10 Khasiat Terong Untuk Kesehatan

Terong memang tidak sepopuler sayuran lain seperti tomat, tetapi terong juga merupakan sayuran yang bergizi. Terong mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat manfaat terong bagus untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam terong bahkan dapat mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti kanker.

10 Khasiat dan Manfaat Terong Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 10 khasiat dan manfaat terong yang akan dijelaskan, meliputi melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat berat badan ( diet ), mencegah kanker, kesehatan jantung, mencegah anemia, meningkatkan fungsi otak, kesehatan tulang, membantu menurunkan kolesterol, sebagai antibakteri dan antivirus, serta untuk kecantikan kulit.

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti sayuran lainnya, terong juga merupakan sumber yang baik untuk serat makanan. Serat sangat penting bagi kesehatan pencernaan karena dapat mendorong untuk buang air besar sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah melalui saluran pencernaan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terong hampir tidak mengandung lemak atau kolesterol sama sekali, oleh karena itu terong dapat menjadi makanan yang tepat bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan atau mengalami masalah obesitas. Kandungan serat pada terong dapat memberikan efek membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi kemungkinan makan berlebih.

3. Mencegah Kanker

Terong mengandung vitamin C, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, karena dapat merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dalam tubuh anda akan membantu melindungi sistem organ di seluruh tubuh anda dari infeksi dan penyakit berbahaya, termasuk kanker dan penyakit jantung.

4. Kesehatan Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan kandungan phytonutrisi dalam terong semuanya mendukung dalam kesehatan jantung. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan yang mengandung flavonoid berhubungan dengan rendahnya risiko kematian yang disebabkan akibat penyakit jantung.

5. Mencegah Anemia

Makan makanan yang tinggi zat besi dapat melawan anemia, dimana terong memiliki jumlah zat besi yang bisa mencukupi kebutuhan bagi tubuh. Sayuran terong juga kaya akan zat tembaga, yatu komponen penting dari sel darah merah. Tanpa dua mineral tersebut, jumlah sel darah merah dalam tubuh bisa saja terus berkurang. Dengan begitu dengan konsumsi terong dapat mencegah anemia.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Fitonutrien yang terkandung dalam terong telah dikenal dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kesehatan mental secara keseluruhan. Dengan memerangi radikal bebas, zat ini dapat melindungi otak terhadap penyakit dan racun, dan juga menunjang aliran darah ke seluruh otak.

7. Kesehatan Tulang

Terong memiliki sejumlah besar zat tembaga dan vitamin K, bersamaan dengan fenol yang juga dapat membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral tulang, kekuatan tulang, serta kesehatan tulang secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan zat tembaga dapat mempertahankan pembentukan kolagen dari jaringan ikat dan tulang.

8. Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa terong dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kemampuannya dalam melawan peradangan dan stres oksidatif. Gizi pada terong telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol darah yang sehat karena kemampuan fitonutrien yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi penumpukan plak pada arteri utama, termasuk aorta.

9. Sebagai Antibakteri dan Antivirus

Terong memiliki sejumlah kandungan vitamin C yang dapat menjadikan terong sebagai sumber antibakteri dan antivirus dan efektif.

10. Membuat Kulit Lebih Halus dan Bercahaya

Terong sangat kaya akan mineral, vitamin, dan serat makanan. Hal ini juga dapat berdampak pada kesehatan kulit, yang akan membuat kulit lebih lembut. Terong juga memiliki jumlah kadar air yang cukup bagus. Hal ini dapat membantu dalam menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah jeruk memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jeruk untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Jeruk Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya

2 Comments