10 Khasiat Kecambah untuk Kesehatan

Kecambah atau tauge atau toge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan. Berikut ini artikel mengenai manfaat kecambah untuk kesehatan.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Mengenai cara perkecambahannya, teori yang diterima secara luas adalah bahwa itu disebarkan secara umum setelah diperkenalkan dari kawasan Timur Tengah (Balkan dan Barat Asia) dan Mediterania Timur ke wilayah Cina melalui Timur wilayah Irak dan wilayah Turkestan.

10 Manfaat Kecambah untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Pada pembuatan kecambah dibutuhkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang sehat, tidak busuk dan bersih dari pestisida serta lingkungan yang optimal berupa ruang gelap, lembab, dan kadar air yang cukup untuk perkecambahan biji tersebut. Selain menjadi salah satu menu makanan, kecambah pada awalnya telah akrab menjadi tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat.

Manfaat Kecambah

Berikut 10 manfaat kecambah bagi kesehatan :

1. Kesehatan Pencernaan

Kecambah mengandung enzim dalam jumlah yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya ketika proses pencernaan. Enzim merupakan bagian penting dari proses pencernaan dan membantu untuk memecah makanan secara efektif serta meningkatkan penyerapan nutrisi oleh saluran pencernaan. Selain itu, serat makanan pada kecambah juga dapat merangsang asam lambung, mencegah sembelit, diare, dan bahkan dapat mencegah kanker kolorektal.

2. Meningkatkan Fungsi Tubuh

Kecambah juga mengandung protein yang merupakan bagian penting untuk tubuh kita melakukan semua fungsi kimia. Protein diperlukan untuk hampir semua proses tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sejumlah aspek yang sangat penting bagi kesehatan. Hal ini berarti bahwa kecambah merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

3. Mencegah Anemia dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Zat besi yang terkandung dalam kecambah sangat penting untuk produksi sel darah merah. Dengan mempertahankan jumlah sel darah merah Anda, dapat mencegah penyakit anemia dan dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerjanya.

4. Menurunkan Berat Badan

Kecambah adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi tapi sangat rendah kalori. Hal ini berarti bahwa Anda dapat makan kecambah tanpa mengkhawatirkan berat badan Anda. Disamping itu, serat dalam kecambah juga membantu untuk membuat Anda merasa kenyang, sehingga dapat mengurangi makan berlebihan dan ngemil.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Kecambah kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 juga dapat menjadi agen anti-inflamasi yang dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Kandungan kalium kecambah juga membantu mengurangi tekanan darah serta dapat melepaskan ketegangan di arteri dan pembuluh darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi pembekuan darah, menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

6. Kesehatan Bayi

Cacat tabung syaraf adalah salah satu efek samping yang paling umum dari kekurangan folat, yaitu bagian dari vitamin B kompleks. Kecambah juga tinggi akan kandungan folat yang berfungsi melindungi bayi Anda dari cacat tabung syaraf.

7. Sistem Kekebalan Tubuh

Kecambah mengandung vitamin-C yang membuat kecambah menjadi stimulan yang kuat untuk sel-sel darah putih dalam tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, vitamin A dalam kecambah memiliki sifat antioksidan yang dapat menjadi sumber kekuatan bagi sistem kekebalan tubuh.

8. Pencegahan Kanker

Aktivitas antioksidan dari senyawa organik yang ditemukan dalam kecambah membuat kecambah dapat menjadi salah satu menu pilihan Anda. Vitamin C, vitamin A, asam amino dan protein juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dimana radikal bebas merupakan produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel yang dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel kanker

9. Kesehatan Mata

Vitamin A telah dapat meningkatkan kesehatan mata yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi mata dari radikal bebas. Dengan demikian, vitamin A pada kecambah dapat membantu mencegah glaukoma, katarak, dan degenerasi makula.

10. Luka Dingin

Luka dingin merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh virus HSV 1 (Herpes Simpleks Virus tipe 1) .Kecambah mengandung enzim tertentu yang disebut lisin, yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan luka dingin dan mencegah munculnya luka baru.


Efek Samping Mengkonsumsi Kecambah

Anda hanya harus membeli kecambah dari sumber atau toko terpercaya untuk memastikan kebersihan kecambah. Selain itu dianjurkan mencuci kecambah hingga benar-benar bersih sebelum menyajikannya dalam salad atau sebagai topping hidangan karena kecambah yang mentah dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit yang berasal dari bakteri seperti E. coli yang dapat menyebabkan infeksi serius.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kecambah atau toge atau tauge memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kecambah untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Bawang Bombai serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kecambah untuk kesehatan :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/sprouts.html
  • id.wikipedia.org/wiki/Kecambah
  • www.ueharaen.co.jp/english/history.html