8 Khasiat Kubis Ungu untuk Kesehatan

Kubis ungu, juga dikenal sebagai kubis merah atau kol ungu, merupakan sayuran yang memiliki rasa yang lezat ketika dimakan secara mentah maupun dimasak. Kubis ungu sering diolah menjadi salad, dikukus, direbus, dan juga ditumis dengan sayuran lainnya. Terlepas dari hal itu, kubis ungu juga menyediakan berbagai manfaat yang baik kesehatan yang akan dibahas kali ini. Berikut manfaat kubis ungu untuk kesehatan.

Manfaat Kubis Ungu

Kandungan Gizi

Berdasarkan draxe, dalam satu cangkir (89 gram) kubis ungu mentah yang di cincang, mengandung 28 kalori, 6.6 gram karbohidrat, 1.3 gram protein, 0.1 gram lemak, 1.9 gram serat, 50.7 mg vitamin C, 34 mikrogram vitamin K, vitamin A, 0.2 mg mangan, 0.2 mg vitamin B6, 216 mg kalium, 0.1 mg tiamin, 0.1 mg riboflavin, 16 mikrogram folat, 40 mg kalsium, 0.7 mg zat besi, dan juga 14.2 mg magnesium.

Manfaat Kubis Ungu

Berikut 8 manfaat kubis ungu untuk kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Salah satu fungsi yang paling penting dari kubis ungu adalah perannya dalam pencegahan terhadap kanker. Hal ini dikarenakan tingginya komponen antioksidan yang terkandung dalam kubis ungu yang dapat bertindak sebagai pencegah kanker.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kubis ungu mengandung kalori yang rendah, namun tinggi akan serat dan memiliki beragam vitamin dan mineral yang penting. Hal ini berarti kubis ungu dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan kebutuhan gizi harian Anda tetap dapat terpenuhi, tanpa harus mengkonsumsi lebih banyak makanan. Dengan begitu, kubis ungu secara tidak langsung dapat membantu Anda dalam menjalani program diet dan menurunkan berat badan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung dalam kubis ungu tidak hanya dapat melindungi Anda dari dampak radikal bebas seperti kanker, tetapi juga dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. Antioksidan dapat menjaga kulit Anda tetap segar, kencang, tetap elastis, serta mengurangi keriput dan flek hitam yang umum terjadi.

Selain itu, kadar vitamin A yang terkandung dalam kubis ungu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, pertumbuhan kembali sel-sel kulit, elastisitas kulit, serta perlindungan terhadap kerusakan yang diakibatkan karena paparan sinar matahari.

4. Kesehatan Mata

Tingginya vitamin A pada kubis ungu tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu menjaga fungsi penglihatan yang sehat, mencegah degenerasi makula, dan pembentukan katarak.

5. Kepadatan Mineral Tulang

Seperti beberapa sayuran lainnya, kubis ungu kaya akan kalsium, magnesium, mangan, dan mineral penting lainnya yang berperan penting terhadap pertumbuhan tulang dan juga kepadatan mineral yang dapat melindungi Anda terhadap osteoporosis.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kubis ungu mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh memiliki sistem kekebalan yang kuat. Dengan begitu, kubis ungu dapat menjadi makanan tinggi antioksidan yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Sebagai Anti Inflamasi

Kubis ungu mengandung fitonutrien anti peradangan (anti-inflamasi). Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kubis ungu dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengobati radang sendi dan juga komplikasi rematik secara alami.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Salah satu penyakit yang sering menyerang seiring bertambahnya usia adalah penyakit alzheimer. Dalam hal ini, kubis ungu telah diteliti dapat menjadi makanan yang sangat ampuh dalam melindungi fungsi kognitif pada manusia.

Baca juga artikel lain, seperti :

Perbedaan Kubis Ungu dengan Kubis Hijau

Kubis ungu dan kubis hijau merupakan sayuran yang menyehatkan bagi Anda, namun kubis ungu dapat menyediakan gizi yang lebih kuat. Misalnya, kubis ungu dapat menyediakan sekitar 85 persen vitamin C kebutuhan harian Anda dibanding kubis hijau yang hanya menyediakan 47 persen.

Kubis ungu dan kubis hijau merupakan dua varietas kubis yang berbeda, tetapi keduanya memiliki rasa yang sama. Tetapi kubis ungu cenderung memiliki rasa sedikit pedas, biasanya memiliki ukuran lebih kecil, dan lebih padat daripada kubis hijau.

Kubis ungu menyediakan 10 kali lebih banyak vitamin A dan dua kali lipat mengandung zat besi dibandingkan dengan kubis hijau. Selain itu, kubis ungu mengandung antosianin atau anthocyanin (antioksidan), yang tidak ditemukan dalam kubis hijau.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sayur kubis atau sayur kol memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 8 manfaat kubis ungu untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Murbei serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kubis ungu untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/red-cabbage.html

draxe.com/red-cabbage/

www.livestrong.com/article/518277-glycemic-index-of-cabbage/

image by : www.islenskt.is