Ikan Teri: Si Mungil Kaya Manfaat, Tak Perlu Mahal untuk Hidup Sehat

Ikan teri, si mungil kaya protein, merupakan salah satu sumber protein hewani yang murah dan mudah diolah. Dikutip melalui berbagai sumber, ikan teri tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizinya yang melimpah. Berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang manfaat ikan teri:

Kandungan Gizi Ikan Teri

Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam ikan teri:

  • Protein: Ikan teri merupakan sumber protein yang sangat baik. Dilansir melalui FKM UNAIR, Kandungan protein dalam 100 gram ikan teri kering asin mencapai 42 gram, lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam (18 gram) dan daging sapi (26 gram). Protein penting untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, termasuk otot, tulang, dan kulit.
  • Omega-3: Ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan jantung dan otak. Omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Kalsium: Ikan teri adalah sumber kalsium yang baik, terutama untuk jenis ikan teri medan. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Vitamin B12: Ikan teri merupakan sumber vitamin B12 yang penting untuk kesehatan saraf dan darah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kelelahan.
  • Zat besi: Ikan teri kaya akan zat besi, yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.
  • Vitamin dan mineral lainnya: Ikan teri juga mengandung vitamin dan mineral lain yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin D, fosfor, dan magnesium.

Manfaat Ikan Teri bagi Kesehatan

Berikut beragam manfaat ikan teri bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Menjaga kesehatan jantung: Kandungan omega-3 dalam ikan teri dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  2. Meningkatkan fungsi otak: Omega-3 dalam ikan teri juga penting untuk kesehatan otak. Asam lemak ini dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan suasana hati.
  3. Memperkuat tulang dan gigi: Kandungan kalsium dalam ikan teri penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dapat membantu mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.
  4. Mencegah anemia: Kandungan zat besi dalam ikan teri dapat membantu mencegah anemia. Zat besi penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  5. Meningkatkan kesehatan pencernaan: Ikan teri mengandung prebiotik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik dalam usus.
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh: Kandungan vitamin dan mineral dalam ikan teri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Teri agar Tetap Bergizi

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pilihlah ikan teri yang segar: Pastikan ikan teri memiliki mata yang jernih, insang yang berwarna merah muda, dan daging yang kencang. Hindari ikan teri yang berbau amis atau memiliki tekstur yang lembek.
  • Cucilah ikan teri dengan bersih: Cucilah ikan teri dengan air mengalir sebelum diolah. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel.
  • Gunakan metode memasak yang sehat: Hindari menggoreng ikan teri terlalu lama karena dapat merusak kandungan gizinya. Sebaiknya gunakan metode memasak yang lebih sehat, seperti rebus, kukus, atau tumis.
  • Simpanlah ikan teri dengan benar: Simpanlah ikan teri di dalam lemari es atau freezer untuk menjaga kesegarannya.

Kesimpulan

Ikan teri merupakan sumber protein hewani yang murah, mudah diolah, dan kaya manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi ikan teri yang melimpah, seperti protein, omega-3, kalsium, vitamin B12, dan zat besi, dapat membantu menjaga kesehatan jantung, otak, tulang, dan gigi, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan memilih dan mengolah ikan teri dengan benar, Anda dapat menikmati manfaatnya secara maksimal.

Baca juga: efek samping ikan teri

Ringkasan
Ikan Teri: Si Mungil Kaya Manfaat, Tak Perlu Mahal untuk Hidup Sehat
Judul Artikel
Ikan Teri: Si Mungil Kaya Manfaat, Tak Perlu Mahal untuk Hidup Sehat
Deskripsi
Ikan teri, si mungil kaya protein, merupakan salah satu sumber protein hewani yang murah dan mudah diolah. Ikan teri tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan gizinya yang melimpah. Berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang manfaat ikan teri:
Penulis