11 Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan

Mint, juga dikenal sebagai mentha, sebenarnya adalah sebuah genus atau kelompok dari sekitar 15-20 spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint. Minyak mint sering digunakan dalam pasta gigi, permen, dan produk kecantikan. Sedangkan daun mint segar maupun kering dapat digunakan untuk hidangan teh dan makanan. Berikut artikel mengenai manfaat daun mint untuk kesehatan.

Manfaat Daun Mint

Terdapat berbagai jenis tanaman mint, dan tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian 10 sampai dengan 120 cm. Mint telah menjadi andalan untuk hidangan masakan tertentu dalam waktu yang lama. Seperti semua tumbuhan, mint lebih baik digunakan ketika masih segar daripada mint kering. Jika anda ingin membuat jus dengan menambahkan mint, lebih baik anda menambahkannya dengan daun mint yang masih segar.

Manfaat Daun Mint

Berikut 11 manfaat daun mint bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Salah satu manfaat daun mint yang utama adalah daun mint dapat membantu pencernaan dan membantu menghilangkan sakit perut. Mint memiliki aroma yang lembut, sehingga dapat menenangkan perut. Aroma dapat memicu mulut untuk menghasilkan lebih banyak air liur dan enzim pencernaan, dengan begitu daun mint dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

2. Membantu Menangani Mual dan Sakit Kepala

Aroma yang kuat dan menyegarkan dari mint dapat menjadi obat yang cepat dan efektif dalam mengatasi mual. Balsem dengan bahan dasar mint atau minyak mint, ketika digosok pada dahi dan hidung, dapat memberikan bantuan dalam menangani kasus sakit kepala.

3. Meringankan Asma

Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi mint dapat meringankan gejala asma. Para ilmuan juga percaya bahwa penggunaan mint secara rutin dapat bermanfaat bagi pasien penderita asma. Namun, jangan berlebihan dalam menggunakan mint, karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Kesehatan Mulut dan Gigi

Salah satu manfaat kesehatan dari daun mint adalah untuk kesehatan gigi. Mint dapat menyegarkan napas anda, terutama ketika anda baru saja mengkonsumsi bawang putih. Mint dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan membersihkan gigi serta lidah.

5. Membantu Menghilangkan Lendir

Mint merupakan ekspektoran. Mint dapat mendorong tubuh untuk menghilangkan lendir dari saluran pernapasan, paru-paru, bronkus dan trakea.

6. Mengurangi Gejala Alergi

Tanaman mint mengandung antioksidan dan agen anti inflamasi yang disebut asam rosmarinic yang telah dipelajari untuk keefektifitasan-nya dalam mengurangi gejala alergi musiman, sehingga menjadikannya sebagai pengobatan alami yang menjanjikan.

7. Membantu Mengobati Pilek

Mint mengandung mentol, dekongestan aromatik alami yang membantu dalam memcah dahak dan lendir, sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya. Menthol juga memiliki efek pendinginan dan dapat membantu meringankan sakit tenggorokan, terutama bila dikombinasikan dengan teh. Baca juga: Manfaat Teh Hijau

8. Mendinginkan Kulit

Ketika dioleskan dengan minyak, salep, atau lotion, mint memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit yang terkena gigitan serangga, ruam, ataupun reaksi lainnya.

9. Bagi Ibu Menyusui

Meskipun ASI dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bayi dan orang tua, menyusui dapat menyebabkan rasa sakit dan lecet pada bagian puting. Studi yang dipublikasikan dalam Breast Feeding Internasional Journal menunjukkan bahwa mengkonsumsi air yang mengandung peppermint dapat membantu mencegah lecet pada puting.

10. Membantu Mengurangi Berat Badan

Manfaat daun mint untuk diet. Mint dapat menjadi stimulan, mint dapat merangsang enzim pencernaan yang menyerap nutrisi dari makanan dan konsumsi lemak dan mengubahnya menjadi energi. Oleh karena itu, dengan menambahkan mint dalam diet anda, dapat membantu anda mengurangi berat badan.

11. Mencegah Risiko Kanker

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa enzim tertentu yang dapat ditemukan dalam kandungan mint dapat membantu dalam mencegah dan membantu dalam mengobati kanker.


Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Daun Mint

1. Pada dasarnya mint tidak memiliki efek samping. Namun, jika anda memiliki alergi terhadap tanaman herbal lain seperti oregano ataupun kemangi, anda mungkin saja juga alergi terhadap mint.

2. Meskipun mint dapat menjadi pereda rasa mulas, namun dalam beberapa kasus, mint dapat menyebabkan gejala sakit perut menjadi lebih buruk.

3. Jika anda merasakan gejala efek samping setelah mengkonsumsi mint, lebih baik berhenti mengkonsumsinya lalu segera lah konsultasi dengan dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa mint memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat daun mint untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Kesemek serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat daun mint untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-mint.html

www.medicalnewstoday.com/articles/275944.php

www.healthy-juicing.com/health-benefits-of-mint-leaves/

3 Comments