9 Khasiat Daging Ayam untuk Kesehatan

Daging ayam dapat diolah menjadi beragam masakan ayam yang digemari banyak orang di seluruh dunia dan dapat dinikmati berbagai kalangan usia. Umumnya, daging ayam dapat diolah menjadi ayam kecap, ayam rica rica, ayam goreng, dan lain-lain. Daging ayam tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga sangat bergizi yang bermanfaat. Berikut manfaat daging ayam untuk kesehatan.

Manfaat Daging Ayam

Daging ayam kaya akan nutrisi, terutama protein. Namun daging ayam tidak hanya sebagai sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber yang sangat baik dari berbagai vitamin dan mineral. Dimana vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat berguna dalam menunjang berbagai aktivitas dalam tubuh kita.

Asal Usul

Ayam yang pertama kali diternakkan diyakini berasal dari India sejak ribuan tahun yang lalu, terutama untuk diadu dan lalu untuk dikonsumsi dagingnya. Setelah itu, ayam baru menyebar ke berbagai bagian lain dari Asia, Afrika, dan Eropa dan akhirnya ke Amerika.

Manfaat Daging Ayam

Berikut 9 manfaat daging ayam bagi kesehatan :

1. Kesehatan Tulang

Terlepas dari kandungan protein, daging ayam kaya akan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium, yang dapat membantu menjaga tulang dalam kondisi sehat. Daging ayam juga mengandung selenium yang telah dikenal dalam mengurangi risiko arthritis.

2. Mengurangi Stres

Daging ayam memiliki dua nutrisi yang tepat untuk mengurangi stres, yaitu tryptophan dan Vitamin B5. Keduanya memiliki efek menenangkan pada tubuh anda, sehingga dengan mengkonsumsi daging ayam merupakan pilihan yang sangat baik setelah anda melewati hari yang melelahkan.

3. Mengurangi Gejala Premenstrual syndrome (PMS)

Magnesium, merupakan nutrisi yang ada dalam daging ayam yang dapat membantu menenangkan gejala sindrom pra-menstruasi dan mengontrol perubahan suasana hati yang mungkin saja dialami seorang wanita selama masa periode nya.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging ayam yang diolah menjadi masakan sup ayam telah lama digunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi kedinginan, flu, dan infeksi pernapasan umum lainnya. Uap panas sup ayam dapat membantu melancarkan tenggorokan dan hidung yang mampet.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B6 dalam daging ayam memainkan peran penting dalam mencegah serangan jantung. Vitamin B6 dapat membantu dengan cara menurunkan kadar homosistein, yaitu salah satu komponen kunci yang terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung.

6. Membantu Menurunkan Risiko Kolesterol

Jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang terdapat dalam daging merah seperti daging sapi dan daging domba jauh lebih tinggi daripada daging ayam, ikan, dan sayuran. Oleh karena itu, American Heart Association telah menyarankan lebih baik mengkonsumsi daging ayam atau ikan, bukannya mengkonsumsi daging merah untuk tujuan menurunkan risiko kolesterol dan penyakit jantung.

7. Meningkatkan Metabolisme

Vitamin B6 (atau B-kompleks vitamin) dapat mendorong enzim dan reaksi metabolik seluler (atau proses yang dikenal sebagai Metilasi), yang berarti dengan mengkonsumsi daging ini dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat serta memberikan tambahan energi. Selain itu metabolisme juga dapat membantu membakar kalori sehingga Anda dapat mengelola berat badan yang sehat.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Daging ayam tinggi akan retinol, alpha dan beta-karoten, dan likopen, semuanya berasal dari vitamin A, dan semua nutrisi tersebut penting untuk penglihatan mata yang sehat.

9. Kaya Akan Protein

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein terbaik. Satu porsi 100g ayam panggang mengandung sekitar 31g protein, sehingga cocok bagi Anda yang ingin membentuk otot.


Tips Memilih Daging Ayam yang Segar

Daging ayam dapat memberikan manfaat yang beragam apabila diolah dengan benar, dan pemilihan daging yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi daging ayam apakah masih segar atau tidak layak konsumsi.

1. Perhatikan Warna Daging

Hindari daging ayam yang berwarna pucat, karena daging ayam yang segar cenderung berwarna merah muda. Lihat jika ayam tidak dihinggapi lalat, dapat dipastikan daging ayam tersebut mengandung bahan pengawet atau formalin.

2. Perhatikan Baunya

Seharusnya, ayam yang segar tidak memiliki bau. Jika tercium berbau bahan kimia pada ayam, dapat dipastikan bahwa ayam tersebut mengandung bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya lainnya.

3. Perhatikan Tekstur Daging Ayam

Daging ayam yang segar bentuknya akan kembali seperti semula ketika ditekan. Jika daging ayam terasa kenyal, bisa saja daging ayam tersebut mengandung bahan pengawet, serta ayam yang terlihat membengkak mungkin saja telah disuntik agar lebih berisi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daging memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daging ayam untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Yoghurt serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daging ayam untuk kesehatan :

www.thehealthsite.com/fitness/health-benefits-of-chicken-sa214/

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-chicken.html

www.activebeat.com/diet-nutrition/top-10-health-benefits-of-eating-chicken/7/

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment