12 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Kebiasaan minum air putih hangat merupakan hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Tidak hanya dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi saat bangun tidur, minum air hangat ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya di bidang kesehatan. Lalu apa saja manfaat minum air hangat di pagi hari? Berikut ulasannya.

Manfaat Minum Air Hangat
Gambar minum air hangat via mid-forties.jp

Manfaat Minum Air Hangat

Berikut 12 manfaat minum air hangat bagi kesehatan:

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat minum air hangat yang pertama yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena ketika Anda minum air hangat, cairan tersebut akan menguraikan makanan dan memecah partikel di usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan Anda pun dapat terhindar dari masalah sembelit.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta membantu memecah jaringan lemak adiposa yang ada di bawah kulit. Dengan begitu, berat badan pun akan turun secara perlahan. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan madu untuk membuatnya menjadi lebih efektif.

3. Mencegah Makan Makanan Berlebih

Setelah tidur selama berjam-jam tanpa asupan air, tubuh Anda memiliki kemungkinan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah satu hingga dua gelas air hangat. Tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi minum air hangat di pagi hari juga dapat mengisi perut Anda sehingga mencegah keinginan makan terlalu banyak di pagi hari.

4. Meringankan Nyeri Haid pada Wanita

Siapa sangka bahwa air putih hangat dapat menjadi obat alami untuk mengurangi nyeri dan mengatasi kram saat haid atau menstruasi. Hal ini karena air hangat dapat membantu memperlancar sirkulasi kapiler dan membuat otot perut menjadi lebih rileks, dan rasa sakit akibat haid pun akan berkurang.

5. Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Air hangat merupakan sarana yang tepat untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami (detoks). Ketika minum air hangat, suhu tubuh akan meningkat dan menyebabkan berkeringat. Seperti yang Anda ketahui bahwa keringat merupakan salah satu tanda bahwa proses detoksifikasi sedang berjalan.

6. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa khasiat minum air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, air hangat juga dapat membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang dapat menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda dan mencegah timbulnya penuaan dini.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat ini dapat Anda rasakan ketika Anda rutin minum air hangat di pagi hari. Jika aliran darah sehat, maka tekanan darah menjadi normal dan semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Untuk jangka panjang, hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas, Anda dapat minum air hangat yang dicampur dengan teh beraroma mint sebelum tidur. Untuk hasil yang terbaik, Anda juga dapat melakukan mandi air hangat pada sore harinya. Hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tidur Anda pun menjadi lebih nyenyak.

9. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi juga dapat diatasi dengan menggunakan air hangat. Hal ini karena air hangat dapat berfungsi sebagai antibiotik. Untuk penggunaannya, minumlah atau berkumur dengan air hangat disaat Anda merasakan sakit gigi. Lakukan secara rutin untuk hasil yang terbaik.

Artikel terkait: Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Selain 9 khasiat dan manfaat minum air hangat di pagi hari yang telah disebutkan sebelumnya, air hangat masih memiliki berbagai manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari air hangat yang dapat Anda peroleh yaitu:

10. Melegakan Hidung dan Tenggorokan

11. Menghangatkan Tubuh di Saat Kedinginan

12. Mengatasi Masalah Bau Mulut


TIPS MINUM AIR HANGAT

Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mulai mengonsumsi air putih hangat. Misalnya saja seperti air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air yang dimaksud tentunya sudah melalui proses pemasakan yang tepat sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Selain air hangat yang murni (tanpa campuran apapun), Anda juga dapat mencampurnya dengan beberapa perasan jeruk lemon segar agar semakin menyehatkan tubuh. Untuk mengatasi kondisi tertentu, air hangat dapat dicampur dengan menggunakan bahan-bahan lainnya.

Artikel terkait: Manfaat Minum Kopi

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat minum air hangat untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu manfaat daun sukun atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: