17 Khasiat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Kedelai hitam merupakan salah satu varietas dari kedelai yang biasa diolah menjadi kecap. Meskipun memiliki tampilan yang kurang menarik dan warnanya yang hitam, kedelai hitam memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kedelai hitam untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Kedelai Hitam
Gambar kedelai hitam via wap.jttop.net

Biji kedelai hitam memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat menyehatkan untuk tubuh Anda. Beberapa kandungan tersebut yaitu saponin, vitamin E, dan juga asam amino. Berbagai penelitian kesehatan yang telah menyatakan bahwa kedelai dapat memberikan berbagai manfaat membuatnya menjadi makanan yang patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Kedelai Hitam

Berikut 17 manfaat kedelai hitam bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kedelai hitam yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan kedelai ini memiliki suatu kandungan yang dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Kandungan tersebut adalah isoflavin, antosianin, dan trigliserida.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kedelai hitam yang selanjutnya yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena kedelai hitam mengandung serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh sekaligus menjadi bahan yang alami untuk mencegah sembelit.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat kedelai hitam ternyata dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana kandungan peptide di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi untuk melawan serangan berbagai penyakit.

4. Mencegah Kanker

Kedelai hitam diperkaya dengan kandungan isoflavin sebagai zat antioksidan. Dimana isoflavon pada kedelai mampu melawan hormon jahat yang membentuk penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Selain itu, kedelai hitam juga diperkaya dengan fitosterol, saponin, serta zat-zat aktif lainnya yang mampu melawan penyakit kanker.

5. Mengurangi Risiko Penggumpalan Darah

Trombosis merupakan suatu kondisi terjadinya penggumpalan darah yang dapat berpotensi fatal. Manfaat kacang kedelai hitam adalah untuk meminimalkan risiko ini, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan kedelai kuning dan hijau, seperti kacang edamame.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak pada kedelai hitam memiliki kandungan asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Ekstrak kedelai hitam juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait kardiovaskular dan melancarkan sirkulasi darah.

7. Mengobati Bisul

Khasiat kedelai hitam juga bisa dijadikan obat herbal alami untuk penyakit kulit, salah satunya adalah bisul. Kedelai ini dapat membantu tubuh Anda dalam mempercepat proses pematangan bisul sehingga dapat sembuh lebih cepat pula. Jaringan kulit Anda juga akan lebih sehat karena kedelai ini kaya akan vitamin E.

8. Mencegah Penyakit Terkait Menopause

Beberapa kasus terkait menopause yang dialami oleh wanita dapat memicu risiko penyakit, terutama penyakit yang dapat menyerang organ kewanitaan. Untuk mencegahnya, konsumsilah kedelai hitam secara rutin. Karena kedelai ini sangat menyehatkan bagi wanita untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi mereka.

Artikel terkait:

Selain 8 khasiat dan manfaat kedelai hitam yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari kedelai ini yang perlu Anda ketahui. Beberapa manfaat lainnya dari kedelai hitam yaitu:

9. Mencegah Penuaan Dini

10. Mengurangi Risiko Arthritis

11. Mencegah Kelebihan Berat Badan

12. Menjaga Fungsi Otak

13. Menjaga Fungsi Penglihatan

14. Sebagai Anti Radang

15. Menjaga Kesehatan Kulit

16. Menjaga Kesehatan Rambut

17. Mengurangi Risiko Osteoporosis


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat kedelai hitam untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Terong Belanda atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.