10 Khasiat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Kedelai atau kacang kedelai merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kedelai biasa diolah menjadi susu kedelai, tahu, tempe, tepung kedelai, dll. Tingginya tingkat protein pada kedelai menjadikannya sebuah sumber protein yang idel untuk vegetarian. Selain itu, manfaat kacang kedelai pun sangat beragam bagi kesehatan manusia.

10 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Berikut 10 manfaat kedelai untuk kesehatan:

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kedelai telah dikenal dapat menekan nafsu makan, sehingga membantu orang dalam menghilangkan kemungkinan makan berlebihan yang dapat mengarah ke obesitas dan risiko kesehatan lainnya yang terkait. Selain itu, kedelai juga menyediakan jumlah protein yang cukup, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kacang kedelai dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur individu. Kacang kedelai memiliki kandungan yang tinggi akan magnesium, yang merupakan mineral yang secara langsung terkait dengan peningkatan kualitas, durasi, dan ketenangan tidur. Kedelai juga dapat membantu mengatur metabolisme, sehingga dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan terjadinya insomnia.

3. Mencegah dan Mengelola Diabetes

Kacang kedelai merupakan metode yang efektif dalam pencegahaan dan mengelola penyakit diabetes, terutama karena kacang kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan reseptor insulin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam mengelola penyakit secara efektif, atau bahkan dapat mencegah pembentukan diabetes sama sekali.

4. Mencegah Anemia

Kacang kedelai kaya akan tembaga dan besi. Kedua mineral tersebut penting dalam pembentukan sel darah merah. Peningkatan produksi sel darah merah dapat meningkatkan oksigen ke sel-sel dan meningkatkan metabolik. Hal ini dapat mencegah kondisi seperti terjadinya anemia.

5. Mencegah Cacat Lahir

Kedelai kaya akan vitamin B kompleks, terutama asam folat ( B9 ). Asam folat membantu tubuh untuk membuat sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia. Hal ini juga penting untuk pertumbuhan selama masa bayi dan kehamilan. Dimana kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pada bayi yang baru lahir.

6. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam kedelai membuatnya dapat mencegah timbulnya berbagai jenis kanker. Antioksidan dapat menetralisir radikal bebas, yang dapat menimbulkan sel kanker yang mematikan.

Selain itu, kandungan serat pada kedelai memiliki kaitan dengan pengurangan risiko kolorektal dan kanker usus besar, karena serat dapat membantu untuk mempermudah proses pencernaan.

7. Kesehatan Jantung

Kedelai merupakan sumber yang sehat dari lemak tak jenuh, yang akan membantu anda dalam menurunkan koleterol secara keseluruhan. Hal ini dapat memungkinkan anda untuk mencegah kondisi seperti aterosklerosis ( atherosclerosis ), yaitu kondisi dimana material lemak menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

8. Kesehatan Pencernaan

Serat merupakan bagian penting dari tubuh yang sehat, terutama dalam hal sistem pencernaan. Serat juga penting bagi tubuh untuk mencegah kondisi sepert sembelit, yang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, termasuk kanker kolorektal.

9. Kesehatan Tulang

Terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dalam kedelai, dan tingkat yang cukup mengesankan dari kalsium, manesium, tembaga, selenium, dan seng yang sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Salah satu peran kandungan tersebut yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Konsumsi kedelai dapat menjadi solusi jangka panjang untuk masalah seperti osteoporosis.

10. Meningkatkan Fungsi Metabolik

Seperti yang telah disebutkan, kedelai merupakan sumber yang sangat penting dari protein. Bila kebutuhan protein dalam tubuh anda tercukupi, maka fungsi metabolisme dan sistem secara keseluruhan pada tubuh anda akan mengalami kenaikan. Protein dari kedelai mampu menjamin kesehatan yang layak dan pertumbuhan kembali sel-sel jika sel-sel tersebut perlu diperbaiki atau diganti.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kedelai memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Strawberry Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

9 Comments