10 Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Buah kiwi merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, terutama vitamin C. Bahkan buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah lemon. Buah kiwi juga mengandung berbagai antioksidan yang memberikan manfaat baik bagi tubuh, terutama manfaat kiwi untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada buah kiwi memiliki unsur-unsur yang membantu pertumbuhan tulang, kesehatan mata dan penglihatan, dapat membantu mendapat tidur yang ebih berkualitas, dan berbagai khasiat kiwi lainnya sebagai berikut:

1. Mengatasi Sembelit

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan karena efek pencahar alami yang dimiliki buah kiwi, sehingga manfaat kiwi dapat digunakan sebagai pengobatan terhadap sembelit.

2. Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling umum di dunia. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah kiwi dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi ( hipertensi ) dan pembekuan darah.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut sebuah studi tentang efek konsumsi buah kiwi terhadap kualitas tidur pada orang dewasa yang memiliki masalah tidur, menunjukkan bahwa dengan konsumsi buah kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur, durasi, dan efisiensi pada orang dewasa yang mengalami gangguan tidur.

4. Kesehatan Kulit

Kolagen merupakan protein yang penting bagi kulit, otot, tulang, dan tendon. Dimana tingkat kolagen bergantung pada vitamin C, yang dimiliki buah kiwi. Kiwi juga menjadi sumber yang baik untuk asupan karotenoid dan antioksidan yang disebut lutein ( juga terdapat pada buah semangka ), yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan melindungi kulit terhadap sinar UV.

5. Kesehatan Mata

Nutrisi lutein yang dimiliki kiwi tidak hanya untuk melindungi kulit, tetapi juga merupakan fitokimia kuat yang bisa mencegah berbagai penyakit mata, termasuk degenerasi makula yang terkait dengan usia. Lutein mampu melindungi mata dengan menyaring paparan sinar UV yang merusak.

6. Kesehatan Pencernaan

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kiwi dapat membantu mengurangi komplikasi yang berhubungan dengan sindrom iritasi usus serta penyakit inflamasi usus. Temuan dari studi menunjukkan bahwa dengan menambahkan buah kiwi dalam program diet pada pasien, mampu menghasilkan efek anti inflamasi, serta dapat memperbaiki fungsi usus secara keseluruhan.

7. Meningkatkan Sistem Peredaran Darah

Konsumsi satu buah kiwi perhari diyakini dapat menurunkan risiko terkena stroke, pembekuan darah, dan penyakit jantung. Kiwi juga merupakan sumber omega 3, magnesium, vitamin E, dan tembaga, yang semuanya dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular tetap berfungsi dengan baik.

8. Kesehatan Tulang

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin K yang dibutuhkan untuk mengubah protein tulang tertentu sehingga mineral, seperti kalsium, dapat disimpan dengan benar. Studi menunjukkan bahwa vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko cedera yang berhubungan dengan tulang dan penyakit seperti osteoporosis.

9. Kemampuan Antijamur dan Antibakteri

Buah kiwi emas mengandung protein yang disebut actinchinin, yang diusulkan menjadi sumber dari kemampuan antijamur. Ekstrak dari buah kiwi telah menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap sejumlah bakteri. Kemampuan ini juga dapat dihubungkan ke sejumlah besar dari antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan.

10. Melindungi Dari Kerusakan DNA

Sebuah studi yang dilakukan oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan bahwa hal ini dapat membantu mencegah kanker.

Risiko Kesehatan Dari Konsumsi Buah Kiwi

Pada umumnya kiwi dianggap sebagai buah yang menyehatkan, namun beberapa individu perlu membatasi konsumsi buah kiwi, atau jika perlu menghindarinya. Karena terkadang konsumsi buah kiwi dapat menyebabkan alergi, diare, dan juga iritasi pada mulut.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah kiwi memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kiwi untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

One Comment