9 Khasiat Biji Rami untuk Kesehatan

Biji rami atau flaxseed merupakan salah satu makanan yang padat nutrisi, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat biji rami untuk kesehatan yaitu dapat membantu mencegah kanker, kesehatan pencernaan, mengurangi kolesterol tinggi, mengontrol diabetes, dan sebagainya yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Manfaat Biji Rami

Kandungan Gizi Biji Rami

Berdasarkan healthbeckon, biji rami kaya akan vitamin dan mineral, dimana kandungan utama pada biji rami adalah asam lemak omega 3, lignan, dan serat. Selain itu, biji rami rendah akan karbohidrat, sehingga ideal untuk Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet.

Manfaat Biji Rami

Berikut 9 manfaat biji rami bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam biji rami dapat memberikan perlindungan terhadap kanker, sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa biji rami dapat secara signifikan dapat menurunkan risiko berkembangnya sel kanker payudara, prostat, dan usus besar.

Biji rami mengandung alpha-linolenic acid (ALA), yaitu asam lemak omega 3, yang dapat menghambat timbulnya tumor dan pertumbuhan serta penyebaran kanker. Mengkonsumsi biji rami juga dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada penderita kanker payudara.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Biji rami mengandung serat larut dan tidak larut. Serat yang hadir dalam biji rami dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui usus. Selain itu, serat pada biji rami juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

3. Mengurangi Kolesterol Tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji rami secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Hal ini dikarenakan biji rami mengandung asam lemak omega 3, serat, dan lignan, yang bekerja sama untuk mengurangi kolesterol.

4. Mengontrol Diabetes

Beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa mendapat asupan harian akan makanan yang kaya kandungan lignan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini disebabkan karena penurunan stres oksidatif yang disebabkan oleh tingkat antioksidan yang tinggi.

5. Membantu Mengatasi Peradangan

Peradangan sebagian besar disebabkan karena kekurangan asam lemak omega-3. Dimana asam lemak omega 3 merupakan nutrisi kunci untuk memerangi peradangan dalam tubuh. ALA dan lignan yang dapat ditemukan di dalam biji rami dapat mengurangi peradangan dengan menghalangi pelepasan agen pro-inflamasi tertentu.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam biji rami dapat mempercepat penyembuhan luka, karena biji rami dikenal karena tingkat anti inflamasinya yang tinggi. Anda dapat meminimalkan terjadinya iritasi kulit, ruam, dan inflamasi atau peradangan dengan mengkonsumsi biji rami secara teratur.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dalam biji rami dapat meningkatkan elastisitas rambut dan membuatnya tahan terhadap kerusakan. Hal ini membuat rambut Anda lebih kuat. Selain itu, sifat anti inflamasi dari biji rami dapat mengurangi kemungkinan mengalami berketombe, eksim, dan kondisi kulit kepala lainnya.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Alpha linolenic acid (ALA) dan juga lignan yang terkandung dalam biji rami dapat meningkatkan respon imun dalam tubuh dan dapat mencegah terhadap penyakit inflamasi seperti psoriasis, radang sendi, serta lupus

9. Melembabkan Kulit

Kulit kering dapat menyebabkan beberapa kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan tanda-tanda penuaan. Asam lemak esensial dalam biji rami dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Selain itu, asupan reguler biji rami juga dapat meningkatkan produksi minyak alami dalam tubuh, yang dapat menjaga kulit bayi tetap lembut.

Baca juga :

Peringatan dan Potensi Efek Samping dari Mengkonsumsi Biji Rami

Meskipun penelitian tentang mengkonsumsi biji rami selama kehamilan masih minim, sebaiknya ibu hamil perlu menghindari dalam mengkonsumsi biji rami karena sifatnya yang seperti estrogen, yang dipercaya para dokter dapat mempengaruhi hasil kehamilan.

Efek samping yang berhubungan dengan konsumsi biji rami meliputi perut kembung, sakit perut, mual, sembelit, diare, dan kembung.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa rami memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat biji rami untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Melon serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat biji rami untuk kesehatan :

www.healthbeckon.com/flax-seeds-benefits/

www.webmd.com/diet/features/benefits-of-flaxseed#4

www.medicalnewstoday.com/articles/263405.php?page=2

draxe.com/10-flax-seed-benefits-nutrition-facts/

www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-flaxseed.html

image by : balarama.lt