10 Khasiat Jagung untuk Kesehatan

Jagung ( Zea mays ) merupakan salah satu tanaman pangan yang terpenting di dunia, selain kentang, gandum, dan beras. Jagung dapat digunakan langsung sebagai makanan, sebagai pakan ternak, tanaman biogas, untuk memproduksi bahan bakar, dan sebagai dasar untuk pembuatan berbagai macam produk. Hal yang paling menarik ialah bahwa jagung tidak hanya memiliki kegunaan dan rasanya yang lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi sehingga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat jagung bagi kesehatan.

Sejarah / Asal Usul Jagung

Penduduk asli Amerika mempercayai bahwa tumbuhan ini berkembang dari rumput liar yang disebut teosinte, yang memiliki kernel kecil. Para peneliti percaya bahwa jagung dikembangkan oleh orang-orang asli Meksiko, 5000 tahun yang lalu.

Dari Meksiko, jagung menyebar ke bagian lain dari Amerika dan setelah penemuan Amerika oleh Columbus, orang-orang Eropa juga datang untuk mengetahui tentang jagung dan mulai mengolahnya. Sekarang, jagung merupakan salah satu makanan pokok di banyak negara di seluruh dunia.

10 Manfaat Jagung untuk Kesehatan & Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Manfaat Jagung

Berikut 10 manfaat jagung untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Masalah Pencernaan

Jagung termasuk tumbuhan tinggi serat yang terdiri dari serat larut dan tidak larut. Serat larut bermanfaat untuk memblokir penyerapan kolesterol menjadi konsistensi seperti gel. Sedangkan serat tidak larut mencegah sembelit dan masalah usus sehingga mengurangi kemungkinan Irritable Bowel Syndrome dan diare.

2. Meningkatkan Energi

Jagung merupakan sayuran yang mengandung tepung karena mengandung karbohidrat tinggi yang menyediakan energi jangka pendek dan energi jangka panjang. Jagung juga memastikan berfungsinya otak dan sistem saraf. Satu cangkir jagung mengandung sekitar 29 gram karbohidrat.

Hal ini sangat bermanfaat untuk para atlet karena mereka memerlukan lebih banyak karbohidrat untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung juga merupakan tumbuhan dengan karbohidrat kompleks yang akan dicerna dengan lambat, sehingga menghasilkan tingkat energi yang seimbang.

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kolesterol diproduksi oleh hati dan umumnya ada dua jenis kolesterol, kolesterol HDL (kolesterol baik) dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Jagung manis kaya akan vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

Minyak jagung juga memiliki efek antiatherogenic yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol sehingga mencegah aterosklerosis dan bahaya radikal bebas di seluruh tubuh.

4. Mengatasi Diabetes Dan Hipertensi

Jagung organik telah terbukti efektif dalam mengurangi tanda-tanda diabetes. Mengkonsumsi biji jagung secara teratur akan melindungi dari hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung dan membantu dalam pengelolaan Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Nutrisi tersebut berfungsi mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan dan menyembuhkan diabetes.

5. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Kernel kuning jagung mengandung karotenoid yang berfungsi mengurangi risiko degenerasi makula (gangguan penglihatan di pusat garis pandang). Beta-karoten yang terkandung dalam jagung juga akan membantu dalam memproduksi vitamin A, sehingga meningkatkan daya lihat menjadi lebih baik.

6. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Jagung kaya akan asam folat, oleh karena itu sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan gangguan berat badan dan juga menyebabkan cacat saat lahir. Namun demikian untuk takaran konsumsinya disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Jagung merupakan tumbuhan yang menjadi sumber dari timin, yaitu unsur yang tidak terpisahkan dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi serta sel otak (fungsi kognitif). Hal ini juga diperlukan untuk sintesis asetilkolin, yaitu sebuah neurotransmitter yang penting untuk memori.

8. Memelihara Kesehatan Kulit

Jagung kaya akan beta-karoten yang membentuk vitamin A yang sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit. Vitamin C dan lycopene pada jagung juga merupakan antioksidan potensial yang dapat mencegah UV dan meningkatkan produksi kolagen yang membantu memelihara kelembutan kulit.

9. Mencegah Masalah Kulit

Kandungan pati dalam jagung sering digunakan sebagai bahan dalam banyak produk kosmetik. Selain itu, pati jagung ini juga dapat digunakan untuk meredakan ruam kulit dan iritasi dengan cara dioleskan pada kulit yang sedang bermasalah.

10. Mencegah Rambut Rontok dan Kering

Minyak jagung terdiri dari kombinasi asam lemak dan vitamin E. Minyak jagung ini dapat membantu menjaga folikel rambut dan mencegah penuaan dini. Antioksidan dan kandungan vitamin K dalam jagung juga efektif dalam mengatasi rambut rontok dan rambut kering serta mencegah kerusakan sel-sel kulit kepala.


Efek Samping Mengkonsumsi Jagung Scara Berlebihan:

Jagung merupakan sumber yang baik dari serat dan nutrisi penting lainnya yang membantu dalam membuang racun buruk dari tubuh. Tetapi berlebihan mengkonsumsi jagung juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, yaitu dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan perut kram.

Jagung mengandung kaya karbohidrat dan zat gula. Mengkonsumsi jagung terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Orang yang sedang diet disarankan untuk menghindari konsumsi jagung.

Jagung juga banyak mengandung zat pati. Pati ini dapat menyebabkan kantuk dan kelesuan apabila mengkonsumsi jagung secara belebihan, oleh karena itu dianjurkan mengkonsumsi jagung dengan makanan lain yang mengandung gizi seimbang.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa jagung memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jagung untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Kentang serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Sumber:

  • www.stylecraze.com/articles/benefits-of-corn-for-skin-hair-and-health/
  • www.stylecraze.com/articles/10-surprising-side-effects-corn/
  • www.seedguides.info/corn/

 

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
3 Comments