10 Khasiat Jeruk Untuk Kesehatan

Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling populer di dunia karena mudah ditemui dan memiliki rasa yang menyegarkan. Jeruk biasa dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung buahnya, tapi dapat juga dijadikan jus buah. Kandungan nutrisi tertinggi dari buah jeruk adalah vitamin C nya yang dapat memberikan berbagai kebaikan bagi tubuh, terkhususnya manfaat jeruk untuk kesehatan yang akan dijelaskan berikut ini.

Manfaat Jeruk
via pixnio.com

Manfaat Jeruk

Berikut ini adalah 10 manfaat jeruk untuk kesehatan yang akan dijelaskan, meliputi meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, kesehatan mata, kesehatan jantung, perkembangan otak, mencegah kanker, mencegah sembelit, kesehatan rambut, kesehatan ginjal, serta menjaga tekanan darah.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Dimana vitamin C memainkan peran penting sebagai antioksidan dengan melindungi tubuh anda terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang hadir dalam buah jeruk juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit, yaitu dengan menghilangkan radikal bebas. Vitamin C terlibat dalam hal sintesis kolagen, yaitu komponen penting untuk menjaga penampilan keseluruhan kulit dan tekstur, mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit.

3. Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam jeruk dapat membantu dalam menjaga selaput lendir pada mata. Hal tersebut tersedia dalam bentuk senyawa karotenoid seperti lutein, beta karoten dan zeaxanthin, dimana vitamin A berperan sebagai pelindung terhadap degenerasi makula yang terkait usia maupun kondisi terkait penglihatan yang dapat menyebabkan kebutaan.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah penyakit jantung merupakan salah satu manfaat buah jeruk yang terkait dengan tingkat vitamin C nya. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mengatasi radikal bebas dan menetralkan nya, sehingga memainkan peran dalam mencegah penyakit jantung.

5. Membantu Perkembangan Otak

Folat atau asam folat atau vitamin B9 yang juga hadir dalam jeruk dapat mendukung perkembangan otak dan menjaga organ vital dalam kondisi baik. Bahkan, nutrisi ini juga dapat menjadikan jeruk merupakan buah yang sehat untuk ibu hamil karena dapat mencegah bayi terhadap gangguan neurologis nantinya. Buah jeruk juga mengandung fitonutrien yang disebut polifenol yang berperan dalam perkembangan proses pembelajaran serta fungsi daya ingat otak.

6. Membantu Mencegah Kanker

Kemampuan antioksidan dan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu dalam melawan sel-sel kanker. Dimana buah jeruk merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan vitamin C, dengan begitu jeruk dapat membantu memerangi pembentukan radikan bebas yang juga diketahui sebagai penyebab kanker.

7. Mencegah Sembelit

Buah jeruk merupakan sumber yang cukup bagus untuk mendapat serat larut dan serat tidak larut, yang dapat membantu menjaga perut dan usus tetap sehat dengan cara mencegah terjadinya masalah seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar.

8. Mencegah Rambut Rontok

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana vitamin C diperlukan dalam memproduksi kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga jaringan di rambut anda.

9. Membantu Mencegah Penyakit Ginjal

Minum jus jeruk secara teratur dapat mencegah penyakit ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.

Catatan:
Konsumsi jus dalam jumlah yang sewajarnya. Karena kandungan gula yang tingi pada jus buah dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kandungan asam yang tinggi dapat mengelupas email gigi jika dikonsumsi secara berlebihan.

10. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya karena efek vasodilatasi nya. Kandungan flavonoid yang dapat ditemukan dalam jeruk dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi dan kandungan magnesium pada buah jeruk dapat membantu menjaga tekanan darah.

Baca juga artikel terkait buah jeruk:


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah jeruk memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat jeruk untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya yaitu Manfaat Bayam serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya karena lain kali akan membahas mengenai jeruk nipis dan jeruk lemon.

Ringkasan
10 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Judul Artikel
10 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, kesehatan mata, kesehatan jantung, perkembangan otak, mencegah kanker, mencegah sembelit, kesehatan rambut, kesehatan ginjal, serta menjaga tekanan darah.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
3 Comments