8 Khasiat Kacang Kola untuk Kesehatan

Kacang kola adalah kacang yang berasal dari genus Cola, terutama dari spesies Cola acuminata dan Cola nitida. Pohon kola memiliki bunga berwarna kuning dengan bintik-bintik ungu, dan buah berbentuk bintang. Di dalam buah, tersapat sekitar selusin biji berbentuk persegi bulat atau berkembang dalam sel biji berwarna putih. Berikut artikel mengenai manfaat kacang kola untuk kesehatan.

Manfaat Kacang Kola

Kacang kola ini beraroma seperti bunga mawar dan memiliki rasa pahit akan tetapi manis setelah dikunyah. Pohon kola dapat tumbuh hingga mencapai 25 meter. Kacang kola merupakan kacang yang terdiri dari sekitar 2% kafein, serta mengandung kolanin dan theobromine. Ketiga bahan kimia tersebut berfungsi sebagai stimulan.

Asal Usul Kacang Kola

Kacang kola merupakan satu bagian penting dari praktik spiritual tradisional pada budaya dan agama di Afrika Barat, terutama Niger, Nigeria dan Liberia. Kacang kola digunakan sebagai objek selama doa, pemujaan leluhur, dan peristiwa kehidupan yang signifikan, seperti upacara penamaan, pernikahan, dan pemakaman.

Tidak hanya di Afrika, praktek kuno tersebut juga tumbuh di Amerika Serikat dan Karibia. Pada tahun 1800, seorang apoteker di Georgia, mencoba membuat produk minuman dari ekstrak kola. Hal ini dimungkinkan karena kandungan nutrisi di dalam kacang kola yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Manfaat Kacang Kola

Berikut 8 manfaat kacang kola bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kafein dalam kacang kola memiliki kemampuan untuk merangsang dan meningkatkan denyut jantung. Hal ini akan bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan karena dapat memberikan dorongan metabolisme yang lebih cepat. Hal tersebut dapat mengoptimalkan kesehatan jantung dengan mengoptimalkan metabolisme yang memiliki berbagai efek enzimatik dan fisiologis positif bagi tubuh.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kacang kola mampu meningkatkan oksigenasi ke bagian-bagian penting tertentu dalam tubuh, termasuk kulit, kaki, organ, dan bahkan otak. Inilah sebabnya mengapa kacang kola kadang-kadang disebut sebagai penguat kemampuan kognitif, seperti meningkatnya kadar oksigen dalam otak yang berkaitan dengan tingkat kognisi dan konsentrasi. Selain itu, kacang kola juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan perbaikan sel melalui peningkatan aliran oksigen dan nutrisi.

3. Kesehatan Pencernaan

Selama ribuan tahun, kacang kola telah dikonsumsi oleh bangsa asli Afrika, baik dalam upacara maupun dalam pengobatan. Bahan aktif dari kacang kola dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi, disamping itu kacang kola juga dapat mengurangi sembelit, kembung, kram, dan masalah pencernaan lainnya yang lebih serius.

Baca juga : Manfaat Kacang Almond

4. Mencegah Kanker Prostat

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal dan masih menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan, beberapa fitoestrogen dan phytoandrogens yang ditemukan dalam kacang kola disebutkan telah mampu merangsang apoptosis pada sel kanker prostat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Akar, batang, dan daun dari pohon kola memiliki senyawa volatile yang dapat mencegah infeksi bakteri tertentu dalam tubuh manusia. Infeksi bakteri ini termasuk infeksi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pernafasan, termasuk bronkitis, meningitis, dan TBC.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun kafein telah lama dikenal sebagai penekan nafsu makan untuk tingkat tertentu, ekstrak kacang kola juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu pilihan yang ideal untuk mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

7. Memberikan Tambahan Energi dan Mengurangi Kelelahan

Kacang kaya akan kandungan kafein, teofilin serta theobromine. Theophylliine dikenal dapat membantu mengendurkan otot dan melebarkan bronkiolus pada individu yang menderita bronkitis dan asma.  Kemudian theobromine, berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah dalam paru-paru. Selain itu, kandungan kafein dalam kacang kola juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan dalam jangka panjang.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan nutrisi dalam kacang kola juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan memerangi berbagai racun berbahaya. Selain itu, kacang kola dapat pula digunakan sebagai obat yang sangat efektif untuk penyakit rematik, penyakit kelamin, infeksi saluran kemih, hepatitis serta gagal jantung kongestif.


Efek Samping Mengkonsumsi Kacang Kola

Tingkat signifikan dari kafein yang ditemukan dalam ekstrak kacang kola juga dapat menjadi risiko bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap kafein. Hal tersebut dapat menyebabkan reaksi tangan gemetar, sakit perut, dan insomnia apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak terkontrol. Sehingga sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah asupan kacang kola yang aman untuk dikonsumsi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kola ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang kola untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Kemangi serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kacang kola untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/kola-nut.html

en.wikipedia.org/wiki/Kola_nut

www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-kola-nut/