8 Khasiat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Kayu putih merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih. Daun dan rantingnya diekstrak untuk mendapatkan minyak kayu putih. Berikut artikel mengenai manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Kayu Putih

Komponen utama minyak kayu putih antara lain; caryophyllene, Alpha pinene, Beta pinene, limonene, Alpha terpinene, Alpha Terpineol, Gamma terpinene, Terpinolene, Terpineol, Cineole, simen, Linalool, dan Myrcene. Berikut ini beberapa manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan.

Manfaat Minyak Kayu Putih

Berikut 8 manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan :

1. Sebagai Antiseptik dan Bakterisida

Minyak kayu putih sangat efisien dalam memerangi infeksi dari bakteri, virus, dan jamur, seperti tetanus (bakteri), influenza (virus) dan penyakit menular seperti kolera dan tipus.

2. Sebagai Insektisida

Minyak kayu putih juga bermanfaat untuk membunuh dan mengusir serangga. Sifat insektisida dari minyak kayu putih dapat mengusir nyamuk, semut, dan berbagai jenis hama lainnya.

3. Sebagai Dekongestan dan Ekspektoran

Minyak kayu putih dapat membantu mengurangi gangguan di hidung, tenggorokan, dan organ pernapasan lainnya serta untuk batuk, infeksi, dan peradangan yang berasal dari tenggorokan dan saluran pernafasan seperti radang tenggorokan (laring), faringitis (faring) dan bronkitis (bronkus).

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun

4. Sebagai Stimulan dan Sudorific

Minyak kayu putih dapat merangsang organ yang memberikan efek pemanasan, meningkatkan sirkulasi, dan mengaktifkan sekresi. Selain itu minyak kayu putih juga dapat merangsang kelenjar Eccrine dan menghasilkan keringat yang bertujuan menghilangkan racun dari tubuh.

5. Sebagai Analgesik Alami

Minyak kayu putih dapat mengurangi perasaan nyeri, sakit pada sendi, sakit kepala, dan otot-otot yang mungkin disebabkan karena demam dan pilek.

6. Sebagai Kosmetik dan Tonic Bagi Kulit

Minyak kayu putih dapat menghaluskan, mencerahkan kulit dan menjaga kulit dari infeksi. Disamping itu, minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai tonic bagi kulit.

7. Kesehatan Pencernaan

Minyak kayu putih memiliki sifat karminatif yang bermanfaat untuk membatasi pembentukan gas dan membantu untuk menghilangkan gas yang telah terbentuk di dalam usus.

8. Antineuralgic

Neuralgia adalah kondisi dimana tenggorokan, telinga, amandel, pangkal hidung, laring, dan faring dan sekitarnya terasa sakit. Nyeri ini disebabkan oleh kompresi Glossopharyngeal atau gangguan saraf kranial kesembilan, sehingga menyebabkan kesulitan dalam mengunyah, makan, tertawa, berteriak atau melakukan gerakan lain di wilayah tersebut. Dalam hal ini, minyak kayu putih dapat mengurangi dan menghilangkan tekanan pada saraf kranial kesembilan, serta menyembuhkan rasa sakit.


Efek Samping Minyak Kayu Putih

Meskipun tidak ada ancaman serius yang ditemukan terkait dengan minyak kayu putih, mengkonsumsi minyak kayu putih dalam jumlah besar atau aplikasi dalam bentuk yang sangat terkonsentrasi masih dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya memanfaatkan minyak kayu putih hanya pada dosis ringan atau secukupnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kayu putih memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Biji Wijen serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat minyak kayu putih bagi kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/benefits-of-cajuput-essential-oil.html

id.wikipedia.org/wiki/Kayu_putih

One Comment