12 Khasiat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) merupakan jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Berikut artikel mengenai beberapa manfaat bawang bombay untuk kesehatan.

Bawang bombay memiliki aroma yang khas apabila dibandingkan dengan bawang merah biasa, Umbi dari bawang bombay terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan menyatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang, daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa.

12 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Asal Usul Bawang Bombay

Bawang bombay tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan dagingnya yang tebal. Disebut bawang bombay karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

Bawang bombai diyakini berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India. Bawang bombai masuk ke Indonesia kemungkinan seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda.

Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai di Padang, tetapi gagal. Pada awalnya bawang bombai populer dipakai sebagai masakan Cina dan Eropa, namun belakangan makanan Indonesia juga sudah banyak menggunakannya.

Manfaat Bawang Bombay

Berikut 12 manfaat bawang bombay bagi kesehatan :

1. Baik Untuk Kesehatan Mulut

Bawang  bombai sering digunakan untuk mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut. Mengunyah bawang mentah selama 2 sampai 3 menit berpotensi dapat membunuh semua kuman yang ada di daerah mulut dan tempat-tempat sekitarnya seperti tenggorokan dan bibir.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang bombai juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menngkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi tubuh dari racun dan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Kesehatan Jantung

Bawang bombai bertindak sebagai antikoagulan yang dikenal sebagai pengencer darah, yang dapat mencegah sel-sel darah merah dari penggumpalan. Karena apabila terjadi penggumpalan darah dapat menyebabkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular.

[ Baca juga : Manfaat Bawang Merah ]

4. Mengelola Diabetes

Bawang bombai mengandung kromium  yang merupakan mineral yang relatif sulit ditemukan secara alami dalam makanan. Kromium membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan memastikan glukosa secara bertahap atau secara lambat menyebar ke otot dan sel-sel tubuh. Oleh karena itu, makan bawang bombai dapat membantu mengatur tingkat gula darah Anda, yang sangat penting bagi pasien diabetes.

5. Mengobati Luka Akibat Serangan Serangga

Anda dapat mengkonsumsi jus bawang bombai untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena sengatan lebah madu dan sengatan kalajengking juga. Bau bawang bombai juga dapat digunakan sebagai penolak serangga.

6. Pencegahan Kanker

Bawang bombai kaya akan quercetin yang berhasil menghambat perkembangan dan penyebaran sel-sel kanker. Quercetin adalah senyawa antioksidan yang sangat kuat yang telah secara konsisten dapat mencegah dan mengurangi penyebaran kanker. Selain itu kandungan vitamin C juga dapat mengurangi keberadaan dan dampak radikal bebas di seluruh tubuh.

[ Baca juga : Manfaat Bawang Putih ]

7. Mengobati Sakit Telinga

Beberapa tetes jus bawang bombai dapat bermanfaat bagi individu yang menderita sakit telinga akut. Suara dering di telinga dapat disembuhkan dengan menerapkan jus bawang bombai melalui sepotong kapas.

8. Mengobati Masalah Kulit

Jus bawang bombai dicampur dengan madu atau minyak zaitun dapat mengobati gejala atau tanda-tanda jerawat. Bawang bombai juga terkenal sebagai sayuran anti-inflamasi, sehingga senyawa aktif dalam bawang bombai bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang umumnya terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat. Selain itu juga membantu mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan peradangan.

9. Membantu Mengobati Batuk

Mengkonsumsi jus bawang bombai dan madu dapat mengurangi sakit tenggorokan dan gejala batuk.

[ Baca juga : Manfaat Daun Bawang ]

10. Mencegah Anemia

Bawang bombai mengandung mineral terutama zat besi, yang merupakan bagian penting untuk memproduksi sel darah merah baru sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah anemia.

11. Meredakan Nyeri Perut

Bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat meredakan sakit perut dan sindrom lambung lainnya. Hal ini disebabkan adanya kandungan saponin pada bawang bombai yang memiliki kemampuan anti-spasmodic yang mencegah gangguan perut dan memperlancar fungsi perut.

12. Anti Penuaan Dini

Bawang memiliki manfaat anti-penuaan yang sangat besar. Vitamin A, C dan E pada bawang bombai dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya serta mencegah kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Bawang adalah salah satu sumber dari quercetin, yang dapat menjaga kulit Anda bebas kerut.


Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Bombai

1. Jika Anda memiliki alergi terhadap bawang bombai maka mungkin Anda akan mengalami kemerahan, ruam gatal ketika bawang bombai diaplikasikan pada kulit kulit Anda. Selain itu apabila Anda mengalami alergi ketika makan bawang bombai maka akan menyebabkan pembengkakan di mulut dan kesemutan, kesulitan bernafas, atau penurunan tekanan darah. Pada kondisi yang parah dapat menyebabkan anafilaksis.

2. Menurut sebuah laporan oleh National Institutes of Health, perut tidak mampu mencerna sebagian gula dan mereka harus masuk ke dalam usus dimana bakteri dapat memecah gula dalam proses yang membentuk gas. Bawang bombai juga mengandung fruktosa yang dapat menjadi sumber gas bagi sebagian orang. Produksi gas yang berlebihan dapat menjadi masalah bagi perut, menyebabkan mual, muntah dan diare.

3. Sebuah penelitian pada bulan April 1990 yang dipublikasikan dalam “American Journal of Gastroenterology,” mengungkapkan bahwa orang-orang yang tidak mengalami sakit maag dapat mengkonsumsi bawang mentah tanpa masalah, karena bawang dapat memperburuk keadaan bagi mereka yang memiliki sakit maag kronis. Sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi bawang bombai.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa bawang bombai memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat bawang bombay untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Buah Ceri serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat dan manfaat bawang bombay bagi kesehatan :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/onion.html
  • www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-onions/
  • www.livestrong.com/article/390896-herbal-teas-for-cold-and-flu/
  • id.wikipedia.org/wiki/Bawang_bombai
One Comment