10 Khasiat Nanas Untuk Kesehatan

Nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang tidak hanya memiliki rasa yang unik. Dimana buah nanas dapat dikonsumsi secara utuh, dimasak, dibuat jus nanas, ataupun diawetkan. Terlepas dari hal itu, buah nanas juga memberikan manfaat yang baik jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Lalu apa saja manfaat nanas untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Nanas
via pixabay.com

KANDUNGAN GIZI BUAH NANAS

Menurut USDA Food Composition Databases, nilai gizi buah nanas dengan sajian per 100g setidaknya mengandung:

  • Energi 209 kJ
  • Karbohidrat 13,12 g
  • Lemak 0,12 g
  • Protein 0,54 g
  • Vitamin C 47,8 mg
  • Mangan 0,927 mg

Disamping hal tersebut, masih terdapat beragam nutrisi lainnya hanya saja kuantitasnya tidak terlalu signifikan. Misalnya saja kandungan vitamin seperti thiamine (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin B6, dan folat (B9). Sedangkan kandungan mineralnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, sodium, dan zinc.


Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Buah nanas memiliki banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, berikut ini akan dijelaskan beberapa khasiat nanas yang bisa kita peroleh:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Satu porsi buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh manusia. Vitamin C terkait dengan mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi terhadap efek radikal bebas.

2. Mencegah Kanker

Nanas selain memiliki vitamin C, juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, yaitu beta karoten, bromelain, serta berbagai senyawa flavonoid yang kuat dalam melawan sejumlah kanker yang berbeda. Nanas secara langsung memiliki kaitan dapat mencegah kanker mulut, tenggorokan, dan payudara.

3. Melancarkan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah-buahan, nanas juga merupakan salah satu sumber yang kaya akan serat. Serat dapat merangsang pelepasan cairan lambung dan pencernaan untuk membantu larutnya makanan. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi nanas dapat melindungi anda dari sejumlah besar kondisi kesehatan, termasuk sembelit dan diare.

4. Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak begitu dikenal karena kandungan kalsiumnya, namun memiliki tingkat yang cukup tinggi atas mangan, yaitu mineral lain yang penting dalam penguatan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Dimana mangan merupakan mineral yang juga menonjol yang terdapat dalam nanas.

5. Kesehatan Mulut

Seiring dengan kandungan senyawa antioksidan yang dapat melindungi terhadap kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gusi dan gigi. Dimana buah nanas dapat menjadi astringent alami yang sangat baik untuk memperbaiki gigi yang longgar.

Artikel terkait buah-buahan tropis:

6. Kesehatan Mata

Penglihatan merupakan salah satu indra yang paling bagi manusia, dan manfaat nanas memiliki hubungan akan meningkatkannya kesehatan mata serta mencegah terjadi penurunan fungsi mata yang diakibatkan karena faktor usia. Kandungan beta karoten dalam buah nanas dapat membantu menunda masalah kesehatan seperti degenerasi makula yang dialami banyak orang tua.

7. Menjaga Tekanan Darah

Buah nanas memiliki banyak kandungan mineral, salah satunya adalah potasium. Salah satu fungsi potasium adalah sebagai vasodilator, yang berarti dapat meredakan ketegangan dari pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

Ketika pembuluh darah rileks, tekanan darah akan berkurang dan rongga pembuluh darah melebar. Hal ini dapat mencegah penggumpalan dari aliran darah yang tersumbat dan mengurangi akumulasi plak di arteri dan pembuluh. Dengan begitu dapat mencegah kondisi seperti serangan jantung dan risiko stroke.

8. Mencegah Gangguan Saraf

Buah nanas juga dapat memenuhi tubuh manusia akan zat mineral tembaga, yaitu mineral penting lainnya yang berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Tembaga merupakan elemen yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat.

Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ dan membuatnya berfungsi pada tingkat yang optimal. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan dapat mempertahankan fungsi saraf untuk mencegah gangguan saraf seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

9. Kesehatan Kulit

Vitamin C sebagai antioksidan dalam buah nanas, bila dikonsumsi secara utuh maupun dioleskan pada bagian kulit, dapat membantu dalam melawan kerusakan kulit yang disebabkan karena sinar matahari dan polusi, selain itu dapat mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Dimana vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap kulit anda.

10. Pencegahan Asma

Risiko akan berkembangnya asma akan lebih rendah kepada orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dengan jumlah tinggi. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang dapat ditemukan pada buah nanas, mangga, pepaya, brokoli, melon, labu, dan wortel.


Efek Samping Nanas

Selain manfaat buah nanas yang bisa diperoleh tersebut, sayangnya apabila terlalu banyak konsumsi buah nanas juga akan berbahaya bagi tubuh. Jika konsumsi buah nanas terlalu banyak akan membuat bibir, gusi, dan lidah mungkin akan mengalami rasa nyeri.

Kandungan bromelain pada nanas, seperti pada vitamin C, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan muntah, mual, diare, dan sakit kepala. Selain itu, bromelain juga dikenal dapat merangsang menstruasi, sehingga wanita hamil harus menghindari konsumsi nanas yang berlebihan karena dapat menyebabkan keguguran pada kasus yang jarang terjadi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah nanas memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat nanas untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya yaitu Manfaat Mangga serta kunjungi selalu situs kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
10 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
10 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Manfaat nanas untuk kesehatan yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, kesehatan tulang, kesehatan mulut, kesehatan mata, menjaga tekanan darah, mencegah gangguan saraf, kesehatan kulit, serta mencegah asma.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
One Comment