10 Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli merupakan sayuran hijau yang berbentuk seperti pohon kecil, dan kerabat dekat dari kubis dan kembang kol. Brokoli dapat dikonsumsi dengan cara dimasak maupun dimakan secara mentah untuk dijadikan salad. Beberapa cara memasak sayuran ini dapat meningkatkan manfaat kesehatan tertentu, seperti peningkatan sifat penurun kolesterol yang diperoleh ketika brokoli dimasak dengan cara dikukus. Selain itu, masih banyak lagi manfaat brokoli untuk kesehatan yang akan dijelaskan pada artikel ini.

10 Khasiat dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Sayuran brokoli merupakan sumber yang sangat tepat untuk mendapat asupan vitamin K, vitamin C, sumber yang baik akan asam folat, menyediakan potasium, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Berikut 10 manfaat brokoli untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Brokoli memiliki senyawa anti karsinogenik yang kuat dan beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, zinc, kalium dan asam amino tertentu yang dapat berperan sebagai anti kanker. Brokoli dapat mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker ginjal.

2. Melancarkan Pencernaan

Brokoli sangat kaya akan serat, yang dapat berperan untuk mengatasi hampir semua gangguan lambung. Serat dapat menambah massa dari makanan, mempertahankan air, dan membentuk gerakan usus yang sehat. Magnesium dan vitamin yang hadir dalam brokoli juga dapat mengatasi tingkat keasaman, serta memperlancar pencernaan yang tepat dan penyerapan nutrisi dari makanan.

3. Kesehatan Jantung

Brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi, bersamaan dengan tingkat beta karoten, asam lemak omega 3 dan vitamin lain yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga jantung berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah. Selain itu, kalium yang terkandung dalam brokoli merupakan vasolidator yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi berbagai organ penting.

4. Kesehatan Mata

Zeaxanthin, beta karoten, vitamin A, fosfor, dan vitamin lain seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E yang dapat ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata. Zat-zat ini mampu melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, selain itu juga dapat memperbaiki kerusakan yang diakibatkan karena radiasi.

5. Daya Tahan Tubuh

Zat yang bertanggung jawab untuk warna hijau dan ungu dari brokoli adalah vitamin C, beta karoten, vitamin dan mineral lain, terutama selenium, tembaga, seng, serta fosfor. Senyawa yang terdapat dalam brokoli dapat menjadi penguat sistem kekebalan tubuh yang dapat melindungi anda dari berbagai infeksi.

6. Kesehatan Tulang

Kekurangan asupan vitamin K sering dikaitkan dengan risiko tinggi akan patah tulang. Manfaat brokoli dikatakan dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin K anda. Mendapat jumlah asupan vitamin K yang cukup setiap hari, dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi eksresi kalsium.

7. Asupan Sehat Untuk Ibu Hamil

Brokoli sangat bergizi dan penuh nutrisi yang penting bagi wanita hamil. Brokoli kaya akan serat yang akan mengatasi sembelit, yang sangat umum terjadi selama kehamilan. Selain itu, kandungan folat dalam brokoli dapat mencegah cacat lahir, yang merupakan masalah utama bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan asupan asam folat.

8. Mencegah Anemia

Anemia secara langsung berhubungan dengan kekurangan zat besi dan protein tertentu. Brokoli kaya akan kedua hal tersebut sehingga dapat mengatasi masalah anemia. Dengan mengkonsumsi brokoli akan membuat anda merasakan lonjakan darah melalui tubuh anda, yang kaya akan oksigen yang dapat menjaga sistem tubuh anda berfungsi dengan baik.

Zat tembaga juga dapat ditemukan dalam brokoli, yang menjadi mineral penting lainnya dalam produksi sel darah merah, bersamaan dengan zat besi.

9. Kesehatan Kulit

Antioksidan vitamin C, bila dimakan dalam bentuk alami dapat membantu dalam melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, yaitu sistem pendukung utama pada kulit. Vitamin A dan vitamin E juga penting untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat, kedua vitamin tersebut juga terdapat dalam brokoli.

10. Sebagai Antioksidan yang Kuat

Dari berbagai sayuran, brokoli menjadi sayuran yang paling terkonsentrasi vitamin C-nya, ditambah flavonoid yang diperlukan untuk vitamin C dalam mendaur ulang secara efektif. Dalam brokoli juga terdapat karotenoid lutein, zeaxanthin, dan beta karoten, sebagai antioksidan kuat lainnya.

Perhatian
Meskipun brokoli jelas memiliki banyak manfaat kesehatan, namun bagi sebagian orang, kontak dengan brokoli dapat menyebabkan ruam alergi, seperti beberapa senyawa kuat dalam sayuran yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, konsumsilah brokoli secukupnya, sesuai dengan pedoman porsi yang tepat, maka anda akan dapat menikmati manfaat kesehatan dari brokoli.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa brokoli memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat brokoli untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Timun Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
5 Comments