10 Khasiat Biji Wijen untuk Kesehatan

Wijen merupakan tanaman yang memiliki tinggi yang bervariasi, pada umumnya sekitar 60 hingga 120 cm. Apabila buahnya sudah masak dan mengering, bijinya akan mudah terlepas ke luar. Biji wijen berbentuk seperti buah alpukat tapi berukuran kecil, berwarna putih, kuning, coklat, merah muda, atau hitam. Berikut artikel mengenai manfaat biji wijen untuk kesehatan.

Manfaat Biji Wijen

Biji wijen pada umumnya banyak ditambahkan  sebagai pelengkap salad, topping untuk roti, kerupuk, sushi, kue, sup, masakan ikan dan daging, dan lain-lain. Disamping itu, kandungan nutrisi biji wijen juga membuatnya populer untuk dikonsumsi.

Asal Usul Biji Wijen

Biji wijen merupakan biji-bijian yang berasal dari tumbuhan wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Biji wijen telah dianggap sebagai tanaman biji berminyak tertua di dunia dan telah dibudidayakan selama lebih dari 3.500 tahun. Biji wijen berasal dari Afrika dan India, yaitu tempat dimana tanaman ini masih dibudidayakan secara luas hingga sekarang.

Manfaat Biji Wijen

Berikut 10 manfaat biji wijen bagi kesehatan :

1. Mengatur Tekanan Darah

Minyak alami dari biji wijen bermanfaat untuk mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan membantu mencegah berbagai kondisi jantung. Selanjutnya, magnesium yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Kanker

Vitamin, mineral, kandungan fitat, dan efek anti-karsinogenik yang kuat dari magnesium dalam biji wijen dapat berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi dampak dari radikal bebas, yaitu produk berbahaya dapat menyebabkan berbagai macam kanker kanker dan menyebabkan kondisi lain seperti penyakit jantung, penuaan dini, dan kerusakan kognitif. Biji wijen diyakini dapat mencegah kanker leukemia, payudara, paru-paru, pankreas, usus, dan kanker prostat.

3. Membantu Menyembuhkan Diabetes

Magnesium yang terkandung dalam biji wijen sangat bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan diabetes, dimana minyak biji wijen dapat mempengaruhi dampak dari berbagai obat diabetes seperti glibenclamide pada pasien yang menderita diabetes tipe 2. Hal ini akan meningkatkan fungsi obat diabetes, kemudian mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga membantu untuk menyembuhkan gejala diabetes.

4. Kesehatan Tulang

Kandungan seng, kalsium, dan fosfor yang ditemukan dalam biji wijen dapat mendorong kesehatan tulang tubuh Anda. Mineral ini merupakan bagian integral dalam menciptakan materi tulang baru dan memperkuat dan memperbaiki tulang yang mungkin melemah akibat cedera atau kondisi tulang lainnya seperti osteoporosis.

5. Kesehatan Pencernaan

Biji wijen juga mengandung serat yang dapat merangsang gerak peristaltik makanan melalui usus halus. Hal ini dapat mengurangi kondisi seperti sembelit, serta diare, sekaligus melindungi kesehatan usus Anda dan mengurangi kemungkinan penyakit gastrointestinal dan kanker.

Serat juga bekerja untuk jantung Anda dengan mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dari arteri dan pembuluh darah, sehingga melindungi tubuh dari aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

6. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Tingginya kandungan tembaga dalam biji wijen memiliki sejumlah fungsi yang berharga, termasuk mengurangi peradangan pada sendi, tulang, dan otot serta memperkuat dinding pembuluh darah.

Disamping itu, tembaga juga diperlukan untuk penyerapan zat besi yang merupakan komponen kunci dari hemoglobin, sehingga dapat memaksimalkan sirkulasi dan memastikan bahwa sistem organ dari seluruh tubuh menerima cukup oksigen agar dapat bekerja dengan baik.

7. Perlindungan Terhadap Radiasi

Biji wijen mengandung salah satu senyawa organik yang disebut disebut sesamol yang berfungsi melindungi DNA dari efek berbahaya radiasi. Dengan melindungi DNA dari radiasi, biji wijen dapat meningkatkan kekuatan dan mengurangi kemungkinan tertular bentuk lain dari kanker akibat mutasi sel.

8. Kesehatan Mulut

Minyak biji wijen memiliki efek antibakteri dan zat yang yang berguna bagi kesehatan mulut. Disamping itu, juga dapat mengurangi kehadiran bakteri Streptococcus yaitu bakteri umum yang dapat membahayakan rongga mulut Anda.

9. Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji wijen kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang berfungsi memperkuat jaringan otot, rambut, dan kulit. Selain itu, minyak biji wijen telah terbukti dapat mengurangi munculnya luka bakar dan masalah lainnya di kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

10. Fungsi Metabolik

Biji wijen mengandung jumlah protein yang tinggi yang dapat menambah kekuatan tubuh secara keseluruhan, pertumbuhan sel sehat, mobilitas, tingkat energi dan fungsi metabolisme tubuh.


Efek Samping Mengkonsumsi Biji Wijen

1. Mengkonsumsi biji wijen secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Biji wijen dapat mempengaruhi kesehatan usus Anda dengan menyebabkan diverticulitis, yaitu suatu kondisi dimana kantung pada usus besar mengalami peradangan atau infeksi.

2. Biji wijen juga tinggi akan kalori dan lemak jenuh yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu program diet Anda dan membuat berat badan Anda tidak seimbang.

3. Alergi adalah efek samping lain yang umum dari asupan biji wijen , seperti masalah pencernaan, radang mata, pilek, asma, dll. Sehingga bagi Anda yang sensitif terhadap biji-bijian agar lebih hati-hati untuk mengkonsumsi biji wijen.

4. Bagi wanita hamil dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi biji wijen karena pada kasus tertentu biji wijen dapat menyebabkan keguguran.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa wijen memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat biji wijen untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Daun Pepaya serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat biji wijen bagi kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/sesame-seeds.html

www.stylecraze.com/articles/serious-side-effects-of-sesame-seeds/#gref

id.wikipedia.org/wiki/Wijen

One Comment