13 Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi merupakan salah satu tanaman herbal yang daunnya ( daun kemangi ) biasa digunakan dalam sajian kuliner. Kemangi termasuk tanaman yang berasal dari Asia dan Afrika. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Berikut ini artikel mengenai beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi

Pohon kemangi dapat tumbuh hingga ketinggian 10 kaki, menghasilkan biji hitam dan memiliki bunga yang bervariasi warnanya, mulai dari warna hijau muda hingga hijau gelap dengan tekstur halus. Bagian yang sering dimanfaatkan dari kemangi ialah daunnya. Daun kemangi yang memiliki bau yang khas dengan kandungan minyak esensial seperti metil chavicol, eugenol dan linalool.

Manfaat Daun Kemangi

Berikut 13 manfaat daun kemangi bagi kesehatan :

1. Mencegah Diare

Adanya Komponen fitokimia dalam daun kemangi bisa melawan infeksi Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab utama diare.

2. Anti Inflamasi

Peradangan dalam tubuh biasanya terjadi karena stres oksidatif. Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi seperti adanya kandungan minyak esensial termasuk sitronelol, eugenol, dan linalool yang efektif untuk melindungi tubuh dari risiko peradangan seperti arthritis.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, daun kemangi memiliki efek yang signifikan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Komponen fitokimia dan antioksidan dalam daun kemangi dapat mencegah akumulasi kolesterol di pembuluh darah yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan aterosklerosis.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Daun kemangi sangat berguna untuk menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menjaga kenormalan tekanan darah. Daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah agregasi platelet yang dapat menyebabkan gumpalan arteri dan menghalangi aliran darah.

5. Mengobati Infeksi Telinga

Daun kemangi mengandung minyak esensial yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan infeksi di telinga.

6. Mengontrol Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Home Science at Azad University of Agriculture and Technology di India, daun kemangi memiliki efek signifikan yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mempertahankannya di tingkat normal. Fungsi ini dapat menjadi preventif bagi tubuh dalam mengatasi diabetes.

7. Mengurangi Stres Oksidatif

Beberapa studi telah melaporkan bahwa daun kemangi memiliki komponen alami yang disebut adaptogen yang dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif adalah suatu kondisi di tubuh dimana ada ketidakseimbangan radikal bebas dan anti-oksidan yang berlawanan. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan beberapa organ dan menyebabkan penyakit yang serius.

8. Mencegah Kanker

Komponen antioksidan yang tinggi dalam daun kemangi memiliki dampak yang efektif untuk melawan radikal bebas yang merupakan faktor utama penyebab kerusakan DNA yang kemudian menyebabkan pertumbuhan sel yang berlebihan yang dikenal sebagai kanker.

9. Mengurangi Resistensi Antibiotik

Tubuh kita dapat mengembangkan resistensi antibiotik karena misuse antibiotik. Daun kemangi mengandung sifat anti-bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan mengurangi resistensi antibiotik.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun kemangi mengandung Vitamin C dan fitokimia lainnya yang membawa manfaat bagi kulit Anda. Mengkonsumsi daun kemangi secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dengan membuang efek radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit.

11. Menjaga Kesehatan Hati

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food melaporkan bahwa mengkonsumsi daun kemangi secara teratur dapat meningkatkan jumlah detoksifikasi enzim dalam hati. Hal ini dapat membantu kelancaran fungsi hati dan mengurangi sel lemak bertumpuk dalam hati yang dapat menyebabkan penyakit hati.

12. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Daun kemangi mengandung beberapa jumlah serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan lebih baik dan membuat gerakan usus yang sehat. Daun kemangi juga memiliki sensasi yang menenangkan yang membuat Anda akan merasa lebih baik setelah makan, karena efeknya yang mampu meningkatkan nafsu makan dan mengurangi kram perut.

13. Mengontrol Keasaman Tubuh

Daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengendalikan keasaman tubuh dengan menyeimbangkan tingkat pH. Tingkat pH yang normal diperlukan untuk menjaga metabolisme dan fungsi beberapa hormon dan enzim. Selain itu juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena bakteri baik dalam tubuh kita hanya bisa hidup pada tingkat pH tertentu.


Efek Samping Daun Kemangi

1. Studi ilmiah menyebutkan bahwa mengkonsumsi daun kemangi secara berlebihan yang didalamnya mengandung estragole (seperti ketika menggunakan minyak esensial kemangi) dapat mengakibatkan efek beracun karena potensi karsinogeniknya.

2. Pada beberapa orang, kontak dengan tanaman segar eperti kemangi dimungkinkan dapat menyebabkan dermatitis.

3. Mengkonsumsi kemangi secara berlebihan dalam bentuk minyak esensial dapat memberikan efek narkotika, karena hal tersebuat dapat mengakibatkan sakit kepala atau gejala yang tidak menyenangkan lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kemangi ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Daun Bambu serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi khasiat daun kemangi untuk kesehatan :

drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-basil-leaves

www.botanical-online.com/basil_side_effects.htm