13 Manfaat Buah Rukem untuk Kesehatan

Buah rukem, disebut juga dengan buah rukam, merupakan salah satu jenis buah-buahan asli Indonesia yang kini keberadaannya telah menjadi langka. Padahal jika dikonsumsi dan dipasarkan secara luas buah ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah rukem untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Rukem
Gambar buah rukem via crfg.org

Memiliki nama latin Flacourtia rukam, buah yang memiliki bentuk bulat dan warna merah keunguan ketika sudah masak ini tidak hanya segar saat dikonsumsi, tetapi juga memiliki mengandung banyak gizi seperti vitamin C, serat, lemak, dan lain sebagainya. Kombinasi dari berbagai kandungan tersebutlah yang membuat buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Rukem

Berikut 13 manfaat buah rukem bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah rukem yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena di dalam buah rukem terdapat vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, bagian daun rukam muda juga sering digunakan oleh masyarakat Asia untuk mengobati radang pada kelopak mata.

2. Sebagai Sumber Energi

Mengonsumsi buah rukem segar dipercaya dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah menjalani aktivitas yang melelahkan atau seharian bekerja. Hal ini karena buah rukem yang masih segar memiliki nilai energi sebesar 345 kj/100 g. Sehingga sangat baik untuk memulihkan energi tubuh Anda.

3. Mengatasi Diare dan Disentri

Buah rukem dan bagian daunnya yang masih muda ternyata dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi diare. Caranya pun cukup mudah, rebuslah daun rukam muda beserta buahnya yang masih muda, kemudian air rebusan tersebut dapat Anda minum secara rutin untuk mengatasi diare dan disentri.

4. Baik Untuk Diet

Kandungan gizi dan lemak yang terdapat dalam buah rukem membuatnya sangat baik dikonsumsi untuk menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang ada pada buah ini tidak terlalu banyak, sehingga dapat membantu melangsingkan badan dengan efektif.

5. Meredakan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Sebagian besar wanita memiliki masalah pada saat datang bulan atau menstruasi seperti rasa nyeri. Mengonsumsi buah rukem merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini karena buah ini memiliki suatu senyawa yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada saat datang bulan atau menstruasi.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Khasiat buah rukem juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah rukem memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri yang ada didalam usus, sehingga dengan mengonsumsi buah ini dapat membantu terhindar dari masalah pencernaan yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu diare dan disentri.

7. Mencegah Kanker

Buah rukem memiliki sifat antioksidan (vitamin C) yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan juga mutasi DNA, sehingga dapat mencegah kanker. Selain itu kandungan vitamin C ini juga akan membantu regenerasi vitamin E, yang juga merupakan antioksidan kuat.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika kebutuhan harian tubuh akan vitamin C tidak tercukupi, maka dapat menyebabkan beberapa masalah terkait kesehatan rambut, seperti kerontokan dan pertumbuhan rambut yang tidak normal. Buah rukem yang mengandung vitamin C tinggi ini akan membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C Anda. Dengan begitu Anda dapat terhindari dari masalah kerontokan, rambut kering, dan juga rambut bercabang.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah rukem memiliki kandungan mineral seperti kalsium yang sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah rukem secara teratur maka dapat membuat struktur tulang akan selalu kuat, serta mencegah penyakit osteoporosis.

Artikel terkait: Manfaat Buah Menteng

Selain 9 manfaat buah rukem untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah rukem:

10. Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga

11. Menyembuhkan Sariawan

12. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Baca juga: Manfaat Buah Kemang

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah rukem untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: