10 Khasiat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Tuna termasuk dalam keluarga Skombride. Ikan Tuna memiliki tubuh bulat meruncing ke dasar ekor, ramping dan ekor bercabang atau berbentuk bulan sabit. Ikan ini umumnya berwarna gelap di sisi atas dan keperakan di sisi bawah. Berikut artikel mengenai manfaat ikan tuna untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki daging yang berwarna merah muda sampai merah tua daripada kebanyakan ikan lainnya, hal ini dikarenakan kandungan myoglobin pada otot tuna yang lebih banyak. Berikut ini beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Tuna

Berikut 10 manfaat ikan tuna bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung, yaitu meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah, dan menjaga ritme jantung.

2. Mencegah Kanker

Ikan tuna juga dapat berkontribusi untuk mencegah kanker, termasuk kanker kanker payudara, leukemia, ovarium, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain (kanker mulut, faring, kerongkongan, lambung, dan usus) karena kandungan asam lemak omega-3 yang berlimpah.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna juga dapat membantu meningkatkan fungsi fungsi kognitif otak, sehingga dapat terhindar dari penyakit degenerasi seperti Alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah dari tubuh ke otak.

Baca juga : Manfaat Ikan Salmon

4. Membantu Detoksifikasi

Selenium bersama dengan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna, merupakan unsur penting untuk memproduksi glutation peroksidase yang bermanfaat untuk kesehatan hati yang berkontribusi terhadap detoksifikasi.

5. Menjaga Kesehatan Otot

Ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot. Disamping itu juga bermanfaat bagi darah, kulit, rambut dan kuku.

6. Menurunkan Trigliserida

Trigliserida adalah konstituen utama dari lemak nabati dan hewani. Mengkonsumsi ikan tuna sekitar dua kali dalam seminggu, dapat menurunkan kadar trigliserida. Pada dasarnya tingkat HDL diharapkan lebih tinggi dari tingakat LDL. Oleh karena itu, menurunkan menurunkan tingkat trigliserida merupakan salah satu cara untuk mencapai keseimbangan kolesterol tersebut.

Baca juga : Manfaat Ikan Sarden

7. Kesehatan Mata

Beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan kasus sindrom mata kering karena banyak orang yang menghabiskan waktu mereka bekerja pada komputer dan laptop selama berjam-jam. Ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, termasuk sindrom mata kering dan gangguan penglihatan karena faktor usia lanjut. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara teratur dalam jangka panjang, Anda akan terhindar dari berbagai masalah penglihatan.

8. Meningkatkan Imunitas

DHA dalam ikan tuna juga berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Dalam suatu studi, bayi yang mengkonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki protein lebih tinggi yang bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh dibandingkan dengan bayi yang hanya minum susu formula atau susu sapi.

9. Mencegah Eksim

Menurut hasil studi Swedia, asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk kulit. Menambahkan potongan salmon atau ikan tuna ke dalam ASI bayi Anda sebelum usia 9 bulan, dapat membantu melindungi anak-anak dari risiko alergi.

10. Baik Untuk Wanita Hamil

Ikan tuna juga mengadung kalori, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak yang baik untuk kesehatan wanita yang sedang hamil. Disamping itu nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan bayi dalam kandungan.


Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Tuna

1. Ikan tuna juga mengandung suatu jenis asam amino yang disebut histidin. Perlu diperhatikan cara bagaimana kita memasak ikan tuna agar tidak menyebabkan zat histidin dalam ikan tuna tidak berubah menjadi senyawa beracun atau histamin. Histamin adalah senyawa yang mengeluarkan racun tipe scombroid dan menyebabkan alergi. Jika Anda mengkonsumsinya dalam porsi yang berlebihan, maka hal tersebut tidak akan menyehatkan tubuh.

2. Ikan tuna juga mengandung merkuri. Bagi wanita hamil, disarankan untuk mengkonsumsi ikan tuna dalam sehari tidak lebih dari 6 ons, sehingga Anda benar-benar akan merasakan manfaat dari ikan ini mulai dari lemak, daging dan minyak untuk membantu menjaga kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tuna memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Ikan Salmon serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat ikan tuna bagi kesehatan :

id.wikipedia.org/wiki/Tuna

drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/seafood/canned-tuna-benefits

www.britannica.com/animal/tuna-fish

2 Comments