10 Khasiat Kentang untuk Kesehatan

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan tanaman pangan terbesar keempat di dunia setelah beras, gandum, dan jagung. Kentang dapat disiapkan dalam berbagai cara, seperti dipanggang, digoreng, diiris, ditumbuk, dan banyak lagi, sampai saat ini terdapat olahan kentang yang populer, seperti donat kentang dan kentang goreng. Begitu banyak kandungan gizi kentang sekaligus manfaat kentang bagi kesehatan membuatnya menjadi makanan yang digemari banyak orang.

Sejarah

Menurut sejarahnya, kentang berasal dari benua Amerika dan kemudian diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1565, sedangkan di Indonesia kentang dikenal sejak tahun 1794 dimulai dengan penanaman di daerah Cimahi.

Kentang dapat tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl sampai 2000 mdpl pada tanah humus. Pada zaman sekarang, kentang telah menjadi salah satu makanan yang paling populer di dunia.

10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kentang

Berikut 10 khasiat kentang untuk kesehatan yang bisa diperoleh.

1. Mengontrol Berat Badan

Kentang terbuat dari karbohidrat dan mengandung protein yang sedikit. Hal ini dapat membantu mereka yang terlalu kurus, yang ingin menambah berat badan. Kandungan vitamin termasuk vitamin-C dan vitamin B-kompleks, juga dapat membantu dalam penyerapan karbohidrat.

2. Membantu Pencernaan

Kentang kaya akan karbohidrat sehingga kentang mudah dicerna dan dapat memperlancar pencernaan. Hal ini sangat baik untuk mereka yang tidak bisa mencerna makanan keras, tetapi membutuhkan energi.

Kentang juga mengandung serat, terutama kentang mentah yang telah direbus atau dipanaskan. Hal ini akan merangsang gerak peristaltik dan meningkatkan sekresi asam lambung, yang memudahkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Perawatan Kulit

Vitamin-C dan vitamin B kompleks serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan seng yang terkandung dalam kentang sangat baik untuk kulit. Selain itu, pasta yang diperoleh dari kentang mentah yang dihancurkan dan dicampur dengan madu, dapat bekerja dengan baik pada kulit.

Hal ini bahkan membantu menyembuhkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit. Disamping itu, pasta kentang ini jika diterapkan secara eksternal pada luka bakar, akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Kentang yang dihancurkan, sangat baik untuk melembutkan dan membersihkan kulit, terutama di sekitar siku dan punggung tangan.

4. Menyembuhkan Rematik

Kalsium dan magnesium yang ada dalam kentang dapat membantu menyembuhkan rematik. Air yang diperoleh dari rebusan kentang dapat meringankan rasa sakit dan peradangan rematik. Namun, karena kandungan karbohidrat yang tinggi, kentang cenderung meningkatkan berat badan yang mungkin memiliki efek buruk pada orang rematik.

5. Mengurangi Peradangan

Manfaat kentang sangat efektif dalam mengurangi peradangan, baik internal maupun eksternal. Karena lunak, mudah dicerna dan memiliki banyak vitamin-C (antioksidan yang sangat baik), kalium dan vitamin-B6, kentang dapat meredakan peradangan usus dan sistem pencernaan.

6. Pencegahan Kanker

Beberapa jenis kentang, terutama kentang merah dan coklat muda, mengandung antioksidan flavonoid dan vitamin A seperti zeaxanthin dan karoten yang tinggi. Hal inilah yang membuat kentang dapat melindungi Anda terhadap berbagai jenis kanker.

Selain itu, penelitian The Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa kentang mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang telah terbukti memiliki anti-kanker dan anti-tumor. Terakhir, tingkat vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam kentang memiliki kualitas antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan kanker.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Serat yang ada di dalam kentang sangat membantu dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena ada hubungan langsung antara tekanan darah dan kadar glukosa dalam darah dan insulin yang membantu mengatur tingkat glukosa. Selain itu, kalium dalam kentang (46% dari kebutuhan harian per porsi) juga dapat menurunkan tekanan darah.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Ketepatan fungsi otak tergantung pada tingkat glukosa, suplai oksigen, berbagai komponen kompleks vitamin-B dan hormon tertentu, asam amino dan asam lemak seperti omega-3. Manfaat kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Kentang tinggi akan karbohidrat, dengan demikian dapat mempertahankan tingkat glukosa yang baik dalam darah.

Hal tersebut berfungsi mencegah otak dari kelelahan dan dapat membuat aktivitas dan kinerja kognitif Anda tinggi. Selanjutnya, otak membutuhkan oksigen yang dibawa ke otak oleh hemoglobin dalam darah, unsur utamanya adalah zat besi. Kentang juga mengandung zat besi. Oleh karena itu, kentang dapat membantu memberikan oksigen juga ke otak.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Terlepas dari vitamin B kompleks dan vitamin C, mineral dan serat, kentang juga mengandung zat tertentu yang disebut Karotenoid (lutein, zeaxanthin). Karotenoid bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi organ internal lainnya.

10. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal disebabkan karena meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Dalam kasus tersebut, makanan tinggi protein harus dihindari, terutama protein hewani seperti daging, kalkun, udang, ikan, telur, susu, bayam, pisang mentah, dan kacang tertentu, yang secara drastis dapat meningkatkan tingkat asam urat dalam darah.

Zat besi dan kalsium juga berkontribusi membentuk batu ginjal. Kentang kaya akan kedua hal tersebut sehingga secara logis, kentang tidak cocok untuk mencegah batu ginjal, akan tetapi kentang juga mengandung magnesium, yang dapat menghambat akumulasi atau pengendapan kalsium di ginjal dan jaringan lainnya, sehingga dapat bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal.


Efek Samping Mengkonsumsi Kentang

Kentang, terutama yang sudah dikupas, memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya, kentang secara dramatis akan berdampak pada gula darah Anda. Setelah makan makanan tinggi glikemik, gula darah dan insulin dapat meningkat lebih tinggi. Karena itu, mengkonsumsi kentang dalam jumlah yang besar akan meningkatkan risiko ketidakseimbangan gula darah, kontrol nafsu makan yang buruk, diabetes tipe 2 dan komplikasi diabetes.

Mengkonsumsi kentang berlebihan bagi orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu kondisi kelebihan kalium pada tubuh.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kentang memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kentang untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Petai serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kentang
  • http://www.livestrong.com/article/490256-side-effects-of-eating-potatoes/
  • https://www.drugs.com/npp/potato.html
  • www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-potato.html
  • www.potatogoodness.com/potato-fun-facts-history/
One Comment