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Dimana buah naga merupakan sumber yang kaya polifenol, karotenoid, tiol, tokoferol, dan glucosinolates yang dapat membantu menurunkan gula darah.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Khasiat buah naga dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini juga dapat mengontrol kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengurangi kekakuan pada arteri, sehingga dapat menurunkan risiko serangan jantung.

9. Mengontrol Berat Badan

Buah naga merupakan buah-buahan yang rendah kalori dan tinggi serat. Karena serat tidak dapat dicerna, hal itu membuat anda kenyang lebih lama dan menghindari dari makan berlebihan. Konsumsi lah buah naga untuk program diet anda jika ingin menurunkan berat badan.

10. Menekan Arthritis

Arthritis secara langsung dapat mempengaruhi sendi sehingga menyebabkan iritasi parah dan berpengaruh pada gerak anda. Dengan menambahkan buah naga untuk program diet anda, dapat membantu anda untuk melawan penyakit ini.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa buah naga memiliki banyak manfaat, seperti khasiat buah naga untuk kulit, rambut, dan kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 17 Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.