10 Khasiat Daging Kepiting untuk Kesehatan

Kepiting atau ketam adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordoBrachyura. Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras dan memiliki sepasang capit untuk menangkap mangsanya. Berikut artikel mengenai manfaat kepiting untuk kesehatan.

Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau).

Kepiting beraneka ragam ukurannya, dari ketam kacang, yang lebarnya hanya beberapa milimeter, hingga kepiting laba-laba Jepang, dengan rentangan kaki hingga 4 meter. Kepiting berburu dengan diam di sebuah lubang gelap dan menangkap mangsa yang berenang. Hal ini memungkinkan kepiting untuk dapat hudup tenang dan tersembunyi dari orang-orang yang ingin memakannya.

Daging kepiting umumnya ditemukan pada menu makanan di seluruh dunia, seperti masakan kepiting saus tiram dan kepiting asam manis, tetapi jauh lebih dari sekedar hidangan lezat. daging kepiting dikemas dengan lemak esensial, nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Dari selenium dan asam lemak omega-3 dan vitamin B, daging kepiting adalah tambahan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat kepiting bagi kesehatan.

10 Manfaat Kepiting untuk Kesehatan & Efek Sampingnya - Khasiat Sehat

Manfaat Kepiting

Berikut 10 manfaat kepiting untuk kesehatan :

1. Mencegah Anemia

Kepiting merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B12, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia pernisiosa.

2. Mencegah Stress Oksidatif

Selenium dalam kepiting bekerja sebagai antioksidan lain untuk membantu mencegah stres oksidatif. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurangnya selenium dalam tubuh dapat menjadi penyebab peradangan sendi. Setiap 100 grams kepiting dapat memberikan lebih dari 50% selenium.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selenium dalam kepiting dapat merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. Selenium ditemukan dalam konsentrasi yang signifikan dalam daging kepiting, bersama dengan riboflavin, yang juga meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh.

4. Kesehatan Tulang

Kombinasi antara tembaga dan seng yang terkandung dalam kepiting dapat meningkatkan penyerapan vitamin D, yaitu vitamin yang membantu dalam penyerapan kalsium yang akan bermanfaat bagi kesehatan tulang.

5. Mencegah Jerawat

Kepiting dapat membantu menyembuhkan dan mencegah jerawat karena kepiting mengandung seng yang membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Adanya zinc pada kepiting juga mendukung pertumbuhan sel sehat dan membantu dalam penyembuhan masalah kulit lain seperti psoriasis, ketombe, ruam dan eksim.

6. Mencegah Ariboflavinosis dan Angular Cheilitis

Kurangnya riboflavin dalam tubuh dapat mengakibatkan gejala ariboflavinosis dan angular cheilitis, seperti bibir sakit, bibir merah, sariawan dan retak di sudut mulut. Kepiting kaya akan riboflavin yang akan membantu mencegah masalah-masalah kesehatan tersebut.

7. Kesehatan Kehamilan

Manfaat kepiting untuk ibu hamil. Kepiting mengandung folat yang memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh, tetapi paling dikenal untuk pentingnya dalam kehamilan. Sejak awal 1980-an, suplemen asam folat untuk ibu hamil diresepkan untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kepiting merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3. Studi mengungkapkan bahwa bantuan lemak omega-3 dalam darah akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

9. Detoksifikasi Tubuh

Tingkat fosfor yang ditemukan dalam kepiting dapat membantu untuk meningkatkan fungsi ginjal, sehingga mempercepat pelepasan racun dari tubuh dan membantu meningkatkan efisiensi metabolisme secara keseluruhan.

10. Meningkatkan Sirkulasi

Tembaga merupakan bagian penting dari penyerapan zat besi dalam usus, sedangkan zat besi memainkan bagian penting dalam produksi sel darah merah sehingga meningkatkan sirkulasi dan memastikan bahwa darah beroksigen dapat mencapai semua bagian tubuh. Hal ini juga dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan dan pertumbuhan kembali sel yang cedera atau sakit.


Efek Samping Mengkonsumsi Kepiting

Jika Anda memiliki alergi terhadap daging kepiting, Anda harus berhati-hati untuk mengkonsumsi daging kepiting. Gejala alergi kepiting dapat menyebabkan ruam bahkan anafilaksis yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

Kepiting juga dapat dengan mudah menyebabkan keracunan makanan jika tidak disiapkan dengan benar. Kepiting harus segar, tanpa bau yang kuat dan harus disimpan dingin atau beku jika tidak dimakan langsung.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa daging kepiting memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat kepiting untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Ginseng serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat kepiting :

  • health.wikinut.com/10-Health-Benefits-of-Crabs/337spzb0/
  • www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-crab.html
  • a-z-animals.com/animals/crab/
  • id.wikipedia.org/wiki/Kepiting
  • www.linkedin.com/pulse/crab-health-benefits-nutrition-john-abraham
One Comment