10 Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-Hari

Bawang putih adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam masakan. Selain sebagai bahan dasar masakan, khasiat bawang putih dapat diperoleh untuk kepentingan kesehatan dan kehidupan sehari-hari, karena bawang putih mengandung senyawa kimia yang masing-masing memiliki manfaat.

10 Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-Hari

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bawang Putih

Bawang putih bisa mengakhiri masalah rambut rontok karena mengandung senyawa allicin yang tinggi. Allicin merupakan senyawa sulfur yang bisa ditemukan dalam kandungan bawang putih, bermanfaat untuk secara efektif mengobati kerontokan rambut.

Artikel terkait: khasiat daun sirsak untuk kesehatan, kulit, dan rambut

Penggunaan:
Iris siung bawang putih secukupnya, lalu gosokkan pada kulit kepala, lakukan gerakan meremas untuk mendapatkan khasiat bawang putih yang optimal. Selain itu, anda juga dapat menambahkan minyak dengan bawang putih dan pijat ke kulit kepala.

2. Bawang Putih Dapat Membersihkan Jerawat

Bawang putih mungkin bukan sebagai bahan utama dalam pembuatan obat pembersih wajah, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang bagus dalam mengatasi jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri.

Penggunaan:
Agar mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengatasi jerawat yang efektif, gosok irisan bawang putih pada daerah kulit yang terdapat jerawat.

3. Bawang Putih Dapat Mencegah dan Mengatasi Flu

Bawang putih mengandung antioksidan yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Antioksidan adalah kelompok vitamin, mineral, enzim, dan rempah-rempah yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Penggunaan:
Jika terserang flu, cobalah membuat teh bawang putih, iris bawang putih secukupnya lalu masukkan dalam air panas selama beberapa menit, kemudian saring dan minum. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, bisa menambahkan sedikit madu atau jahe.

4. Mengatasi Psoriasis Dengan Bawang Putih

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bawang putih mengandung sifat anti – inflamasi, yang bisa berguna dalam mengurangi psoriasis.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat bawang putih dalam mengatasi psoriasis, cobalah menggosok minyak bawang putih pada daerah yang terkena psoriasis untuk mendapatkan kulit yang halus.

5. Mengontrol Berat Badan Dengan Bawang Putih

Selain bermanfaat untuk bumbu masakan dan juga kesehatan, bawang putih juga memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan karena kandungannya yang bisa membantu menekan nafsu makan.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam mengontrol berat badan, cobalah untuk menambahkan bawang putih setiap kali memasak.

6. Perawatan Pada Kaki

Bawang putih memiliki sifat anti – jamur, yaitu kemampuannya dalam mengatasi kaki gatal yang disebabkan karena jamur.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat bawang putih dalam perawatan kaki, rendamlah kaki ke dalam ember yang berisikan air hangat dan bawang putih yang dihancurkan.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kehidupan Sehari-Hari

7. Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih

Para peneliti masih belum yakin kenapa nyamuk tidak menyukai bawang putih. Sebuah penelitian di India, menemukan bahwa orang yang menggosok racikan bawang putih pada lengan dan kaki, dapat menjauhkan mereka dari gangguan nyamuk.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam mengusir nyamuk, buatlah larutan minyak bawang putih dengan mencampurkan petroleum jelly , dan lilin lebah untuk menjauhkan diri dari nyamuk. Atau bisa menempatkan siung bawang putih di sekitar kita.

8. Bawang Putih Digunakan Untuk Perekat Alami

Pernahkah anda merasakan rasa lengket pada jari-jari setelah memotong bawang putih? Hal ini dikarenakan bawang putih mempunyai kemampuan sebagai perekat alami, yang bisa digunakan untuk memperbaiki keretakan pada kaca.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai perekat alami, hancurkan beberapa siung bawang putih, lalu gosok pada permukaan yang retak.

9. Membasmi Hama dengan Bawang Putih

Hama tanaman tidak menyukai bawang putih, sehingga bawang putih dapat digunakan untuk membuat pestisida alami menggunakan campuran bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat bawang putih dalam membasmi hama, tuangkan campuran pestisida alami tersebut ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada tanaman untuk mengusir hama tanaman.

10. Memancing Ikan Menggunakan Bawang Putih

Ikan begitu tertarik dengan aroma bawang putih, dengan begitu anda dapat mencampurkan bawang putih yang telah di haluskan kedalam umpan pancing.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam memancing, bisa campurkan bawang putih secukupnya yang telah di haluskan, lalu di sangrai, setelah itu campurkan ke dalam umpan / pelet.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat, seperti manfaat bawang putih untuk kesehatan, dan khasiat bawang putih untuk kehidupan sehari-hari. Kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

6 Comments