8 Khasiat Ikan Teri untuk Kesehatan

Ikan teri merupakan jenis ikan air asin dari keluarga Engraulidae yang memiliki mulut besar yang hampir melebar hingga ke belakang mata dan memiliki moncong runcing. Sebagian besar lebih dari 100 spesies ikan teri hidup di laut dangkal yang memiliki kondisi tropis atau hangat. Berikut artikel mengenai manfaat ikan teri untuk kesehatan.

Manfaat Ikan Teri

Ikan teri memiliki bentuk memanjang dan transparan. Telur ikan teri mengambang di musim semi dan musim panas, kemudian menetas dalam waktu sekitar dua hari dan larvanya tenggelam ke bawah. Ikan teri muda maupun dewasa biasanya memakan plankton dan pertumbuhan mereka sangat cepat. Ikan teri dewasa memiliki ukuran 10-25 cm (4-10 inci). Berikut ini beberapa khasiat ikan teri bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Teri

Berikut 8 manfaat ikan teri bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

2. Perbaikan Sel dan Jaringan

Kandungan protein dalam ikan teri dapat membantu fungsi dan efisiensi metabolisme sel, perbaikan jaringan ikat dan pertumbuhan sel-sel baru.

3. Kesehatan Kulit

Adanya omega-3 dan selenium dapat membantu Anda mempertahankan kehalusan kulit, mencegah jerawat, dan mengurangi kemungkinan keriput yang berkaitan dengan penuaan dini. Vitamin E pada ikan teri juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga membantu mengurangi risiko kanker kulit.

4. Kesehatan Tulang

Vitamin dan mineral yang ada dalam ikan teri memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan tulang yang kuat, mencegah risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya. Kalsium dan vitamin-A yang ada dalam ikan teri dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang, serta memerangi degradasi tulang.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan teri kaya akan protein dan rendah kalori yang membuatnya ideal bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Peningkatan kadar protein sering dapat menghasilkan rasa kenyang, yang mencegah makan berlebihan, dan memberikan manfaat gizi cukup tanpa meningkatkan jumlah kalori.

6. Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam ikan teri juga dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mendapatkan vitamin A yang cukup, tubuh Anda dapat mempertahankan diri dari radikal bebas yang membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam ikan teri dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda cenderung tidak mudah sakit, aliran darah lancar dan sel-sel dapat berfungsi dengan baik.

8. Kesehatan Sel Pada Tubuh

Seiring dengan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ikan asin juga dapat menjadi obat alami yang dapat membantu menjaga sel-sel anda tetap sehat dan kuat. Makan ikan asin dapat membantu meningkatkan metabolisme sel-sel Anda dan kesehatan tubuh secara umum.


Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Teri

1. Tingginya kandungan natrium, pada ikan teri dapat menjadi faktor penyebab meningkatnya tekanan darah. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan teri secukupnya dan tidak berlebihan.

2. Beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa ikan teri cukup rentan terhadap parasit, sehingga pastikan untuk selalu membeli ikan teri dari sumber yang terpercaya memasaknya sebelum dikonsumsi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ikan teri memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ikan teri untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Jagung Putren serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat ikan teri untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-anchovies.html

www.britannica.com/animal/anchovy

www.sunsigns.org/10-health-benefits-of-anchovies/

2 Comments