12 Khasiat Tahu untuk Kesehatan

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang dihasilkan dari olahan kacang kedelai. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan tahu sangat kaya akan nutrisi. Lalu apa saja manfaat tahu untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Tahu
Gambar tahu via hbj.sg

KANDUNGAN GIZI TAHU

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang rendah kalori namun tinggi protein. Selain itu, tahu juga sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan kalium. Berbagai kandungan vitamin dalam makanan tahu yaitu vitamin D, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Manfaat Tahu

Berikut 12 manfaat tahu bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat tahu yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena tahu mengandung beberapa mineral seperti tembaga, seng, selenium, dan mangan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga, dengan mengonsumsi tahu dapat menjaga tubuh dari penyakit osteoporosis dan arthritis.

2. Menjaga Berat Badan Tubuh

Tahu memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin K, thiamin, riboflavin, vitamin B6, dan folate, serta mengandung sebagian kecil dari asam pantothenic dan niacin. Dimana kombinasi dari berbagai macam nutrisi tersebut sangat berperan dalam mencegah meningkatnya berat badan tubuh yang berlebih.

3. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat tahu juga dipercaya dapat mengurangi proses penuaan dengan cara mempertahankan elastisitas kulit dan otot-otot wajah yang mengalami penuaan. Dengan mengonsumsi kedelai secara rutin dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit. Anda juga dapat membuat masker yang berbahan dasar tahu untuk membantu memelihara kesehatan kulit.

4. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Tahu sangat kaya akan senyawa selenium, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh agar sistem antioksidan berfungsi dengan baik, sehingga dapat melindungi sistem dari kanker usus. Pada pria, mengonsumsi tahu dapat mengurangi risiko kanker prostat. Sedangkan pada wanita, mengonsumsi tahu dalam jumlah tepat dapat mengurangi risiko kanker payudara.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Tahu telah lama diketahui dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi kadar lipoprotein atau kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, dengan mengonsumsi kedelai secara rutin juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga sebesar 10 persen.

6. Baik Dikonsumsi oleh Wanita yang Akan Mengalami Menopause

Dikarenakan adanya berbagai nutrisi yang terkandung di dalam makanan ini, menjadikan tahu sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang akan mengalami masa menopause. Hal ini dikarenakan adanya kandungan isoflavon di dalam tahu yang dapat mencegah terjadinya efek buruk dari ketidakseimbangan hormon estrogen.

7. Mencegah Rambut Rontok

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, rambut manusia terbuat dari protein yang disebut keratin. Dengan mengonsumsi tahu secara rutin, rambut akan mendapatkan protein yang dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak rambut dan menjaganya agar tetap sehat.

8. Mencegah Anemia

Manfaat tahu yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi resiko anemia. Sejalan dengan sebuah studi yang dilakukan di Cina yang meneliti tentang hubungan antara anemia dengan tahu menunjukkan bahwa tahu terbukti dapat mengurangi risiko anemia pada golongan orang dewasa.

Artikel terkait: Manfaat Kacang Kedelai

Selain 8 manfaat dan khasiat tahu untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari makanan tahu yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari tahu ini seperti:

9. Rendah Kolesterol

10. Mencegah Diabetes

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

12. Sebagai Sumber Energi


PERTIMBANGAN DALAM MENGONSUMSI TAHU

Pada dasarnya makanan tahu dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara tidak berlebihan dan memperhatikan beberapa hal. Beberapa hal tersebut yaitu lebih baik mengolahnya dengan cara direbus daripada digoreng, serta bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kedelai lebih baik menghindari mengonsumsi tahu karena dapat menimbulkan berbagai reaksi seperti gatal-gatal, diare, dan lain-lain.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat tahu untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Bidara atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: