12 Khasiat Beras Kencur untuk Kesehatan

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, tidak pahit seperti jamu kebanyakan lainnya, jamu beras kencur juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk kesehatan pria maupun wanita. Berikut artikel mengenai manfaat beras kencur untuk kesehatan dan cara membuatnya.

Manfaat Beras Kencur
Beras kencur via spirit.web.id

Manfaat Beras Kencur

Berikut ini 12 manfaat beras kencur bagi kesehatan :

1. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat beras kencur yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, terutama bagi Anda yang sering mengalami migrain. Hal ini dikarenakan rasa hangat dan pedas yang terdapat dalam jamu beras kencur dapat memberikan efek meredakan sakit kepala.

2. Pelangsing Tubuh yang Alami

Beras kencur dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih langsing. Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi jamu beras kencur dengan diimbangi berolahraga secara rutin untuk memperoleh berat badan yang ideal secara lebih cepat.

3. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Khasiat beras kencur juga dapat digunakan dalam mencegah timbulnya jerawat yang dapat mengganggu penampilan Anda. Oleh karena itu, jamu beras kencur sangat ideal dikonsumsi bagi wanita atau Anda yang ingin mencegah atau mengatasi jerawat untuk menjaga penampilan.

4. Mengobati Masuk Angin

Memiliki efek yang dapat menghangatkan tubuh, membuat beras kencur dapat digunakan untuk mengobati masuk angin. Mengkonsumsi beras kencur secara rutin dengan dosis secukupnya dapat membuat tubuh Anda kembali lebih bugar dan sehat.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Khasiat beras kencur dipercaya dapat melegakan tenggorokan dan dapat membantu mengeluarkan lendir-lendir yang menempel pada tenggorokan. Selain itu, khasiat beras kencur ini juga dapat mengobati rasa sakit dan rasa gatal pada tenggorokan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

6. Mengobati Sariawan

Manfaat beras kencur yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan kencur dapat meberikan rasa hangat. Untuk mengobati sariawan dengan beras kencur, Anda hanya perlu meneteskan sedikit cairan jamu beras kencur pada permukaan bibir yang terkena sariawan.

7. Meredakan Rasa Nyeri

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam beras kencur mampu meredakan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh yang Anda alami. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai analgesik, yang dapat meredakan pegal-pegal dan rasa nyeri pada tubuh.

8. Mengatasi Sakit Maag

Manfaat jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag tanpa efek samping. Suatu kandungan nutrisi yang terdapat dalam beras kencur dapat menebalkan dinding lambung, yang selanjutnya dapat mencegah dan mengatasi maag.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh

Mengkonsumsi beras kencur secara rutin diyakini dapat membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan bugar setelah melakukan aktivitas yang berat, atau bagi Anda yang seorang pekerja kantoran dengan jadwal kerja yang padat. Minumlah jambu beras kencur ini sebelum tidur untuk memulihkan stamina tubuh ketika bangun tidur.

10. Mengobati Perut Mulas

Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mulas pada perut secara alami. Meskipun beberapa jenis jamu terkenal karena memiliki rasa yang pahit, jamu beras kencur memiliki rasa yang manis. Selain itu rasa yang sedikit pedas dan hangat pada jamu beras kencur ini juga dapat membantu Anda meredakan perut mulas.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan dari jamu beras kencur ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya juga berperan penting dalam menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang sulit makan.

12. Menurunkan Kolesterol

Suatu senyawa yang terdapat dalam beras kencur dapat bermanfaat dalam melancarkan aliran empedu. Dimana cairan empedu ini dapat berperan penting dalam menjaga kelancaran penyerapan makanan yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat jamu beras kencur:

Berikut langkah-langkah membuat jamu beras kencur:

  1. Cucilah beberapa bahan hingga bersih, seperti kencur, kunyit, jahe, dan daun pandan.
  2. Rendam beras yang telah dicuci selama 3 jam.
  3. Siapkan panci yang telah ditambahkan air bersih dan hidupkan kompor dengan api sedang.
  4. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit, dan gula jawa ke dalam panci.
  5. Aduklah bahan-bahan tersebut hingga merata, dan tunggu hingga mendidih.
  6. Saring air rendaman tersebut (jangan dibuang).
  7. Ampas yang telah disaring tersebut kemudian ditumbuk halus bersamaan dengan kencur dan beras yang telah dipersiapkan.
  8. Bahan-bahan yang telah ditumbuh halus tersebut kemudian di letakkan di atas saringan.
  9. Siram dengan air rebusan dari panci pertama yang telah dipisahkan dengan ampas agar rasa dan aroma beras kencur lebih terasa.
  10. Tambahkan air jeruk nipis yang telah diperas ke dalam air siraman tersebut.
  11. Tambahkan garam secukupnya.
  12. Jika Anda lebih menyukai rasa manis, Anda dapat menambahkan gula pasir secukupnya.
  13. Jamu beras kencur siap dihidangkan.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jamu beras kencur memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat beras kencur untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Daun Binahong atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
3 Comments