9 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

Tanaman jarak, disebut juga dengan nama tanaman jarak pagar, merupakan jenis tumbuhan hijau yang biasa tumbuh liar di berbagai tempat dan musim. Seperti tanaman herbal lainnya, tanaman jarak ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, terutama bagian daunnya. Lalu apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Jarak
Gambar daun jarak via lucidcentral.org

Daun jarak memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya saja seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya. Dengan adanya berbagai kandungan tersebut dalam tanaman jarak tentu saja membuatnya sangat manfaat bagi kesehatan tubuh, serta dapat digunakan untuk pengobatan alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat Daun Jarak

Berikut 9 manfaat daun jarak bagi kesehatan:

1. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jarak yang pertama yaitu untuk mengatasi perut kembung. Perut kembung ini dapat terjadi ketika Anda mengalami masuk angin ataupun kondisi lainnya yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk menggunakan daun jarak untuk mengatasi masalah ini pun cukup mudah.

Anda cukup melayukan beberapa lembar daun jarak yang telah dicuci bersih. Kemudian oleskan daun jarak yang telah dilayukan tersebut dan dengan dicampurkan beberapa bahan alami lainnya pada permukaan punggung dan tunggu beberapa saat hingga kandungan dalam daun jarak bekerja.

2. Meredakan Nyeri Akibat Rematik

Daun jarak dapat menjadi pengobatan alternatif lain bagi Anda yang sedang mengalami rematik. Untuk penggunaannya, siapkan daun jarak sebanyak 5 hingga 8 lembar yang telah dicuci bersih. Tumbuklah hingga halus dan tambahkan sedikit air hangat ke dalamnya.

Kemudian, oleskan daun jarak yang telah ditumbuk halus tersebut pada bagian tubuh Anda yang mengalami rematik. Selain itu, ramuan in juga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah kulit lainnya seperti eksim. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

3. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Khasiat daun jarak yang satu ini tentu sangat berguna bagi Anda yang sedang mengalami susah buang air besar. Untuk penggunaannya, kukuslah beberapa helai daun jarak, lalu dapat Anda konsumsi sebagai lalapan. Cara ini sangat efektif dalam melancarkan BAB.

4. Mengobati Sariawan

Manfaat daun jarak untuk mengobati sariawan ini dapat Anda peroleh ketika digunakan bersamaan dengan getahnya. Hal ini karena keduaua bagian tanaman jarak tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi sariawan yang muncul di mulut Anda. Dengan begitu kesehatan mulut pun akan lebih terjaga.

5. Mengatasi Keputihan pada Wanita

Masalah keputihan yang banyak dialami oleh kaum hawa ini dapat menjadi permasalahan yang serius jika tidak segera diatasi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun jarak. Kandungan yang terdapat pada daun ini dapat mencegah dan mengatasi keputihan secara alami serta membuat kesehatan alat vital Anda menjadi lebih terjaga.

6. Meredakan Demam pada Anak

Manfaat daun jarak tidak hanya untuk orang dewasa, daun ini pun juga dapat bermanfaat untuk anak-anak ketika sedang menderita demam. Hal ini karena adanya kandungan alami dalam daun jarak yang dapat membantu untuk menurunkan panas demam pada Anak.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong

Selain 6 khasiat dan manfaat daun jarak untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, daun jarak masih memiliki berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari daun jarak yaitu:

7. Mengobati Kurap dan Beberapa Masalah Kulit Lainnya

8. Memperbesar Alat Vital pada Pria

9. Mempercepat Penyembuhan Luka


PERTIMBANGAN DALAM MENGGUNAKAN DAUN JARAK

Penggunaan minyak daun jarak sangat tidak dianjurkan untuk penderita kram, iritasi usus, maag, dan bagi yang baru menjalani operasi karena adanya kemungkinan dapat menimbulkan efek samping. Selain itu, meskipun dapat digunakan untuk merangsang persalinan secara alami, penggunaan minyak jarak ini juga dapat menimbulkan sensasi sedikit mual pada wanita hamil.


EFEK SAMPING DAUN JARAK

Selain dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, penggunaan daun jarak pagar yang tidak sesuai anjuran juga dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan. Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan yaitu masalah terkait pencernaan seperti diare.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat daun jarak untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Rukem atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.