9 Khasiat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Rambut jagung telah digunakan oleh berbagai suku sejak zaman kuno, dan dikatakan memiliki sejumlah sifat penyembuhan. Suku asli Amerika, khususnya, telah menggunakan rambut jagung selama berabad-abad yang lalu untuk kebutuhan pengobatan. Kini, rambut jagung pun masih digunakan dan sering diolah menjadi teh rambut jagung untuk memperoleh khasiatnya. Berikut artikel mengenai manfaat rambut jagung untuk kesehatan.

Manfaat Rambut Jagung

Manfaat Rambut Jagung

Berikut 9 manfaat rambut jagung bagi kesehatan :

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Rambut jagung bekerja sebagai agen anti inflamasi untuk infeksi saluran kemih. Mengkonsumsi teh rambut jagung dapat membantu menenangkan radang pada kandung kemih dan saluran kemih. Hal ini merangsang Anda untuk buang air kecil, dengan demikian dapat mengurangi risiko perkembangan bakteri di saluran kemih.

2. Sebagai Agen Diuretik

Teh rambut jagung telah lama digunakan sebagai agen diuretik alami yang kuat. Hal ini dapat membantu membilas kelebihan air dan limbah dari dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko komplikasi yang berhubungan dengan retensi air.

3. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat rambut jagung untuk ginjal. Batu ginjal terjadi karena terlalu pekatnya kadar garam dalam urin sehingga mengendap menjadi batu dalam saluran kemih yang menyebabkan rasa sakit. Pada kasus ini, rambut jagung telah digunakan sejak zaman kuno untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

Penggunaan rambut jagung dapat meningkatkan aliran urine dan dapat mengurangi kemungkinan pembentukan sedimen di ginjal, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Namun, perlu diingat bawa penggunaannya tidak akan mengobati batu ginjal yang sudah terjadi.

4. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh rambut jagung untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Dengan begitu hal ini dapat mengurangi dampak buruk atau efek samping dari konsumsi obat obatan tekanan darah.

5. Membantu Mengontrol Tingkat Gula Darah

Manfaat rambut jagung untuk diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan di tahun 2012 dalam International Journal of Biological Macromolecules menunjukkan bahwa ekstrak rambut jagung memiliki efek pada masalah diabetes. Penelitian ini dilakukan pada tikus laboratorium yang menderita diabetes, dan hasilnya dapat menurunkan kadar gula darah.

Gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, masalah ginjal, dan diabetes. Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Nutrition and Metabolism journal menunjukkan bahwa teh rambut jagung dapat membantu generasi insulin dalam tubuh manusia.

7. Anti Inflamasi

Rambut jagung dikenal memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat. Beberapa pengguna obat tradisional memiliki pandangan bahwa rambut jagung dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit inflamasi seperti arthritis.

8. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam aliran darah dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit kritis dalam jangka panjang. Sehingga menjaga kadar kolesterol dalam darah merupakan kunci menjaga kesehatan dan terhindar dari bahaya penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan Jilin University di Cina menunjukkan bahwa konsumsi rambut jagung dapat menurunkan tingkat kolesterol yang dilakukan pada hewan pengerat sebagai uji coba.

9. Sumber akan Vitamin C

Rambut jagung juga mengandung vitamin C, yang sangat ideal untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Cara Membuat Teh Rambut Jagung

Siapkan bahan-bahan seperti berikut :

Langkah-langkah yang perlu dilakukan :

1. Rebus air
2. Ketika mulai mendidih, masukkan rambut jagung kedalam air
3. Biarkan mendidih selama beberapa menit sampai air berubah kecoklatan
4. Saring rebusan rambut jagung.
5. Anda dapat menambahkan ekstrak atau perasan buah lemon ke dalam teh untuk menambah cita rasa dan aroma pada teh ini.


Perhatian dan Efek Samping Rambut Jagung

Secara umum, mengkonsumsi teh rambut jagung adalah hal yang aman. Namun, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengkonsumsi rambut jagung untuk menghindari efek samping yang dapat terjadi.

1. Mengkonsumsi rambut jagung dapat mengakibatkan pengurangan kadar kalium dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit dan alergi.

2. Bagi ibu hamil, rambut jagung pada dasarnya aman bila dikonsumsi, dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Namun apabila dikonsumsi berlebihan, hal ini dapat merangsang rahim dan dapat menyebabkan keguguran.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jagung memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat rambut jagung untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Salak serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat rambut jagung untuk kesehatan :

www.stylecraze.com/articles/benefits-of-corn-silk/#gref

www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-140-corn%20silk.aspx?activeingredientid=140&activeingredientname=corn%20silk

picture: www.almrsal.com