7 Khasiat Okra Merah untuk Kesehatan

Okra merah merupakan salah satu varietas dari tanaman okra. Perbedaan paling umum dengan okra hijau adalah warnanya yang berwarna merah. Meskipun begitu, okra merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak kalah beragam dengan okra hijau. Berikut artikel mengenai manfaat okra merah untuk kesehatan dan cara mengolahnya.

Manfaat Okra Merah
Okra merah via johnnyseeds.com

Pada dasarnya, tanaman okra merah ini kaya akan protein yang dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk Anda. Tetapi tidak hanya itu, okra merah juga mengandung beragam vitamin dan mineral, serta berbagai nutrisi lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Manfaat Okra Merah

Berikut ini 7 manfaat okra merah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Okra merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dimana di dalam 100 gr okra merah mengandung sekitar 23 mg vitamin C. Kandungan vitamin C pada okra merah ini kemudian dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

2. Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Selain pada daging, kacang-kacangan, ikan, dan telur, okra merah juga mengandung protein yang cukup tinggi, yang kemudian dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satu manfaat dari protein ini adalah untuk membuat sel baru dalam tubuh, serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.s

3. Membantu Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat okra merah yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam mengatasi stres. Hal ini dikarenakan sayuran ini dapat merangsang produksi hormon anti stres seperti dopamin dan serotonin, yang berperan untuk membantu memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan depresi.

4. Kesehatan Saluran Pencernaan

Khasiat okra merah juga dapat digunakan untuk membantu memperlancar saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan okra merah mengandung serat yang cukup tinggi, yang selanjutnya baik untuk kesehatan usus dan mencegah sembelit.

5. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Manfaat okra merah juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker. Dengan mengkonsumsi ekstrak okra merah secara rutin dapat membuat sel pada tubuh Anda menjadi lebih sehat, yang pada akhirnya mencegah timbulnya sel kanker.

6. Mengontrol Diabetes

Manfaat okra untuk diabetes. Diabetes merupakan suatu penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Apabila tidak dicegah dan disembuhkan, diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya. Salah satu cara untuk membantu Anda dalam mencegah dan mengobati penyakit diabetes adalah dengan cara rutin mengkonsumsi okra merah.

7. Mengobati Asam Urat

Salah satu khasiat okra merah yang lainnya yaitu dapat membantu Anda dalam mengobati penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan okra merah mengandung beberapa senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit asam urat.

Artikel terkait:


Cara Mengolah Okra Merah

Sebelum mengolah okra, pastikan bahwa Anda telah mencucinya hingga bersih. Hal ini dikarenakan beberapa varietas okra mungkin telah terkontaminasi oleh insektisida atau pestisida. Setelah dicuci dengan bersih, Anda dapat mengolah okra dengan berbagai cara seperti berikut:

  • Okra dapat disajikan dengan cara dicincang, kemudian dapat di rebus ataupun di goreng.
  • Di Pulai Karibia, okra digunakan dalam pembuatan sup, atau disajikan dengan hidangan ikan.
  • Okra juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan acar.
  • Di Mesir, okra diolah bersamaan dengan masakan daging domba atau sapi.
  • Anda pun dapat memasak okra sesuai dengan kreativitas dan selera Anda untuk mendapatkan khasiat okra merah ini.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa okra memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat okra merah untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Blewah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.