10 Khasiat Sayur Kubis Untuk Kesehatan

Kubis merupakan jenis sayuran berdaun. Sayur kubis banyak dikonsumsi di seluruh dunia, dan dapat disajikan dalam berbagai cara seperti dimasak ataupun disajikan segar sebagai menu salad. Kubis memiliki kandungan berbagai vitamin dan juga mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat Sayur Kubis Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Sayur Kubis

Berikut 10 manfaat sayur kubis untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat yang paling mengagumkan dari kubis ialah antioksidan. Hal ini berarti kubis dapat mengatasi radikal bebas dari seluruh tubuh, yang bisa merugikan kesehatan secara keseluruhan.

Kubis juga memiliki sejumlah senyawa anti kanker yang dikenal dapat merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan tumor, yang dapat menyebabkan kanker.

2. Anti Inflamasi ( Peradangan )

Kubis diketahui memiliki komponen glutamin yang memiliki peran sebagai anti inflamasi yang kuat, sehingga dengan mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari banyaknya jenis peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan lain-lain.

3. Kesehatan Mata

Kubis merupakan sumber yang kaya akan beta karoten. Dengan begitu kubis memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula dan pada umumnya meningkatkan kesehatan mata serta memperlambat pembentukan katarak.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kubis sering dianjurkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Kubis dikemas dengan banyaknya vitamin , mineral, zat gizi lainnya. Serta memiliki kandungan cukup serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Kesehatan Tulang

Kubis, serta berbagai sayuran lain seperti brokoli merupakan sumber akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiga mineral penting dalam perlindungan tulang dari terjadinya degradasi dan timbulnya kondisi seperti osteoporosis dan pelemahan tulang secara umum.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Kehadiran kalium dalam kubis dapat melindungi diri dari tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kalium berperan sebagai vasodilator yang berarti membantu membuka pembuluh darah dan memudahkan aliran darah.

7. Mencegah Sembelit

Kandungan serat dan kadar air pada kubis juga dapat membantu dalam mencegah sebelit dan dapat menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Mendapat asupan serat yang cukup dapat melancarkan pencernaan yang teratur dengan cara membuang racun melalui empedu dan tinja.

8. Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi kubis secara teratur bersamaan dengan sayuran lainnya dapat memberikan efek anti aging ( penuaan ) pada kulit. Jumlah vitamin C yang cukup tinggi pada sayuran ini dapat membuat kulit awet muda dan menunda proses penuaan.

9. Daya Tahan Tubuh

Kubis memiliki kandungan yang cukup tinggi akan vitamin C, sehingga kubis dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebatan tubuh seseorang dan juga dapat membantu dalam mengendalikan atau mengatasi radikal bebas.

10. Kesehatan Otak

Kubis kaya akan yodium yang dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga sistem saraf tetap berjalan. Yodium juga dapat membantu dalam mencegah dan mengobati gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kubis memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sayur kubis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Pare serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
3 Comments